Connect with us

Mitra Hijau

Program CSR Lingkungan PT Millennium Pharmacon International Tbk Tanam 1.000 Mangrove di Semarang

Published

on

program csr PT Millennium Pharmacon International Tbk

PT Millennium Pharmacon International atau PT MPI Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan barang, distribusi produk farmasi, suplemen makanan, dan alat kesehatan. 

PT MPI didirikan pada tahun 1952 dengan nama N.V. Perseroan Dagang (NVDP) SOEDARPO CORPORATION. Hingga saat ini, perusahaan telah memiliki 1 gedung pusat dan 33 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam menjalankan praktik bisnisnya, perusahaan berkomitmen untuk menyediakan produk pemeliharaan kesehatan dan pelayanan terbaik ke seluruh nusantara. Produk dari perusahaan ini biasa didistribusikan di dalam negeri maupun luar negeri. 

Produk ethical biasa didistribusikan ke masyarakat melalui rumah sakit dan apotik, sedangkan produk OTC (Over the Counter) melalui apotik, toko obat, dan pasar modern.

Kolaborasi Hijau PT Millennium Pharmacon International Bersama LindungiHutan

kegiatan penghijauan PT Millennium Pharmacon International di semarang
Program CSR PT Millennium Pharmacon International Tbk bersama LindungiHutan. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

PT Millennium Pharmacon International juga memprioritaskan pada aspek perlindungan dan pelestarian lingkungan. Dengan menjalin kerja sama bersama LindungiHutan, untuk pertama kalinya PT MPI melakukan program CSR penanaman pohon sebagai aksi untuk menjaga lingkungan.

Dalam rangka menyukseskan program CSR PT Millennium Pharmacon International, perusahaan menjalin kolaborasi bersama LindungiHutan dalam aksi penghijauan di Pesisir Tambakrejo, Kota Semarang.

PT MPI menginisiasi sebuah kampanye penghijauan bertajuk “Green Earth Initiative: Planting a Sustainable Future” sebagai bentuk nyata dalam kegiatan pelestarian alam Indonesia.

Melalui kampanye tersebut, PT Millennium Pharmacon International berhasil mengumpulkan dan menanam 1.000 pohon mangrove (Rhizophora sp.) di Pesisir Tambakrejo pada hari Sabtu, 23 September 2023.

Proses penanaman berjalan dengan lancar dengan melibatkan karyawan PT MPI Tbk, tim LindungiHutan, Pak Yazid, dan anggota Kelompok CAMAR.

Upaya yang telah dilakukan oleh PT Millennium Pharmacon International sepatutnya kita apresiasi bersama. Besar harapan, aksi ini dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk bersama menjaga lingkungan.

Baca juga: Brand MPASI (Grouu) Hijaukan Pantai Bahagia Bersama LindungiHutan

Wujudkan Program CSR Lingkungan Bersama LindungiHutan

LindungiHutan telah menanam 700.000+ pohon di seluruh Indonesia bersama dengan 480+ mitra brand dan perusahaan. Kami telah membantu perusahaan-perusahaan dalam melakukan kegiatan CSR lingkungan yang berkelanjutan.

Fenomena Abrasi dan Makam Tenggelam di Pesisir Tambakrejo Semarang

PT MPI tanam ribuan mangrove
Penanaman mangrove PT MPI di Tambakrejo Semarang. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Tambakrejo merupakan kawasan pesisir di bagian utara Kota Semarang. Terletak di dekat Pelabuhan Tanjung Mas dan PLTU Indonesia Power. Pesisir Tambakrejo kerap disebut juga dengan “Tambak Lorok” lantaran area ini telah mengalami pergeseran tanah atau merosot.

Posisinya yang berbatasan langsung dengan lautan, Tambakrejo telah mengalami abrasi yang cukup parah. Sedikit demi sedikit, daratan di Tambakrejo telah tergerus oleh ombak pantai utara ini. 

Area pemakaman di Pesisir Tambakrejo mengalami hal serupa. Jika air laut pasang maka makam akan terendam air laut hingga tidak terlihat.Kondisinya saat ini banyak nisan yang telah rusak, bahkan nisan tersebut telah hilang terbawa oleh air laut.

Akses jalan kaki sekitar 200 meter dari perkampungan menuju area makam sudah terendam air laut. Maka dari itu, untuk menuju ke lokasi tersebut, para peziarah harus melewati genangan air yang dipenuhi oleh sampah.

Berkaca dari lokasi tersebut salah satu masyarakat Pesisir Tambakrejo, Pak Yazid bersama Kelompok CAMAR melakukan aksi penanaman mangrove di bibir pantai sebagai upaya untuk mengurangi abrasi di Tambakrejo.

Mangrove memegang peranan penting untuk ekosistem pantai. Akar-akar mangrove yang kuat mampu mengurangi dampak terjadinya abrasi dan tsunami. Mangrove juga bermanfaat sebagai tempat tinggal bagi makhluk hidup, penyerap karbon, penyimpan cadangan karbon, hingga penghasil oksigen. Beberapa bagian mangrove juga dapat dimanfaatkan sebagai olahan keripik dan pewarna alami.

Dengan menanam mangrove di Pesisir Tambakrejo, PT Millennium Pharmacon International Tbk turut berkontribusi dalam mendukung program pembangunan berkelanjutan (SDGs) dengan:

  • Mencegah degradasi lahan akibat abrasi (SDG’s 15)
  • Mengurangi dampak banjir di pemukiman warga (SDG’s 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau (SDG’s 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon (SDG’s 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar (SDG’s 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar (SDG’s 8).

Baca Juga: Program Penghijauan Zupazupazuu di Pesisir Tambakrejo Semarang

Jalankan Program CSR yang Mudah, Transparan, dan Berkelanjutan Bersama LindungiHutan

Ikuti langkah PT Millennium Pharmacon International dalam menjalankan program CSR melalui Impact CSR. Impact CSR merupakan program dari LindungiHutan yang dirancang untuk perusahaan mengimplementasikan tanggung jawab sosial dan lingkungannya.

Pelaksanaan CSR bersama LindungiHutan tentunya akan mudah, transparan, dan berkelanjutan. Mengapa demikian?

  1. Tidak perlu membutuhkan waktu yang lama mulai dari pengisian formulir hingga pengimplementasian program CSR bersama LindungiHutan
  2. Semua laporan pertanggungjawaban kegiatan yang dilakukan dapat diunduh secara publik
  3. LindungiHutan menjalin kerja sama dengan penggerak penghijauan dan petani hutan untuk memudahkan proses penanaman dan memberikan manfaat ekonomi dan sosial kepada masyarakat sekitar hutan.

Jalin kolaborasi melalui Impact CSR sekarang juga dengan mengisi formulir di bawah ini.

Sedekah Pohon LindungiHutan