Connect with us

Mitra Hijau

PT Haple Kosmetika Indonesia Tanam 2600+ Mangrove di Tambakrejo Semarang

Published

on

Aksi penghijauan PT Haple Kosmetika Indonesia

PT Haple Kosmetika Indonesia adalah brand lokal asli Indonesia yang menyediakan produk skincare dengan kualitas tinggi. Produk-produk Haple menggunakan bahan impor dari Spanyol dan Eropa. Seluruh produknya sudah terdaftar BPOM dan aman digunakan oleh semua orang.

Dengan motto #BeBeautifulWithKindness, tidak satupun produk dari PT Haple Kosmetika Indonesia melalui percobaan dari binatang (animals-free & cruelty-free). 

Dalam menjalankan praktik bisnisnya, PT Haple Kosmetika Indonesia juga menaruh konsen terhadap pelestarian lingkungan. Melihat kondisi sekarang, Haple menyadari bahwa lingkungan harus dilestarikan secara bersama.

Oleh karena itu, Haple bersama dengan LindungiHutan melakukan upaya penghijauan di wilayah Pesisir Tambakrejo, Semarang, Jawa Tengah.

Your Kindness for Earth: Aksi Penghijauan PT Haple Kosmetika Indonesia di Kota Semarang

Lokasi penanaman PT Haple Kosmetika Indonesia
Lokasi penanaman mangrove di Pesisir Tambakrejo Semarang. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Sudah menjadi komitmen PT Haple Kosmetika Indonesia untuk terus menjaga lingkungan seiring dengan berjalannya bisnis perusahaan. Haple juga berkomitmen untuk memprioritaskan dampak lingkungan yang signifikan agar terus terjaga kelestarian alam di sekitarnya.

Akhirnya, Haple Indonesia menginisiasi sebuah kampanye alam dengan tajuk “Your Kindness for Earth” sebagai bentuk nyata brand peduli terhadap lingkungan di sekitarnya.

Melalui kampanye alam tersebut, PT Haple Kosmetika Indonesia sukses menanam 2.614 pohon mangrove di Pesisir Tambakrejo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang pada 24 Juni 2023. Tinggi dan diameter rata-rata pohon mangrove yang ditanam mencapai 72 cm dan 1 cm.

Langkah Haple untuk menghijaukan wilayah pesisir Kota Semarang patut kita apresiasi bersama. Besar harapan, langkah ini dapat diikuti oleh banyak masyarakat untuk menjaga alam bersama. Semakin banyak yang terlibat, kondisi alam di Indonesia dapat semakin terjaga.

Baca juga: Upaya Pelestarian Lingkungan BAF Tanam 20.000 Pohon Mangrove di 6 Provinsi

Melihat Kondisi Lokasi Penanaman PT Haple Kosmetika Indonesia di Pesisir Tambakrejo Semarang

Ribuan mangrove ditanam PT Haple Kosmetika Indonesia
Penanaman mangrove PT Haple Kosmetik Indonesia dibantu oleh Kelompok CAMAR (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pesisir Tambakrejo terletak di Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Walaupun memiliki nama asli Tambakrejo, penyebutan “Tambak Lorok” lebih dikenal oleh masyarakat luas. Lantaran wilayah di Tambakrejo sering mengalami pergeseran tanah atau nglorok yang artinya merosot. 

Posisi Tambakrejo yang berada di pesisir lautan di Pelabuhan Tanjung Mas, Kota Semarang membuat area ini terancam abrasi jika tidak dilakukan penjagaan pantai dengan penanaman hutan bakau.

Faktanya, di Pesisir Tambakrejo terdapat sebuah area pemakaman yang sudah tenggelam akibat abrasi yang melanda daerah setempat. Makam yang terletak di pinggir pantai tersebut terkepung air laut dan terendam hingga menyisakan sebagian nisannya saja. 

Tidak hanya itu, akses jalan kaki sekitar 200 meter dari perkampungan juga terendam air laut. Jadi, bagi mereka yang ingin berkunjung ke areal makam mau tak mau mereka harus melalui genangan air yang dipenuhi oleh sampah. 

Berkaca pada kondisi tersebut, Pak Yazid bersama Kelompok CAMAR melakukan penanaman mangrove di sepanjang bibir pantai. Pak Yazid bersama Kelompok CAMAR hadir mengupayakan penghijauan di wilayah pesisir Tambakrejo. 

Terhitung, ada lebih dari 170,000 bibit mangrove yang telah ditanam oleh Kelompok CAMAR dengan luasan sekitar 2 hektare.

Namun, langkah Pak Yazid dan Kelompok Camar tidak berhenti disini. Mereka masih butuh bantuan banyak orang untuk menyelamatkan Pesisir Tambakrejo dari ancaman abrasi.

Baca juga: Bank Indonesia Hijaukan Pulau Pari Kepulauan Seribu dengan 1000 Pohon Mangrove

Manfaat Hutan Mangrove untuk Lingkungan

Pesisir Tambakrejo masih memerlukan mangrove hingga saat ini. Mangrove berfungsi sebagai benteng pertahanan dari abrasi yang terus terjadi di daerah tersebut. Hutan mangrove berfungsi sebagai pemecah gelombang, sekaligus dapat mengurangi dampak di daratan jika terjadi tsunami.

Hutan mangrove juga efektif sebagai penyimpan karbon biru, penyerap emisi gas CO2, dan dapat menghasilkan oksigen untuk bernafasnya makhluk hidup. Biota laut juga menjadikan hutan mangrove sebagai habitat atau tempat tinggalnya. 

Melihat permasalahan yang terjadi dan besarnya manfaat mangrove di Pesisir Tambakrejo, akhirnya PT Haple Kosmetika Indonesia menggandeng LindungiHutan melakukan program penghijauan di Pesisir Tambakrejo untuk memperbaiki kondisi lingkungan di sana.

Baca juga: Zazz Indonesia Menanam 501 Pohon untuk Kelestarian Lingkungan

Ingin terlibat dalam aksi penghijauan di Pesisir Tambakrejo, Silakan klik tombol di bawah ini!

Wujudkan Brand Peduli Lingkungan Bersama LindungiHutan!

Jalankan program penghijauan bersama Kami, berikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan