Connect with us

Mitra Hijau

Testimoni PT SMFL Leasing Indonesia Jalankan Kolaborasi Penghijauan Bersama LindungiHutan

Published

on

Testimoni kerja sama PT SMFL Leasing Indonesia

PT SMFL Leasing Indonesia atau Sumitomo Mitsui Finance & Leasing Co., Ltd. adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pembiayaan dan leasing terkemuka di Indonesia.

Pada 25 Juli 2023, PT SMFL Leasing Indonesia telah menjalin kolaborasi penghijauan bersama LindungiHutan. Kolaborasi tersebut merupakan perwujudan program CSR perusahaan yang berkelanjutan. 

Melalui kampanye alam bertajuk “A Thousand Tree for Better Future”, PT SMFL Indonesia sukses mengumpulkan dan menanam 1.000 pohon yang ditanam di Pantai Mangunharjo Semarang, sekaligus menjadi inisiatif perusahaan mendukung program SDGs secara global.

Atas keberhasilan program tersebut, salah satu tim LindungiHutan kembali menghubungi perwakilan dari PT SMFL Leasing Indonesia yaitu Silmia kerap dipanggil Sisil, selaku HR Sr Staff PT SMFL Leasing Indonesia. Simak ceritanya di bawah ini!

PT SMFL Leasing Indonesia tanam mangrove
Mitra petani yang membantu dalam proses penanaman mangrove oleh PT SMFL Leasing Indonesia. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Bagaimana PT SMFL Leasing Indonesia Menemukan Informasi tentang LindungiHutan?

Awal mula tahu LindungiHutan dari Ibu Idar (salah satu tim yang ikut penanaman di  Semarang), beliau pernah ikut sesi penanaman mangrove di PIK. Waktu itu kerja sama antara Kertabumi Recycling Center dengan LindungiHutan. Setelah itu, aku langsung cari website dan sosial medianya, aku cari Instagramnya. Dan kita tertarik mau partneran sama LindungiHutan,” Ujar Silmia.

LindungiHutan membagikan kegiatan penghijauan yang telah dilakukan melalui akun instagramnya yaitu lindungihutan. Selain itu, LindungiHutan juga memberikan edukasi terkait hutan dan lingkungan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat luas akan pentingnya menjaga lingkungan.

Baca juga: No Ribet, No Repot! Pengalaman Arkadia Works Kolaborasi Penanaman Bersama LindungiHutan

Bagaimana Proses Berjalannya Kolaborasi Bersama LindungiHutan?

Dari awal kontak-an sama Kak Tania, saya cukup mendapatkan penjelasan yang jelas. Tentang partnershipnya gimana, terms and conditions, LindungiHutan itu apa, jadi lebih tau. Ini juga pertama kalinya kita kerjasama dengan lembaga yang berfokus pada kegiatan lingkungan,” Ungkap Silmia

Silmia mengungkapkan penjelasan dari Tania (tim LindungiHutan) sudah cukup jelas dalam berbagai aspek. Sehingga, mudah mudah untuk memahaminya. Dirinya juga menyebutkan bahwa Tania sangat proaktif ketika berkomunikasi.

“Komunikasi sama Kak Tania informasinya cukup jelas, tektokannya enak, dan sangat responsif meskipun di luar jam kerja,” Sambung Silmia.

Mengapa PT SMFL Leasing Indonesia Tertarik Bekerja Sama dengan LindungiHutan?

Kami menjalankan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) tahun ini salah satunya adalah CSRnya memberikan kontribusi pada masyarakat, menyesuaikan juga dengan SDGs life below water. Tahun ini harus ada aksi berbeda dari tahun sebelumnya, maka dari itu kami memilih untuk melakukan penanaman mangrove,” Jawab Silmia.

Sebagaimana PT SMFL Leasing Indonesia melakukan aksi yang termasuk dalam RAKB untuk mewujudkan SDGs poin 14 yaitu melestarikan ekosistem laut, hadirnya LindungiHutan juga mendukung program SDGs antara lain menghapus kemiskinan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengatasi perubahan iklim, dan lainnya.

“LindungiHutan cukup menarik perhatian dan beda dibanding lembaga lain yang juga menyediakan aktivitas yang sama. Ketika masuk di website LH provide kondisi tanaman yang sudah ditanam dan itu live reporting, karena tidak semua lembaga-lembaga serupa menyedikan live report tersebut. Banyak lembaga jasa keuangan juga  yang juga sudah pernah bekerjasama dengan LindungHutan sehingga dirasa cukup kredibel,” Lanjut Silmia.

Transparan, menjadi salah satu nilai yang LindungiHutan junjung dalam setiap kegiatannya. LindungiHutan akan melaporkan semua data terkait aksi, peran, hasil, hingga dampak yang dapat diakses oleh semua orang. Hal tersebut merupakan bentuk profesionalitas LindungiHutan untuk setiap mitranya.

Baca juga: Prosesnya Cepet, Cukup 2 Minggu: Pengalaman Kolaborasi National Label dengan LindungiHutan

Penanaman mangrove oleh karyawan PT SMFL Leasing Indonesia
Beberapa karyawan PT SMFL Leasing Indonesia terlobat dalam penanaman mangrove di Semarang. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Bagaimana Service yang Telah LindungiHutan Berikan kepada PT SMFL Leasing Indonesia? Rating dari 1-10?

“Untuk keseluruhan servicenya LindungiHutan cukup memuaskan karena selama tanya-tanya selalu dijawab dan feedback dari tim LindungiHutan itu bagus. Karena memang fast respon, oke banget dan ratenya 8 dari 10,” Tutur Silmia.

Silmia memberikan memberikan penilaian yang cukup tinggi atas service dan feedback yang telah LindungiHutan berikan ke perusahaan.

Harapan untuk LindungiHutan dari PT SMFL Leasing Indonesia

“Harapannya mimpi dan goals LindungiHutan dalam menghijaukan Indonesia bisa tercapai, karena tidak semua orang punya mimpi seperti ini dan fokus terhadap lingkungan,” Ucap Silmia.

Terakhir, Silmia juga memberikan apresiasi setelah bekerja sama kepada LindungiHutan dan harapan atas aksi penghijauan yang telah PT SMFL Leasing lakukan dapat menjaga kelestarian Indonesia.

“Terima kasih sama tim LindungiHutan, karena kita terbantu melakukan aktivitas penanaman kemarin. Kami harap 1000 pohon yang ditanam dapat membantu untuk menghijaukan Indonesia, terutama kuat untuk melawan abrasi,” Pungkas Silmia.

Baca juga: Pengalaman Nexia KPS Menanam 300 Mangrove Bersama LindungiHutan di PIK

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Sedekah Pohon LindungiHutan