Connect with us

Mitra Hijau

Organic Lombok Indonesia Tanam 83 Pohon di Jawa Tengah

Published

on

Organic Lombok Indonesia Hijaukan Desa Bedono Demak.

Organic Lombok Indonesia adalah pelopor industri kecantikan pertama dan terbaik di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kehadirannya mengolah kekayaan alam Indonesia sebagai bahan baku dasar dari produk-produk Organic Lombok Indonesia dengan konsep ‘Plant Based Skincare, from Farmers to Customers’ (Dari Petani ke Pembeli).

Semua produk-produk Organic Lombok Indonesia terinspirasi dari bahan-bahan alami seperti Spirulina (Arthosspira Plantesis), rumput laut, dan bahan-bahan nabati pilihan, yang ditanam dengan cinta di tanah Lombok. Semua bahan-bahan tersebut telah dikuratori dengan baik dan dipersembahkan untuk para pengguna dengan cinta dari petani di Lombok.

Berbicara mengenai petani, Organic Lombok Indonesia juga berkomitmen untuk mencapai beberapa tujuan. Mulai dari membantu meningkatkan kesejahteraan petani lokal di Indonesia khususnya di Lombok dan turut membantu melestarikan lingkungan.

Semangat Organic Lombok Indonesia tidak hanya untuk menciptakan dan membuat produk terbaik, tetapi juga memastikan berjalannya proses bisnis bersama petani lokal. Organic adalah bisnis yang etis, didorong oleh nilai-nilai hormat, bebas dari kekejaman terhadap hewan.

Beberapa produk yang dihadirkan oleh Organic Lombok Indonesia antara lain, Spiruvita. Spiruvita membantu memperlancar proses pencernaan, mengurangi jerawat, mengurangi kolesterol, meningkatkan metabolism, dan juga kaya akan Vitamin C, Vitamin E, dan Selenium sebagai antioksidan.

Selain Spiruvita ada juga Spirusea, kosmetik perawatan kulit anti jerawat berbasis tumbuhan terbaik yang terbuat dari bahan-bahan dengan formula yang terinspirasi dari alam: Spirulina (Arthospira Plantesis), rumput laut, bahan bahan nabati asli Lombok seperti kopi Lombok, kakao, VCO, kunyit, dll yang menyediakan nutrisi dan merawat kulit dari luar.

Baca juga: SNEAKON Bantu Upaya Penghijauan dengan Menanam 700+ Mangrove di Semarang

Organic Lombok Inisiasi Program ‘Skincaremu untuk Bumi Kita’ Bersama LindungiHutan

Mitra petani bibit LindungiHutan sedang menanam mangrove hasil kerjasama dengan Organic Lombok Indonesia.
Mitra penggerak penghijauan LindungiHutan menanam bibit mangrove hasil kerjasama dengan Organic Lombok Indonesia di Demak, Jawa Tengah (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Sebagai bentuk komitmen untuk turut serta menjaga bumi, Organic Lombok mengadakan program yang mendukung upaya pelestarian lingkungan. Melalui Eco Program dari Organic, semua kemasan skincare yang pernah dibeli di Organic dapat dicuci bersih untuk dikirim kemasan kosongnya ke kantor pusat Organic Lombok Indonesia. Setelah paket kiriman tersebut diterima, maka pengirim akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan produk Organic.

Bukan hanya itu, Organic Lombok bersama LindungiHutan menginisiasi kampanye alam bertajuk ‘Skincaremu untuk Bumi Kita!’ sebagai aksi nyata pengembalian ekosistem pantai pesisir.

Setiap transaksi yang Green Goddess lakukan di Organic Lombok, maka Green Goddess telah turut serta memberikan sumbangsih sebesar 5% dari setiap skincare yang Green Goddess beli, untuk pohon bakau di pesisir yang terkena abrasi.

Melalui kampanye alam tersebut, sukses terkumpulkan 83 Pohon Mangrove Rhizophora di Desa Bedono, Kabupaten Demak, Jawa Tengah pada 23 Juli 2022. Proses penanaman tersebut berjalan lancar dengan dibantu oleh Mak Jah.

Baca juga: UMA PAK Tanam 300+ Mangrove di Kalimantan dan Sulawesi

Bersama LindungiHutan, Organic Lombok Indonesia Menanam Pohon Mangrove di Desa Bedono, Demak

Desa Bedono adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Dipilih sebagai lokasi penanaman karena kondisinya yang terdampak abrasi. Setiap tahunnya luasan lahan yang terendam banjir rob makin bertambah. Rumah penduduk perlahan-lahan tenggelam dan hilang ditelan air laut. Mereka terpaksa untuk pindah dari desa tersebut untuk bisa melanjutkan hidup.

Kendati demikian, ada satu keluarga yang memilih untuk bertahan. Mak Jah, bersama 6 anggota keluarganya memilih tetap bermukim di desanya yang tenggelam.

Bukannya tidak ingin pindah, tuntutan ekonomi memaksanya setia bertahan. Mereka mengandalkan hasil tangkapan ikan menjadi sumber pendapatan keluarga mereka. Tak ingin dikasihani, Keluarga Mak Jah memilih berjuang memanfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitar.

Selain melaut, Keluarga Mak Jah juga menjual bibit bakau kepada aktivis dan pecinta lingkungan yang digunakan untuk kegiatan penanaman. Mak Jah juga salah satu orang yang ikut membantu LindungiHutan dan seluruh campaigner kampanye alam LindungiHutan pada beberapa aksi penanaman di Kabupaten Demak.

Berkaca pada kondisi lingkungan di pesisir Desa Bedono, Sayung, Demak, Organic Lombok Indonesia mengambil langkah restorasi dengan melakukan penanaman 83 pohon Mangrove. Seperti kita ketahui, pohon bakau tersebut menyimpan banyak manfaat seperti:

  • Efektif menyerap emisi karbon,
  • Mencegah intrusi air dan abrasi,
  • Sebagai habitat ikan,
  • Hutan mangrove akan menjaga kualitas air,
  • Sumber pendapatan nelayan,
  • Hutan mangrove dapat dijadikan sebagai tempat wisata.

Semoga bentuk partisipasi yang dilakukan Organic Lombok untuk turut serta dalam upaya menghijaukan Indonesia dapat diikuti jejaknya oleh berbagai pihak.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Rawat Bumi LindungiHutan