Connect with us

Mitra Hijau

PetroChina International Jabung Ltd Gandeng LindungiHutan Tanam 5.000 Mangrove di Pulau Pari Kepulauan Seribu

Published

on

PetroChina International Jabung Ltd

PetroChina International Jabung Ltd adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang minyak dan gas bumi. Perusahaan ini menjadi salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di bawah pengawasan dari SKK Migas.

PetroChina merupakan Badan Usaha Milik China National Petroleum Corporation (CNPC) yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 2002. Perusahaan ini mengoperasikan empat blok migas di Indonesia diantaranya di Blok Jabung (Sumatera), Blok Bangko (Sumatera), Blok Tuban (Jawa Timur), dan Blok Pulau Salawati (Papua).

Setelah resmi mendapatkan perpanjangan kontrak sebagai operator Wilayah Kerja (WK) Jabung untuk periode 2023-2043, PetroChina International Jabung Ltd kembali menegaskan akan melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan program CSR perusahaan. 

Salah satunya, dengan berkolaborasi bersama LindungiHutan dalam aksi penghijauan. Serta, menjadi komitmen perusahaan untuk memprioritaskan perlindungan dan upaya pelestarian lingkungan, sekaligus memberikan manfaat kepada masyarakat setempat.

Baca juga: Program CSR Lingkungan PT Millennium Pharmacon International Tbk Tanam 1.000 Mangrove di Semarang

Kolaborasi CSR PetroChina International Jabung Ltd Bersama LindungiHutan di Pulau Pari

Komitmen PetroChina International Jabung Ltd dalam mewujudkan program CSR salah satunya diwujudkan melalui aksi penghijauan. Aksi penghijauan ini menjadi kolaborasi perusahaan untuk pertama kali bersama LindungiHutan melakukan penanaman pohon sebagai upaya menyelamatkan lingkungan.

Petrochina menanam mangrove di Pulau Pari
Penanaman mangrove oleh PetroChina di Pulau Pari. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Sebagai bentuk kontribusi nyata pelestarian alam, PetroChina International Jabung Ltd menginisiasi sebuah kampanye penghijauan bertajuk “5.000 Mangrove Insan PetroChina”

Melalui kampanye tersebut, sebanyak 5.000 bibit mangrove berhasil ditanam di Pulau Pari Kepulauan Seribu pada 14 Oktober 2023. Penanaman dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan beberapa pihak internal PetroChina International Jabung Ltd, tim LindungiHutan, dan mitra petani serta Kelompok Forum Peduli Pulau Pari yang dipimpin oleh Edi Mulyono.

Penanaman mangrove Petrochina
Serah terima simbolis bibit, dalam rangka penanaman mangrove . (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Langkah nyata yang dilakukan oleh PetroChina International Jabung Ltd sepatutnya kita apresiasi bersama. Kami berharap, langkah ini dapat menginspirasi banyak pihak untuk berkontribusi bersama LindungiHutan dalam menghijaukan Pulau Pari. Terlebih kesadaran akan menjaga lingkungan perlu ditanamkan dan dipraktikkan oleh berbagai pihak. 

Baca juga: The Wuji Resort & Conventions Rayakan Ulang Tahun Ke-7 dengan Aksi Lingkungan

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 700 RIBU Pohon di 50+ Lokasi Penanaman yang Tersebar di Indonesia!

Menjaga Kelestarian Pulau Pari Kepulauan Seribu yang Menolak Tenggelam

Pulau Pari merupakan satu di antara ratusan pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau Pari terkenal dengan keindahan alam dengan panorama yang menakjubkan. Itulah sebabnya pulau ini dimanfaatkan sebagai pilihan destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Para wisatawan dapat menikmati Pulau pari dengan berbagai alternatif kegiatan seperti snorkeling, bermain speedboat, bersepeda, menjelajah hutan mangrove, menanam mangrove, dan duduk bersantai di pesisir pantai. 

Namun, keindahan dan potensi wisata di Pulau Pari terancam oleh abrasi dan banjir rob. Sejak tahun 2020, keadaan Pulau Pari Kepulauan Seribu kian memburuk. Abrasi dan banjir rob mampu menenggelamkan rumah warga, merusak salah satu pantai destinasi wisata di Pulau Pari, dan mengakibatkan warga kesulitan mendapatkan air bersih. 

program CSR petrochina
Kondisi di lokasi penanaman Pulau Pari, DKI Jakarta

Dampak perubahan iklim kian nyata, abrasi pun telah menggerus daratan hingga 8 meter selama tiga tahun terakhir. Serta, pulau ini telah kehilangan 1 hektar dari total luasan 42 hektar yang dimiliki. 

Maka dari itu, LindungiHutan mengajak berbagai stakeholder untuk memperhatikan dan melakukan upaya perlindungan bersama di Pulau Pari. Sebab, Pulau Pari masih membutuhkan kolaborasi berbagai pihak untuk memulihkan dan memperkuat kembali ekosistem di sana. Seperti kolaborasi penghijauan yang telah dilakukan oleh PT PetroChina International Jabung Ltd bersama LindungiHutan.

Baca juga: Tanggung Jawab Perusahaan terhadap Lingkungan dan 5 Contoh Programnya

Jalankan Program CSR yang Berkelanjutan Bersama LindungiHutan

LindungiHutan telah berkolaborasi dengan 200+ perusahaan lokal maupun internasional dalam menjalankan program CSR yang berkelanjutan. Melalui kolaborasi tersebut tersebut, ratusan ribu pohon telah ditanam oleh LindungiHutan di berbagai wilayah di Indonesia.

Selain memberikan dampak lingkungan, kami senantiasa melibatkan petani setempat dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat dan membantu dalam meningkatkan perekonomian warga setempat. Sehingga pelaksanaan program penghijauan bersama LindungiHutan terus berkelanjutan dengan melibatkan masyarakat setempat dalam kegiatan pemantauan pohon yang telah ditanam oleh perusahaan-perusahaan.

Mari wujudkan program CSR perusahaan Anda dengan berdampak, tepat sasaran, dan berkelanjutan. Silakan isi form berikut untuk menghubungi kami lebih lanjut

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Survey LindungiHutan