Connect with us

Mitra Hijau

Cegah Abrasi, BulkSource Menanam 900+ Mangrove di Jawa Tengah

Published

on

BulkSource bersama LindungiHutan tanam ratusan mangrove di Demak.

BulkSource, adalah sebuah eco-grocery yang menyediakan barang-barang yang dapat diisi ulang, sehat, dan dapat di daur ulang dengan cara yang praktis & dapat diakses oleh penduduk perkotaan, sambil mendukung komunitas lokal dan mempromosikan gaya hidup sadar lingkungan.

Menerapkan pola hidup yang minim sampah memang bukanlah hal yang mudah. Bagaimana tidak? Hampir segala aktivitas kita meninggalkan sampah. Mulai dari ketika berbelanja, membeli makanan, melakukan pengiriman, dan masih banyak lainnya.

Bayangkan, betapa banyak sampah plastik yang dibuang dalam satu tahun? Untuk menekan jumlah sampah plastik tersebut, paling tidak kita bisa mulai mengurangi penggunaan plastik atau dengan menggunakan substitusinya seperti goodie bag atau wadah lainnya.

Selain itu, berbelanja di bulk store juga merupakan alternatif yang tepat guna mengurangi penggunaan kemasan sekali pakai. Bulk store sendiri adalah toko yang menerapkan sistem bebas limbah. Walhasil, setiap pengunjung yang berbelanja diharapkan membawa wadah sendiri dari rumah.

Di samping itu, berbelanja di bulk store juga memungkinkan pelanggannya untuk membeli barang-barang sesuai dengan kebutuhannya. Walhasil tidak ada makanan atau belanjaan yang terbuang sia-sia karena terlalu banyak.

Nah, salah satu bulk store yang cukup populer dan lengkap di Indonesia adalah Bulk Source. BulkSource adalah sebuah eco-grocery yang menyediakan barang-barang yang dapat diisi ulang, sehat, dan dapat didaur ulang dengan cara yang praktis dan dapat diakses oleh penduduk perkotaan. Sembari mendukung komunitas lokal dan mempromosikan gaya hidup sadar lingkungan.

BulkSource sebelumnya dikenal sebagai The Bulkstore & Co, didirikan oleh 5 orang perempuan yang prihatin tentang konsumsi tidak berkelanjutan di Jakarta. Mulai dari sedotan sekali pakai, sisa makanan rumah tangga, hingga konsumsi yang berlebihan. Tidak hanya itu, kehadiran BulkSource juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat perkotaan tentang cara mengadopsi gaya hidup sadar lingkungan.

Melalui Kampanye Alam, BulkSource Sukses Kumpulkan dan Tanam 993 Pohon Mangrove Rhizophora

Proses penanaman mangrove di pesisir desa Bedono, Sayung, Demak, Jawa Tengah oleh mitra penggerak penghijauan LindungiHutan.
Proses penanaman pohon mangrove hasil kerjasama LindungiHutan dengan BulkSouce di pesisir Desa Bedono, Sayung, kab. Demak (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Sebagai penduduk bumi, kita sudah seharusnya merasa perlu untuk memikirkan mengenai lingkungan yang makin lama semakin memburuk. Kita bisa memulai dari diri sendiri untuk memperbaiki lingkungan yang ada di sekitar kita.

BulkSource mengundang masyarakat luas untuk ikut bergabung dalam perjalanan untuk meninggalkan dampak yang lebih positif pada lingkungan melalui kebiasaan sehari-hari, memelihara hubungan yang tulus di antara manusia, dan dengan planet bumi.

Baca juga: AXA Group Dorong Karyawan Terlibat Aksi Peduli Lingkungan

Oleh sebab itu, BulkSource menginisiasi kampanye alam bertajuk “Conscious Consumption for Better Environment”.  Setiap pembelian satu produk, maka akan didonasikan pohon yang akan dikonservasikan untuk pelestarian hutan dan lingkungan. Sebab hal sederhana yang dilakukan hari ini, akan bermakna jua bagi lingkungan pada masa mendatang.

Melalui kampanye alam tersebut, sukses terkumpulkan 993 pohon Mangrove Rhizophora yang mana telah ditanam di Desa Bedono, Demak pada 23 Januari 2021. Proses penanaman berlangsung lancar dengan dibantu oleh Mak Jah dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah 25 orang.

BulkSource bersama LindungiHutan Berupaya Cegah Abrasi Lebih Lanjut dengan Menanam Mangrove

Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak sejatinya merupakan wilayah dengan potensi yang sangat prospektif di bidang perikanan, budidaya hasil laut, dan wisata bahari. Sayangnya, laut Demak memiliki risiko daya rusak yang besar.

Potensi kenaikan air lautnya saja mencapai 3 cm,/tahun dan penurunan muka tanahnya hingga 25 cm/tahun. Alhasil, daratan Demak terancam tenggelam dalam 10-20 tahun.

Mengutip dari laman Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Desa Bedono adalah salah satu desa yang mengalami abrasi paling parah di Kabupaten Demak. Abrasi yang terjadi di Desa Bedono diperkirakan yang terbesar di kawasan pantai utara dan selatan Jawa bahkan di Indonesia.

Berkaca pada kondisi Desa Bedono, BulkSource bersama LindungiHutan melakukan penanaman pohon Mangrove Rhizophora sebanyak 993 pohon sebagai tindakan restorasi.

Mengingat, hutan mangrove memiliki banyak manfaat seperti:

  •  Mencegah abrasi dan erosi tanah,
  • Menahan angin kencang dari laut,
  • Menjernihkan air dan menjaga salinitas garam,
  • Menahan proses penimbunan lumpur,
  • Menyediakan nutrisi bagi makhluk hidup.

Baca juga: Scarlett Whitening Tanam 1.666 Pohon di Pantai Bahagia Bekasi

Terakhir, BulkSource mengajak kita bersama-sama belajar dan memotivasi satu sama lain untuk proaktif dalam membuat keputusan yang sadar sosial dan lingkungan. Bersiaplah untuk perubahan, masa depan yang lebih baik dimulai sekarang. Mari kita lakukan!

Tertarik Menjalin Kerjasama untuk Menjalankan Program Hijau Seperti BulkSource?

LindungiHutan telah dipercaya 300+ mitra hijau dari brand dan perusahaan untuk menjalankan program penghijauan, CSR dan bina lingkungan dengan mudah. Kami menjalin kemitraan dengan berbagai penggerak penghijauan dan masyarakat lokal di 40+ daerah se-Indonesia.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan