Connect with us

Mitra Hijau

CoreNation Tanam 700+ Pohon Mangrove di Demak, Jawa Tenga

Published

on

CoreNation Tanam 700+ Pohon Mangrove Rhizophora di Desa Bedono, Demak.

Olahraga merupakan cara paling praktis yang bisa kita lakukan dalam rangka menjaga tubuh tetap sehat. Olahraga juga terbukti menghasilkan hormon endorphin yang dapat meningkatkan suasana hati. Alhasil, selain mendapat tubuh yang sehat, stres pun ikut berkurang.

Guna mendukung tubuh agar semangat bergerak, pemilihan pakaian olahraga yang tepat juga diperlukan. Pakaian olahraga yang nyaman akan membuat performa seseorang menjadi maksimal. Nah, salah satu merek lokal pakaian olahraga berkualitas yang bisa kamu gunakan adalah CoreNation Active.

Foto kegiatan penanaman mangrove di Demak hasil kerjasama LindungiHutan dan CoreNation.
Perwakilan tim LindungiHutan dan mitra petani bibit berfoto bersama setelah acara penanaman selesai (Dok: Business Development/LindungiHutan).

CoreNation didirikan pada tahun 2014 dengan ide memadukan busana siap pakai kelas atas dan pakaian atletik yang menciptakan lini pakaian aktif modis dan dapat dikenakan di lapangan ataupun rumah. Merek asal Surabaya ini hadir untuk menciptakan pakaian aktif terbaik yang terlihat dan terasa nyaman dengan berfokus pada kualitas, bahan, serta desain untuk meningkatkan kesejahteraan pengguna.

Adapun berbagai macam produk pakaian olahraga yang diproduksi oleh CoreNation antara lain pakaian olahraga perempuan, pakaian olahraga pria, pakaian olahraga untuk perempuan hijab, hingga aksesori olahraga pun tersedia.

Baca juga: Milo x ReStep x LindungiHutan Green Cyclist Virtual Race: Olahraga Sekaligus Melestarikan Hutan

Dalam menjalankan praktik usahanya, CoreNation juga mempertimbangkan proses produksi yang ramah lingkungan dengan menggunakan bahan-bahan daur ulang. Beberapa bahan seperti plastik didaur ulang untuk menghasilkan produk seperti block yoga. Melalui cara ini, diharapkan jumlah sampah plastik akan berkurang dan menekan tingkat pencemaran lingkungan.

CoreNation Berhasil Kumpulkan 750 Donasi Pohon Lewat Kampanye “Hijaukan Bedono, Demak Bersama CoreNation”

Penanda area penanaman mangrove CoreNation di pesisir Demak, Jawa Tengah.
Area penanaman pohon mangrove hasil kerjasama CoreNation dan LindungiHutan di desa Bedono, kecamatan Sayung, kabupaten Demak, Jawa Tengah (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Komitmen CoreNation terhadap kelestarian lingkungan ternyata tidak hanya terwujud pada produk yang diproduksinya, tetapi juga berupa kontribusi nyata melakukan penghijauan. CoreNation menggandeng LindungiHutan menginisiasi kampanye alam bertajuk “Hijaukan Bedono, Demak Bersama CoreNation”.

CoreNation mendonasikan sebagian keuntungannya untuk donasi pohon, product bundling untuk produk spesial yang sama dengan menanam pohon, dan berkolaborasi guna mengampanyekan kegiatan pelestarian alam.

Kampanye alam yang digagas oleh CoreNation berhasil mengumpulkan 750 pohon Mangrove Rhizophora yang kemudian ditanam pada Minggu 5 September 2021 di Desa Bedono, kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

Aksi nyata yang dilakukan oleh CoreNation ini menjadi bukti bahwa semua orang maupun pihak memiliki kewajiban dalam hal melakukan pelestarian lingkungan, termasuk sektor industri di dalamnya. Kita harus sadar bahwa imbas dari perusakan alam lambat laun akan mengancam kehidupan makhluk hidup di bumi. Oleh sebab itu, perlu upaya restorasi dan konservasi alam sebagai bentuk timbal balik dan pertanggung jawaban.

Bersama LindungiHutan, CoreNation Menanam Pohon Mangrove di Desa Bedono, Demak.

Tim LindungiHutan ikut menanam mangrove.
Mitra petani bibit dan perwakilan tim LindungiHutan menanam mangrove hasil kerjasama dengan CoreNation di pesisir utara Bedono, Sayung, Demak (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pemilihan lokasi penanaman 750 pohon mangrove di Desa Bedono Demak tentu bukan tanpa sebab. Desa Bedono sejatinya adalah wilayah dengan potensi yang sangat prospektif di bidang perikanan, budidaya hasil laut, dan wisata bahari. Sayangnya, laut Demak memiliki risiko daya rusak yang besar.

Bahkan, potensi kenaikan air lautnya mencapai 3 cm/tahun dan penurunan muka tanahnya mencapai 25 cm/tahun. Walhasil, daratan Demak terancam tenggelam dalam 10-20 tahun.

Dilansir dari laman Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Desa Bedono adalah salah satu desa yang mengalami abrasi paling parah di Kabupaten Demak. Abrasi yang terjadi di Desa Bedono diperkirakan yang terbesar di kawasan pantai utara dan selatan jawa dan bahkan di Indonesia.

Akibat abrasi, warga harus berganti mata pencaharian. Awalnya, Desa Bedono merupakan lahan sawah, tambak, serta sebagian warganya bermata pencaharian sebagai nelayan. Namun, abrasi menyebabkan warga tidak bisa lagi hidup dari pertanian dan perikanan.

Gambaran kondisi Desa Bedono menjadi alasan bagi CoreNation bersama LindungiHutan untuk menanam pohon mangrove sebagai tindakan restorasi dan konservasi. Harapannya, pohon mangrove Rhizophora sp. yang ditanam mampu memberikan manfaat bagi masyarakat setempat dan juga lingkungan.

Pohon mangrove Rhizophora sp. sendiri diketahui menyimpan banyak manfaat dan fungsi. Beberapa manfaat tanaman bakau tersebut seperti:

  • Mencegah abrasi atau erosi tanah yang terjadi di muara dan kawasan pesisir akibat ombak dan pasang-surut air laut,
  • Mengubah karbon dioksida dari udara menjadi oksigen yang bermanfaat untuk kehidupan di bumi serta mencegah pemanasan global,
  • Menyimpan cadangan karbon yang terlah diserap ke bagian tubuh dan tanah sehingga menjadi simpanan karbon biru (blue carbon),
  • Tempat hidup dan berlindung berbagai spesies hewan khas hutan mangrove seperti ikan tembakul/glodok, kepiting rawa, bandeng, udang, dan burung-burung,
  • Menjaga kualitas air dan menyerap polutan yang mencemari daerah pesisir,
  • Menahan intrusi (menyusupnya) air laut ke pemukiman dan mengakibatkan banjir rob.

Baca juga: PT Ocean Netwrok Express (ONE) Menanam 1.000+ Pohon di 3 Provinsi

Semoga langkah yang diambil oleh CoreNation dalam memberikan perhatian khusus terhadap lingkungan dapat diikuti jejaknya oleh banyak pihak. Dengan demikian, akan makin banyak tangan-tangan yang ikut bersama menghijaukan Indonesia.

Mari Berkolaborasi untuk Memberikan Dampak Kebaikan bagi Lingkungan dan Masyarakat Seperti CoreNation

LindungiHutan dibentuk untuk mempermudah setiap pihak terlibat dalam upaya penghijauan. Kami menjalin kemitraan dengan 40+ petani bibit dan masyarakat sekitar untuk mewujudkan langkah hijau yang mudah, transparan dan bermanfaat secara berkelanjutan.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan