Powered by ProofFactor - Social Proof Notifications

10+ Perusahaan Sosial (Social Enterprise) dari Indonesia

Artikel kali ini akan membahas daftar perusahaan sosial yang ada di Indonesia. Mulai dari fokus isunya, pendirinya, hingga manfaat yang diberikan
Daftar social enterprise dari Indonesia

Saat ini, tren menjalankan usaha tak lagi melulu tentang memikirkan keuntungan pribadi. Sebab ada istilah social enterprise yang mungkin akan membuatmu tertarik untuk mengetahuinya. Memangnya, apa itu social enterprise?

Singkatnya, perusahaan sosial adalah ide bisnis yang menggabungkan antara konsep dasar berdagang mencari keuntungan dengan kewajiban membantu lingkungan sosial. Artinya, sebuah perusahaan atau badan usaha memanfaatkan hasil keuntungan sebesar-besarnya guna mendanai program sosial yang direncanakan.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas 12 perusahaan sosial dari Indonesia. Mulai dari awal mula perjalanannya hingga dampak yang dirasakan oleh masyarakat sekitar.  

Daftar social enterprise di Indonesia
Infografis daftar social enterprise di Indonesia. Oleh: Muhamad Iqbal/LindungiHutan

 1. LindungiHutan: Perusahaan Sosial dengan Concern Hutan

LindungiHutan lahir sebagai platform penggalangan dana yang fokus pada penanaman dan membantu petani menjual bibit mereka untuk ditanam di sekitar area pesisir dengan harapan dapat mengurangi rob dan abrasi.

Ide kemunculan social enterprise ini berasal dari obrolan bersama petani lokal di utara Kota Semarang yang hidup dalam kondisi memprihatinkan akibat rob yang telah terjadi bertahun-tahun. Tak hanya berhenti di penggalangan dana atau soal rob dan banjir, LindungiHutan juga mengumpulkan orang-orang untuk bersama-sama menanam pohon dan memberi edukasi kepada mereka tentang pentingnya isu lingkungan.

Dengan mengangkat tagline “Bersama Menghijaukan Indonesia”, harapannya aksi penghijauan Indonesia makin meluas sehingga dapat memperbaiki kondisi hutan di seluruh Indonesia. Oleh sebab itu, melalui website LindungiHutan.com, kamu bisa berkontribusi, baik dengan cara berdonasi online pada kampanye yang tercantum di website, mengikuti kampanye di daerahmu, atau bahkan memulai kampanye alam milikmu sendiri.

Baca juga: Perjuangan Pak Ujang Jaga Kelestarian Hutan Mangrove di Jakarta

2. Mapan: Berkomitmen Meningkatkan Akses, Derajat, dan Pendapat Masyarakat

PT Rekan Usaha Mikro Anda (RUMA) atau biasa disebut Mapan adalah perusahaan sosial yang berbasis komunitas digital dengan misi meningkatkan akses, derajat, dan pendapatan masyarakat Indonesia. Mapan didirikan pada tahun 2009, lalu mengawali perjalanannya dengan menjadi salah satu pionir agen layanan pulsa dan PPOB (payment point online bank) yang beroperasi di pulau Jawa dan Bali.

Pada tahun 2015, berawal dari ide sederhana dan niat tulus membantu keluarga di Indonesia, Mapan sukses meluncurkan Mapan Arisan sebagai terobosan baru guna memenuhi kebutuhan produk dasar rumah tangga lewat aplikasi digital. Alhasil, komunitas berhasil berkembang pesat. Jumlah anggota yang tadinya hanya sekitar 1.000 orang bertambah menjadi 3 juta anggota yang tergabung saat ini.

layanan lain yang dimiliki oleh social enterprise ini yaitu Mapan Pulsa, Mapan Mart, dan Mapan Arisan. Bagi kamu yang ingin menikmati produk maupun layanan Mapan dapat mengunduh aplikasinya di Google Playstore.

 Kini, total karyawan yang dimiliki Mapan berjumlah sekitar 1.500 orang dengan jumlah kantor cabang lebih dari 100 tersebar di Jawa dan Bali.

3. GandengTangan: Jembatan antara Pemberi Modal dengan yang Membutuhkan Modal