Connect with us

Mitra Hijau

Kayboard Hijaukan Semarang dengan Menanam 416 Mangrove

Published

on

Kayboard.id Hijaukan Pesisir Trimulyo, Semarang dengan Menanam 416 Pohon Mangrove (2).

Kayana Busy Board atau lebih banyak dikenal sebagai Kayboard adalah sebuah brand permainan anak dengan konsep Montessori-inspired yang diproduksi asli dari Indonesia. Busy board yang dikembangkan oleh Kayanan bermanfaat untuk mendukung perkembangan motoric anak-anak Indonesia.

Permainan ini akan membantu mengembangkan koordinasi mata dan tangan anak, menguatkan otot jari serta tangan sebagai persiapan menulis pada masa depan. Selain itu, anak-anak jadi berlatih menstimulasi indera hingga membantunya mengenal warna.

Nyatanya, mainan kayu bisa menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi kebutuhan anak. Sifatnya yang durable membuat mainan berbahan kayu lebih awet meskipun terbanting berkali-kali karena kokoh. Jika, ada kerusakan pun bisa diperbaiki dengan lem ataupun cat ulang.

Kemampuan kreativitas anak-anak juga diasah dengan permainan ini sebab rata-rata mainan kayu tidak memiliki aturan spesifik tentang cara menggunakan mainan tersebut. Walhasil, anak-anak bebas berimajinasi saat memainkannya.

Di samping itu, dari segi produksinya pun mainan kayu lebih ramah lingkungan. Kerap kali, mainan yang tidak terpakai atau rusak pada akhirnya akan masuk tempat sampah bukan? Nah, mainan berbahan plastik akan membutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk bisa terurai.

Sedangkan mainan berbahan kayu relatif lebih mudah terurai. Maka dari itu, dengan menggunakan mainan kayu seperti kaybord ini secara tidak langsung mereka sudah berkontribusi dalam upaya penyelamatan lingkungan. Apalagi, Kayaboard.id diproduksi menggunakan cat berbahan dasar air yang non-toxic serta telah berlisensi SNI, sehingga dijamin aman dan ramah untuk anak.

Baca juga: OHMYSKIN! Menanam 469 Mangrove Bersama LindungiHutan di Semarang

Bersama LindungiHutan, Kayboard Inisiasi Program #Play2Plant

Anggota kelompok TRIPARI menanam pohon mangrove hasil kerjasama dengan Kayboard.
Anggota kelompok TRIPARI menanam pohon mangrove hasil kerjasama dengan Kayboard di pesisir Trimulyo, Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kayana Busy Board hadir untuk membantu tumbuh kembang anak-anak Indonesia, tetapi bagi Kayboard.id anak-anak juga perlu tumbuh di dunia dengan lingkungan yang baik dan mendukung. Tanpa kepedulian pada lingkungan, anak-anak akan tumbuh dengan melihat dunia dengan alam yang perlahan-lahan runtuh.

Kekhawatiran akan kondisi lingkungan bagi anak-anak pada masa yang akan datang membuat Kayboard.id berkolaborasi dengan LindungiHutan. Brand permainan anak ini menginisiasi kampanye alam bertajuk “Kayboard.id #Play2Plant untuk Alam”, di mana setiap 5% keuntungan yang didapatkan oleh Kayboard.id dialokasikan untuk kampanye reboisasi hutan mangrove di berbagai daerah.

Baca juga: 1 Bundle = 1 Tree TISSO Ajak Kita Hijaukan Indonesia

Melalui kampanye alam tersebut, telah terkumpul 416 pohon Mangrove Rhizophora dan telah ditanam di Pesisir Trimulyo Kota Semarang pada 11 Oktober 2020. Proses penanaman dibantu oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tripari dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah 4 orang.

Aksi nyata tersebut merupakan wujud syukur Kayboard.id terhadap alam yang telah banyak memberikan manfaat dan dukungan baik berupa oksigen, hasil alam yang melimpah, dan semua hal baik yang berkaitan dengan proses produksi maupun tidak.

Langkah tersebut sudah sepatutnya kita apresiasi bersama. Rasa peduli dan memiliki akan alam memang seharusnya dipupuk sejak usia dini. Dengan demikian akan tercipta generasi yang cinta dan mau menjaga buminya dengan sepenuh hati.

Kayboard Menanam 400+ Pohon Mangrove di Pesisir Trimulyo, Genuk, Kota Semarang

Trimulyo adalah daerah hijau di kawasan pesisir yang terletak di Kecamatan Genuk, Kota Semarang yang rawak akan berbagai bencana alam. Bahkan, banjir rob menjadi semacam agenda rutin tahunan akibat adanya gelombang air laut yang tinggi dan juga hujan deras.

Pesisir Trimulyo pada awal tahun 2021 saja telah terendam banjir akibat hujan lebat yang berlangsung selama beberapa hari. Akar permasalahan tersebut ada pada dua hal yaitu, lokasi Trimulyo yang berada di jalur aliran sungai yang mengalir ke laut dan daratannya yang lebih rendah dari permukaan laut. Kombinasi keduanya mengakibatkan air menggenangi daerah pemukiman warga sekitar.

Bukan hanya itu saja, Pesisir Trimulyo juga mengalami penurunan tanah setinggi 10 cm setiap tahunnya. Ini terjadi karena adanya intrusi air laut serta pembangunan besar-besaran di daerah pesisir.

Maka dari itu, Kayboard.id bersama LindungiHutan mengambil langkah restorasi dengan melakukan penanaman 416 pohon mangrove. Perlu diketahui bahwasanya hutan mangrove memiliki banyak manfaat antara lain:

  • Mencegah intrusi air dan abrasi,
  • Penyerap emisi Karbon Dioksida,
  • Menjaga kualitas air,
  • Sumber pendapatan nelayan,
  • Habitat ikan,
  • Menjaga kualitas air lewat akar tunjang yang mampu menyerap polutan-polutan.

Baca juga: AXA Mandiri dan MAGI Menanam 100 Mangrove di Pulau Pari Kepulauan Seribu

Semoga kontribusi Kaybord.id untuk ikut ambil bagian dalam upaya pelestarian lingkungan dapat menjadi inspirasi bagi banyak pihak. Selain itu, harapannya pohon Mangrove Rhizophora yang ditanam di Pesisir Trimulyo, Semarang akan memberikan manfaat bagi lingkungan dan juga masyarakat setempat.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan