Connect with us

Tutorial

Serba-Serbi MagangAlam yang Perlu Kamu Ketahui! (2022)

Published

on

Serba-Serbi MagangAlam yang Perlu Kamu Ketahui!.

Hampir semua mahasiswa mungkin pernah merasakan magang, karena menjadi salah satu syarat kelulusan dari bangku perguruan tinggi. Walaupun, tidak semua kampus memang mewajibkan program magang. Namun tetap saja, program magang banyak diincar oleh mahasiswa sebagai ajang untuk mencari relasi, pengalaman, jodoh, hingga menambah portofolio. Sayangnya untuk mencari tempat magang pun bukanlah perkara mudah.

Kadang kala impian magang di tempat bonafit kepentok dengan realita IPK, sabar ya! Giliran mau magang di perusahaan biasa, takut lingkungannya toksik atau beban kerjanya yang seabrek. Kamu juga ogah magang di kantor pemerintah, alasannya malas ketemu boomer. Lah terus maunya apa hey????

Percayalah, menemukan tempat magang dengan segala kesempurnaannya itu susah. Akan tetap, hal itu bukanlah sesuatu yang mustahil! Sebab, senyaman-nyamannya tempat magang adalah bagaimana kamu bisa beradaptasi di tempat tersebut. Intinya, jangan takut jika ingin mencoba program magang sebab ini jadi momentum buat kamu mengaktualisasikan diri!

Berbicara tentang magang, LindungiHutan juga punya program magang loh! Jadi, buat kamu yang ingin merasakan pengalaman bekerja di startup dan ikut berkontribusi terhadap upaya pelestarian lingkungan, maka magang di LindungiHutan adalah jawabannya. Oh iya, magang di LindungiHutan juga bisa dilakukan secara remote! Jadi, selain lebih fleksibel kamu juga tetap bisa menjalani aktivitas harianmu seperti kuliah.

Well, untuk penjelasan lebih lanjut mengenai program magang di LindungiHutan, simak artikel berikut ini. Please jangan di skip-skip!

Apa itu LindungiHutan?

Buat kamu yang sebelumnya belum tahu apa itu LindungiHutan, mungkin ada baiknya kita kenalan dulu. Jadi, LindungiHutan adalah platform crowdsourcing yang memungkinkan pengguna berkontribusi terhadap kegiatan konservasi hutan dan lingkungan di Indonesia.

LindungiHutan berjalan dengan menciptakan kampanye penghijauan yang diberdayakan melalui donasi dan kesukarelaan yang melibatkan akademisi, komunitas, perusahaan, pemantau hutan, dan petani benih.

Singkatnya sih seperti itu, sementara penjelasan lebih lengkapnya, akan dijelaskan nanti ketika kamu on-boarding. Untuk sekarang, kamu bisa riset kecil-kecilan dulu tentang LindungiHutan biar ada gambaranya yes! Masa iya kamu magang tapi enggak tahu perusahaannya ngapain?  

Apa itu Magang Alam?

Program magang di LindungiHutan itu namanya MagangAlam. Jadi, kalau kamu nanti menjumpai kata MagangAlam, ya itu nama programnya. MagangAlam sendiri adalah program magang bagi teman-teman siswa dan mahasiswa yang tertarik untuk belajar hal-hal baru yang tidak diajarkan di sekolah atau perkuliahan.

Nantinya, kamu semua akan belajar bersama profesional di bidangnya dan mempraktikkan hal-hal yang telah dipelajari secara langsung selama magang. Program ini berjalan selama 2 bulan dan diutamakan bagi teman-teman yang ada di sekitar Semarang atau remote dengan komitmen tinggi.

Tutorial Mendaftar MagangAlam

Proses mendaftar MagangAlam itu sangatlah mudah, semudah kamu dilupakan oleh mantan. Kamu hanya perlu MEMBUKA WEBSITE LINDUNGIHUTAN di https://lindungihutan.com/. Kira-kira tampilannya akan seperti di bawah ini. Keren kan websitenya? Kalau udah buka website LindungiHutan, coba LIHAT POJOK KANAN ATAS, LALU KLIK MENU MAGANGALAM.

Tampikan website saat mendaftar magangalam.
Lihat tanda panah di pojok kanan atas, lalu klik menu MagangAlam.

Setelah membuka menu MagangAlam, kamu akan DIMINTA UNTUK MENGISI FORMULIR YANG ADA. Mulai dari nama lengkap, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email, domisili, aktivitas saat ini, divisi yang ingin kamu pilih, dan juga alasan kenapa tertarik bergabung di MagangAlam. Jelaskan secara singkat, padat, dan jelas. Sebab, kalau jawabanmu moler-moler terlalu panjang, kasihan mba HRD-nya pas baca.

Baca juga: 10+ Aktivitas di Hari Libur yang Bisa Kamu Lakukan

formulir pendaftaran magangalam.
Formulir pendaftaran MagangAlam.

Kalau semua pertanyaan di formulir sudah dijawab, maka kamu tinggal menunggu kabar dari kami mengenai kelanjutan MagangAlam. Tenang kok, enggak akan lama-lama banget!

Biasanya, kami akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pembimbing dari masing-masing divisi terkait waktu pelaksanaan interview. Jika sudah cocok waktunya, langsung gas interview sama kamu!

Selesai interview, kamu akan dikabari lagi terkait lolos atau tidaknya dalam program MagangAlam ini. Simpel kan?

FAQ

Berapa Banyak Kuota MagangAlam?

Kuotanya tidak pasti, tetapi sebagai gambaran, pada awal pembukaan magang bisa mencapai puluhan orang yang mendaftar.

Kapan MagangAlam Dibuka?

MagangAlam dibuka sepanjang tahun sebenarnya, jadi kamu bisa mendaftarnya kapan saja. Namun, akan lebih baik kamu mendaftar secepatnya ketika sudah ada pengumuman terkait hal ini. Sebab, makin cepat kamu mengikutinya semakin cepat pula kamu bisa lulus dan mendapatkan ilmu beserta pengalamannya!

Baca juga: Sharing Publik Relawan LindungiHutan ke-1 Tahun 2022

Apa Saja Benefitnya?

Kamu akan mendapatkan sertifikat pastinya, yang mana di dalam sertifikat tersebut tercantum kontribusi dan pekerjaan apa saja yang sudah kamu lakukan selama magang. Dengan begitu, sertifikat tersebut bisa menjadi bukti konkret akan pekerjaan yang kamu lakukan selama magang.

Selain itu, ada juga bimbingan career development, dan kesempatan mengikuti event Hackathon untuk membuat dan mengembangkan proyek Startup. So, buat kamu yang tertarik dengan dunia per-Startup-an MagangAlam bisa jadi wadah yang tepat untukmu.

Bagaimana Sistem MagangAlam?

Magang bisa dilakukan secara remote. Selama magang berlangsung kamu diminta untuk berkomitmen selama 20 jam setiap minggu. Kemudian, terkait dengan pengerjaan tugasnya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, tergantung dengan deadline yang diberikan oleh pembimbing masing-masing.

Hanya saja, kamu tetap harus mengisi presensi, bisa dihubungi selama jam kerja (09.00-17.00) karena kami bukan pemburu hantu yang suka berburu tukang ghosting, dan juga menjaga komunikasi baik kepada pembimbing maupun rekan kerja. Intinya, ada pada komitmennya sih!

Apakah Ada Minimal Semester?

Tidak ada, semester 1 hingga semester 14 pun semuanya bisa ikut MagangAlam.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan