Connect with us

Mitra Hijau

PT Multi Guna Maritim Inisiasi Aksi Penghijauan “Satu Bumi, Selamatkan Alam” Tanam 1.000 Mangrove di Kepulauan Seribu

Published

on

Penanaman mangrove PT Mult Guna Maritim Pulau Pari Kepulauan Seribu

PT Multi Guna Maritim (MGMaritim) merupakan perusahaan profesional terkemuka industri pelayaran logistik di Indonesia yang didirikan pada tahun 2012. Perusahaan ini turut berkontribusi dengan memberikan aksi nyata terhadap lingkungan dan sosial.

Pada 2023, PT Multi Guna Maritim melaksanakan program CSR dengan mengadakan santunan kepada yatim piatu kepada Remaja Masjid Nurul Haq Muhammadiyah.

Sementara tahun ini, perusahaan menggandeng LindungiHutan melakukan kolaborasi penanaman mangrove bersama di Pulau Pari Kepulauan Seribu.

Program CSR PT Multi Guna Maritim

Pada tanggal 20 April 2024, PT Multi Guna Maritim (MGM) berhasil melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR) bersama LindungiHutan dengan menggelar aksi penanaman 1.000 mangrove di Pulau Pari Kepulauan Seribu.

Langkah ini merupakan upaya nyata perusahaan dalam mendukung pelestarian lingkungan dan keberlanjutan, serta menunjukkan komitmennya terhadap masyarakat lokal.

Acara penanaman tersebut dihadiri oleh jajaran direksi perusahaan dan karyawan-karyawan perusahaan yang secara langsung terlibat dalam kegiatan penanaman. Kolaborasi juga terjalin dengan dengan Forum Peduli Pulau Pari sehingga menambah kesinambungan dan keberlanjutan dari kegiatan tersebut.

Direktur Utama PT Multi Guna Maritim, Ian Budiman, mengungkap bahwa penanaman ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan. 

“Ini adalah salah satu cara kita berkontribusi terhadap kepedulian lingkungan karena perusahaan kita bergerak dibidang transportasi dimana secara tidak langsung juga berkontribusi terhadap polusi di dunia jadi minimal ini langkah awal  yang bisa kita lakukan untuk kembalikan kepada alam ,” ujar Ian.

Baca juga: Aksi Keberlanjutan KLAYD Tanam 815 Mangrove di Hutan Mangrove Ambulu Cirebon

Tantangan Lingkungan di Pulau Pari Kepulauan Seribu

Pulau Pari merupakan destinasi wisata populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Saat ini tengah menghadapi tantangan serius akibat perubahan iklim. Di sana kerap terjadi abrasi, kenaikan muka air laut, hingga kerusakan hutan mangrove yang menjadi masalah utama yang mengancam ekosistem pulau tersebut.

Mayoritas penduduk Pulau Pari bergantung pada sektor pariwisata, perikanan, dan perdagangan sebagai sumber penghasilan utama mereka. 

Oleh karena itu, kerusakan lingkungan tidak hanya mengancam keberlanjutan lingkungan, tetapi juga mata pencaharian dan kesejahteraan masyarakat lokal.

Penanaman mangrove dipilih PT Multi Guna Maritim sebagai solusi yang tepat dalam menyelamatkan lingkungan Pulau Pari. Mangrove memiliki beragam manfaat penting antara lain sebagai benteng pertahanan melawan abrasi, meredam gelombang pasang air laut, serta melindungi daerah pesisir dari dampak negatif bencana alam seperti tsunami. 

Selain itu, hutan mangrove juga berfungsi sebagai habitat bagi berbagai spesies hayati,  penyedia sumber pangan bagi masyarakat lokal, serta sebagai penyimpan karbon yang dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.

Langkah PT Multi Guna Maritim dalam menggelar aksi penanaman mangrove di Pulau Pari merupakan contoh nyata dari tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR yang bertujuan untuk menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak diharapkan upaya ini dapat menjadi titik awal dalam menjaga keberlanjutan Pulau Pari serta memberikan inspirasi bagi perusahaan lain untuk turut berkontribusi dalam pelestarian lingkungan.

Dengan pemahaman akan pentingnya menjaga lingkungan dan membangun kemitraan yang kuat antara perusahaan, masyarakat, dan pemerintah, diharapkan Pulau Pari dapat terus berkembang sebagai destinasi pariwisata yang berkelanjutan dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Baca juga: Aksi CSR PT Honda Trading Indonesia Tanam 1.500 Mangrove di Sukawali, Tangerang

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman yang Tersebar di Indonesia

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan