Connect with us

Mitra Hijau

PT Smart Multi Finance Menanam 150 Pohon di Hutan Mangrove Jakarta

Published

on

PT Smart Multi Finance jalankan CSR lingkungan di Jakarta.
Bersama LindungiHutan, Smart Multi Finance mengambil langkah pertama dengan mengadakan reboisasi hutan mangrove sebagai wujud keikutsertaan dalam pelestarian lingkungan. Melalui kampanye alam ‘Back to Nature’ Smart Multifinance sukses menanam 150 pohon bakau (Rhizophora sp.) di Ekowisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara pada 10 Desember 2021. Langkah ini diharapkan bisa menjadi contoh sekaligus inspirasi bagi banyak pihak lainnya.
Foto bersama perwakilan Smart Finance di hutan mangrove PIK, jakarta utara.
Sesi foto bersama perwakilan PT Smart Multi Finance yang hadir dalam kegiatan penanaman pohon di Ekowisata Hutan Mangrove PIK, Jakarta Utara (Dok: Business Development/LindungiHutan).

PT Smart Multi Finance adalah salah satu perusahaan pembiayaan di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2008, dan terdaftar di Menteri Keuangan dalam Surat Keputusan No. KEP. 151/KM.10/2008 tanggal 8 Agustus 2008.

Smart Multi Finance hadir untuk melayani baragam pembiayaan seperti kendaraan bermotor baik sepeda motor dan mobil, pembiayaan modal kerja dan multiguna. Smart Multi Finance merupakan bagian dari Serba Mulia Group, bersama-sama bersinergi dan mendukung penjualan otomotif Serba Mulia Group.

Pada tahun 2019, Smart Finance menerima penghargaan dari Infobank dalam kategori 5 Besar Peringkat Finance dengan aset 500 miliar- 1 triliun. Peringkat ini secara signifikan memperkuat kemampuan perusahaan untuk mengakses sumber pendanaan baru yang lebih kompetitif.

Tahun 2021 Smart Multi Finance menghadirkan platform digital Smart Insell Mobile Apps, untuk pembelian motor dan mobil bekas. Lalu, tahun 2022 perusahaan senantiasa berkomitmen guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen dengan proses digitalisasi. Hingga kini, Smart Multi Finance memiliki 45 kantor cabang dan 9 kantor pemasaran tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: BCA Insurance Peduli Lingkungan Tanam 500 Pohon di Bekasi

Nilai Dasar sebagai Ways Of Life PT Smart Multi Finance Mewujudkan Perusahaan Berintegrasi Tinggi

PT Smart Multi Finance (SMF) saat ini sedang bertransformasi untuk menjadi perusahaan yang berintegritas tinggi, memiliki suasana kerja yang bergairah, memiliki kinerja yang baik dalam rangka mencapai sebuah visi bersama. Maka dari itu diperlukan sebuah ways of life sebagai pedoman dasar perilaku yang dapat diterima oleh semua lapisan dalam perusahaan. Pedoman dasar ini berfungsi sebagai pondasi dalam mendirikan bangunan perusahaan yang kokoh.

Adapun, yang dimaksud dengan pedoman tersebut terwujud dalam kata JUARA. Jujur dan disiplin (J), utamakan kerja sama tim (U), antusias (A), responsif untuk kepuasan pelanggan (R), aktif melakukan perbaikan (A).

Smart Multi Finance selalu memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia sesuai dengan visinya yaitu turut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan berperan menjadi penyedia solusi keuangan dengan pelayanan profesional.

PT Smart Multi Finance Menanam 150 Mangrove Bertajuk “Back to Nature”

Penyerahan sertifikat apresiasi dari LindungiHutan kepada PT Smart Multi Finance.
Penyerahan sertifikat penghargaan atas kerjasama yang terjalin dari LindungiHutan kepada Smart Finance (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Selain berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang maksimal dalam menjalankan praktik bisnisnya, Smart Multi Finance juga memiliki concern terhadap upaya pelestarian lingkungan. Hal tersebut kemudian diwujudkan dalam aksi nyata untuk menjaga kelestarian bumi.

Bersama LindungiHutan, Smart Multi Finance mengambil langkah pertama dengan mengadakan reboisasi hutan mangrove sebagai wujud keikutsertaan dalam pelestarian lingkungan.

Melalui kampanye alam yang bertajuk ‘Back to Nature’ oleh Smart Multi Finance sukses mengumpulkan 150 pohon mangrove dan telah ditanam di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara pada tanggal 10 Desember 2021.

Baca juga: Pertamina Gas (Pertagas) Jalankan Program Sedekah Pohon untuk Bumi

Program yang dilakukan oleh PT Smart Multi Finance tentu sudah sepatutnya kita apresiasi bersama. Sebagai sebuah perusahaan, PT Smart Multi Finance tidak melupakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungannya. Kehadiran perusahaan untuk berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan dan mau bersama-sama menghijaukan Indonesia tentu merupakan berita yang menggembirakan. Sebab, harapannya bisa menjadi contoh sekaligus inspirasi bagi banyak pihak lainnya.

Smart Finance Jalankan Program Penghijauan di Ekowisata Hutan Mangrove PIK

Karyawan Smart Finance ikut menanam bibit mangrove di hutan mangrove PIK.
Perwakilan karyawan PT Smart Multi Finance yang hadir dalam program ‘Back to Nature’ turut berpartisipasi menanam bibit mangrove di Ekowisata Hutan Mangrove PIK, Jakarta Utara (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pemilihan Ekowisata hutan mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) sebagai lokasi penanaman pohon tentu bukan tanpa alasan. Sebab, wilayah tersebut menjadi benteng abrasi dan erosi (pengikisan tanah) di kawasan pantai Jakarta. Apalagi, PIK memiliki kawasan hutan mangrove yang memiliki luas mencapai 99 hektare dan 40% lahan di kawasan hutan ini digunakan untuk konservasi hutan bakau yang asri dan alami.

Kendati demikian, Jakarta tetap menjadi daerah rawan banjir sebab penyerapan air yang buruk dan naiknya permukaan air laut. Maka dari itu, Smart Multi Finance bersama LindungiHutan melalui kampanye alam yang diinisiasi melakukan penanaman pohon bakau.

Mengingat, pohon bakau tidak hanya bermanfaat untuk mencegah abrasi dan erosi tanah. Melainkan juga dapat mengendapkan lumpur-lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. Selain itu, Rhizophora sp. juga memiliki akar yang dapat mempercepat penguraian limbah organik dan limbah kimia yang dapat mencemari laut.

Baca juga: PT Santos Jaya Abadi (Kapal Api Group) Menanam Ratusan Pohon di Semarang

Semoga, penanaman pohon bibit mangrove di Ekowisata Hutan Mangrove PIK yang dilakukan oleh PT Smart Multi Finance bersama LindungiHutan bisa memberikan banyak manfaat baik untuk lingkungan maupun masyarakat setempat.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Sedekah Pohon LindungiHutan