Connect with us

Tutorial

Tutorial Step by Step Membuat Kampanye Alam dengan Mudah, Cukup 5 Langkah!

Published

on

Tutorial Step by Step Membuat Kampanye Alam dengan Mudah.

Tahukah kamu jika Indonesia menyumbang sekitar 2 persen dari total luas hutan di dunia? Mengutip dari laman ppid.menlhk.go.id, Hasil pemantauan hutan Indonesia tahun 2020 menyatakan bahwa luas lahan berhutan seluruh daratan Indonesia adalah 95,6 juta Ha atau 50,9 persen dari total daratan, yang mana 92,5 persen dari total luas berhutan atau 88,4 juta Ha berada di dalam kawasan hutan.

Yup, angka tersebut menunjukkan bahwa negara kita dilimpahi dengan luas hutan yang luar biasa. Kendati demikian, ada tanggung jawab besar yang harus kita pikul bersama-sama loh! Bagaimana caranya agar hutan-hutan tersebut tidak hilang termakan oleh laju pembangunan maupun zaman.

Tak bisa kita pungkiri, seiring dengan bertambanya jumlah penduduk maka pembangunan juga akan terus dilakukan. Namun, jangan khawatir! Selama pembangunan dilakukan dengan bertanggung jawab dan bisa menghargai keberadaan alam, niscaya generasi berikutnya masih akan bisa menikmati sumber daya alam beserta keindahannya.

Seperti kita ketahui bersama, hutan merupakan rumah bagi beragam flora dan fauna. Hutan juga menjadi sumber pangan, obat-obatan, air, udara bersih, serta menjadi tempat tinggal dan akar budaya berbagai suku maupun masyarakat adat di Indonesia.

Besarnya manfaat yang diberikan, semestinya membuat kita tidak lagi memiliki alasan untuk merusak hutan. Tanpa memandang nama, jabatan, kedudukan, warna kulit, suku, ras, maupun agama, kita bisa bersama-sama menghijaukan Indonesia.

Bersama LindungiHutan, kamu dapat dengan mudah ikut ambil peran menghijaukan Indonesia. Melalui gerakan kampanye alam, siapapun kini bisa jadi pahlawan untuk bumi ini.

Apa itu Kampanye Alam?

Campaign atau Kampanye Alam merupakan sebutan bagi halaman penggalangan dana di platform LindungiHutan. Di sini, kamu bisa mengajak banyak orang untuk ikut berkontribusi menanam pohon di berbagai tempat di Indonesia. Hingga saat ini LindungiHutan telah membantu 1.400 penyelenggaraan kampanye alam dan menanam 496.900 pohon.

Baca juga: 8 Tips dan Cara Menyukseskan Penggalangan Dana

Tutorial Step By Step Membuat Kampanye Alam

  • Buka alamat https://lindungihutan.com/alamraya, setelah itu scroll ke bawah untuk menemukan button BUAT KAMPANYE ALAM. Di halaman tersebut, kamu bisa melihat contoh kampanye alam yang sudah dibuat dan juga pencapain LindungiHutan. Pastikan juga kamu sudah MEMILIKI AKUN LINDUNGIHUTAN UNTUK LOGIN atau jika belum punya kamu bisa membuatnya terlebih dahulu.
TUTORIAL STEP BY STEP MEMBUAT KAMPANYE ALAM (1)
  • Buka alamat https://lindungihutan.com/alamraya,
    • Selanjutnya, tampilan akan berubah seperti gambar di bawah ini. Di bagian ini kamu diminta untuk MEMILIH LOKASI PENANAMAN POHON. Ada banyak pilihan lokasi penanaman. Selain itu, kamu juga bisa MELIHAT DESKRIPSI LOKASI, JENIS BIBIT, HARGA BIBIT, BIODIVERSITAS, DAN LAIN SEBAGAINYA.
    TUTORIAL STEP BY STEP MEMBUAT KAMPANYE ALAM (2)
    Pilih lokasi penanaman pohon.
    • Setelah memilih lokasi penanaman, kamu diminta untuk MENULIS JUDUL KAMPANYE ALAM, URL/LINK KAMPANYE ALAM (tulis link campaign yang mudah diingat dan relevan dengan campaign kamu), TARGET JUMLAH POHON, DAN BATAS WAKTU PENGGALANGAN DANA (Kami merekomendasikan minimal 4 bulan mendatang setelah tanggal pembuatan campaign. Namun apabila kamu ingin lebih cepat dari itu maka sah-sah saja)
    TUTORIAL STEP BY STEP MEMBUAT KAMPANYE ALAM (3).
    Lengkapi deskripsi mulai dari URL, judul, target, dan lain sebagainya.
    • Selanjutnya, kamu juga perlu MENUNGGAH GAMBAR ATAU POSTER KAMPANYE ALAM DENGAN RESOLUSI YANG PALING EFEKTIF YAITU 1080X648 PX DAN FORMAT FILE BERUPA JPG/PNG. Tampilan mengunggah akan seperti gambar di bawah ini.
    TUTORIAL STEP BY STEP MEMBUAT KAMPANYE ALAM (4).
    Pastikan ketentuan gambar sudah sesuai dengan aturannya.
    • Langkah terakhir yaitu TULISKAN KALIMAT AJAKAN untuk mendukung kampanye alam kamu dengan maksimal karakter kata sejumlah 200. CERITAKAN PULA TENTANG DIRI KAMU, ALASAN MEMBUAT KAMPANYE ALAM, DAN MANFAATNYA. Kamu juga bisa menambahkan foto ke dalam narasi tersebut. Setelah semuanya telah terisi lalu klik kampanye dan Voilaa!!!
    TUTORIAL STEP BY STEP MEMBUAT KAMPANYE ALAM (5).
    Jangan lupa tuliskan identitas diri dan cerita mengapa membuat kampanye alam.
    • Berikut ini contoh tampilan halaman kampanye alam yang bisa kamu bagikan ke banyak orang. Makin gencar kamu membagikannya, maka akan semakin banyak pula donasi pohon yang akan terkumpul, Semangat!!!
    TUTORIAL STEP BY STEP MEMBUAT KAMPANYE ALAM (6).
    Halaman kampanye alam yang sudah jadi akan seperti ini.

    Bagaimana? Mudah bukan membuat kampanye alam bersama LindungiHutan? Kamu cukup menyiapkan akun LindungiHutan, narasi kampanye, foto, dan juga nama URL. Bahkan untuk membuatnya pun hanya membutuhkan 5 langkah saja.

    Baca juga: 8 Waktu dan Hari Penting untuk Membuat Kampanye Hari Alam

    Namun jika kamu masih merasa bingung berikut ini ketentuan dalam membuat kampanye alam dan juga pertanyaan-pertanyaan yang sering kali ditanyakan:

    Apakah saya boleh mencantumkan nomor rekening?

    TIDAK, jika terdapat nomor rekening di deskripsi/cerita galang dana, maka dapat memungkinkan donatur untuk membuat donasi online tetapi melakukan transfer ke rekering yang kamu sertakan. Akibatnya, donasi tidak dapat terverivikasi oleh sistem.

    Apabila kamu menemukan Campaign yang mencantumkan nomor rekening selain milik Yayasan Lindungi Hutan atau afiliasi, sila kabarkan kepada kami melalui fitur Chat yang tersedia di platform LindungiHutan atau melalui media komunikasi yang tertera di halaman kontak kami.

    Berapa jumlah minimal pohon agar dapat segera ditanam?

    Jumlah minimal pohon yang ditanam merupakan kebijakan mitra penggerak masing-masing daerah konservasi. Apabila pohon yang terkumpul belum mencapai batas minimal, maka akan digabungkan dengan kampanye alam lain. Untuk daftar jumlah minimal pohon di kawasan penghijauan untuk gambaran umum, silakan klik di sini.

    Kapan pohon yang terkempul dari kampanye alam saya ditanam?

    Tanggal penanaman akan ditentukan setelah kampanye alam resmi tutup donasi. Tanggal penanaman untuk kampanye alam kamu akan dijadwalkan oleh tim LindungiHutan berdasarkan nomor urut kampanye alam, jumlah minimal pohon setiap lokasi, kesiapan mitra penggerak konservasi dan kondisi lokasi penghijauan.

    Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

    Continue Reading
    Click to comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Dapatkan laporan tahun 2023 LindungiHutan

    You have successfully subscribed to the newsletter

    There was an error while trying to send your request. Please try again.

    Blog LindungiHutan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.