Connect with us

Mitra Hijau

The Wujil Resort & Conventions Rayakan Ulang Tahun Ke-7 dengan Aksi Lingkungan

Published

on

Kampanye penghijauan wujil resort

The Wujil Resort & Conventions adalah resort bintang 4 yang terletak di Ungaran, Semarang. Nama Wujil terinspirasi dari nama desa hotel ini berdiri. Letaknya yang strategis, The wujil sering digunakan sebagai tujuan untuk menginap yang nyaman bagi wisatawan. 

Wujil Resort dikelola oleh TAUZIA Hotel Management menawarkan latar belakang alam sebagai tempat yang cocok untuk liburan hingga berbisnis. Hotel ini memiliki fasilitas seperti 170+ kamar, restoran, rooftop lounge, tempat bermain, kolam renang, spa, wahana air, ruang meeting, aula, tempat parkir pribadi dan lainnya.

The Wujil memiliki kepedulian terhadap isu-isu yang berkembang di masyarakat mulai dari lingkungan, kesehatan, pendidikan hingga inklusivitas. Oleh karena itu, mereka menggandeng LindungiHutan untuk melakukan tindakan nyata dan membantu masyarakat di sekitarnya.

Wujil Resort Tanam 3.480 Pohon Mangrove di Pantai Mangunharjo, Kota Semarang

penanaman mangrove by wujil resort
Wujil resort gelar penghijauan dengan menanam ribuan mangrove. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun ke-7 The Wujil Resort & Conventions pada bulan September, Wujil Resort mengambil langkah dengan memberikan kontribusinya dalam upaya pelestarian lingkungan. 

Kolaborasinya bersama LindungiHutan dilakukan dengan aksi penghijauan untuk lingkungan.  Bertujuan untuk memperbaiki ekosistem di Pesisir Kota Semarang yang sering terdengar bahwa abrasi terus mengancam daerah tersebut.

Wujil Resort menginisiasi sebuah kampanye bertajuk “The Wujil Berbagi untuk Bumi : Penanaman 3.480 Pohon Mangrove di Pantai Utara Jawa” sebagai aksi nyata melestarikan bumi dan alam Indonesia.

Melalui skema CollaboraTree, Wujil Resort mengajak tamu hotelnya untuk berdonasi di LindungiHutan pada kampanye alam tersebut. The Wujil berhasil mengumpulkan 3.480 bibit mangrove dan ditanam di Pantai Mangunharjo pada 25 September 2023.

Upaya yang telah dilakukan Wujil Resort sepatutnya kita apresiasi bersama. Besar harapan dapat menginspirasi dan diikuti oleh lebih banyak orang. Terima kasih The Wujil telah berkontribusi dalam menghijaukan Indonesia bersama LindungiHutan.

Baca juga: Program CSR Lingkungan PT Millennium Pharmacon International Tbk Tanam 1.000 Mangrove di Semarang

Hijaukan Pantai Mangunharjo Bersama LindungiHutan

LindungiHutan membantu 480+ brand dan perusahaan dalam kegiatan penghijauan di 40 lokasi yang tersebar di Indonesia. Kami telah menanam 750.000 pohon dalam upaya pelestarian lingkungan.

Jaga Kelestarian Pantai Mangunharjo dari Abrasi dan Banjir Rob

Keberadaan ruang hijau tetap harus kita jaga keberadaannya, terlepas dari padatnya industri di Kota Semarang. Menurut Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah (2012), luas area hutan mangrove Kota Semarang mencapai 94,39 Ha atau 3,84% dari total luasan area mangrove di Jawa Tengah yaitu 46,19 Ha.

Sayangnya, kondisi hutan mangrove tampak semakin memprihatinkan. Alih guna lahan menjadi alasan utama hutan mangrove di Kota Semarang berkurang setiap tahunnya. 

aksi penghijauan wujil resort
Karyawan Wujil Resort menanam mangrove. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Hilangnya hutan mangrove menyebabkan banjir rob, penurunan lahan, abrasi, dan intrusi air laut yang merugikan masyarakat di sekitar Pantai Mangunharjo. Hingga tahun 2009, garis pantai di pesisir Jawa Tengah dengan panjang 690,95 km telah mengalami abrasi seluas 5.600 ha (16%).

Sementara itu, Kelurahan Mangunharjo menjadi salah satu yang memiliki kawasan hutan mangrove, sepatutnya dijaga kelestariannya.

Masyarakat di sekitar Pantai Mangunharjo tidak diam saja. Mereka berkolaborasi bersama LindungiHutan melakukan aksi penanaman mangrove untuk menyelamatkan Pantai Mangunharjo dari kerusakan lingkungan. 

Partisipasi Wujil Resort bersama LindungiHutan di pesisir Pantai Mangunharjo juga turut mendukung program pembangunan berkelanjutan (SDGs) dengan

  • Mencegah degradasi lahan akibat abrasi(SDG’s 15)
  • Mengurangi dampak banjir di pemukiman warga(SDG’s 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau(SDG’s 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon(SDG’s 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar(SDG’s 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar(SDG’s 8).

Baca juga: Grouu Hijaukan Kembali Pantai Bahagia Tanam 1.003 Mangrove Bersama LindungiHutan

Ikuti Langkah Wujil Resort Menghijaukan Indonesia Bersama LindungiHutan

Dalam melaksanakan program kebaikan dan peduli lingkungan kini tidak perlu menyita waktu dan tenaga. Bekerja sama dengan LindungiHutan, aksi tersebut terasa mudah dilakukan. Melalui CollaboraTree, LindungiHutan akan membantu dan mewujudkan brand Anda dalam kegiatan pelestarian lingkungan.

Berikut 5 alasan brand Anda perlu menjalin kerja sama dengan LindungiHutan:

  1. Mudah, transparan, dan berkelanjutan
  2. Meningkatkan citra brand Anda di mata publik
  3. Menumbuhkan kredibilitas bisnis brand
  4. Menaikkan nilai investor dan pemegang saham perusahaan
  5. Skema kerja sama, biaya, dan lokasi kegiatan yang dapat diatur dan dibicarakan.

Mulai jalin kerja sama bersama LindungiHutan dengan mengisi form di bawah ini.

Sedekah Pohon LindungiHutan