Connect with us

Penggerak

10+ Website Sedekah Online dan Donasi Terpercaya

Published

on

Daftar website sedekah online di Indonesia

Seiring dengan perkembangan teknologi, kita mendapatkan banyak kemudahan dalam melakukan berbagai hal. Apalagi dengan keberadaan gadget yang makin marak, membuat banyak hal tersebut dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun, termasuk di dalamnya ketika melakukan sedekah online.

Saat ini, aktivitas sedekah bisa kita lakukan lewat smartphone. Cara ini dianggap jauh lebih praktis dan tidak memakan banyak waktu serta tenaga. Dengan demikian, diharapkan akan makin banyak kebaikan-kebaikan yang tersalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

Meningkatnya tren sedekah online, tentu diiringi pula dengan kemunculan situs atau aplikasi yang memfasilitasinya. Maka dari itu, kita perlu memastikan terlebih dahulu kredibilitas situs tempat kita melakukan donasi online. Jangan sampai niat baik justru berujung pada tindak kejahatan.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas 12 website sedekah online dan donasi terpercaya di Indonesia. Berikut ulasannya!

Infografis website sedekah online
website atau paltform sedekah online akan lebih memudahkan kita dalam berdonasi maupun sedekah. Oleh: Muhamad Iqbal/LindungiHutan

1. LindungiHutan: Website Donasi Online, Penggalangan Dana, serta Konservasi Lingkungan dan Hutan

LindungiHutan adalah website donasi online, penggalangan dana, serta kerja sama untuk konservasi hutan dan lingkungan.  LindungiHutan memiliki berbagai macam kegiatan seperti campaign penghijauan, penggalangan dana, penanaman pohon, pemantauan hutan, edukasi dan sosialisasi, pemberdayaan petani, jelajahi hutan, komunitas relawan, dan kolaborasi bersama stakeholder.

Melalui website LindungiHutan, kamu bisa ikut berdonasi online pada campaign yang tersedia, bergabung ke dalam campaign yang ada di kotamu, atau bahkan membuat campaign alam milikmu sendiri.

Mengusung tagline “Bersama Menghijaukan Indonesia”, harapannya, kebaikan para donator dan partisipasi masyarakat dapat memberikan dampak yang lebih baik terhadap kelestarian alam. Untuk kamu yang ingin berdonasi, membuat campaign alam, ataupun berkolaborasi, langsung saja kunjungi LindungiHutan.com.

Baca juga: 10+ Channel YouTube Edukatif yang Wajib Kamu Subscribe

2. SedekahOnline.com: Melayani Penyaluran Dana Sedekah, Zakat, dan Wakaf

Website donasi online berikutnya adalah SedekahOnline.com. Platform ini hadir memberikan solusi kemudahan bersedekah, galang dana, dan donasi bagi umat muslim. SedekahOnline.com melayani peyaluran dana sedekah, zakat, dan wakaf atas suatu program Pendidikan dan Dakwah, Sosial dan Kemanusiaan, serta Pengembangan Masyarakat.

SedekahOnline.com sendiri dikelola oleh Yayasan Daarul Qur’an Nusantara berdasarkan tanda daftar Dinas Sosial Kota Tangerang tentang Santunan Biaya Pendidikan. Layanan yang diberikan yaitu penggalangan dana dalam jaringan (online crowdfunding) kepada pengguna baik melalui web maupun aplikasi mobile. Untuk kamu yang ingin ikut bersedekah, caranya juga cukup simpel. Sistem sedekah online ini menyediakan berbagai pilihan pembayaran, seperti ATM transfer dan juga tunai melalui bank teller. Ke depannya kamu bisa menggunakan fasilitas kartu kredit, Doku Wallet, mobile banking, hingga sedekah via Paytren.

3. Kitabisa.com: Setiap Bulan Memfasilitasi Lebih Dari 1,5 Juta Transaksi

Kitabisa.com adalah platform untuk menggalang dana dan berdonasi secara online atau istilah lainnya disebut sebagai crowdfunding. Website donasi ini berdiri sejak 2013 dan telah menjadi jembatan kebaikan serta wadah gotong royong masyarakat.

Kitabisa.com berawal dari inisiasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Alfatih Timur. Bersama dengan teman-temannya, situs ini mulai dapat diakses secara online pada tahun 2014 dengan domain awal kitabisa.id. Seiring dengan perkembangannya, kitabisa.com berhasil meluncurkan aplikasi pada tahun 2017.

Setiap bulannya, Kitabisa.com memfasilitasi lebih dari 1,5 juta transaksi donasi kebaikan, 4.000 galang dana sosial, ratusan yayasan dan lembaga sosial di 34 provinsi, serta ratusan pasien yang membutuhkan lebih dari 150 rumah sakit di seluruh Indonesia. Hingga saat ini KitaBisa.com telah menjadi wadah kebaikan untuk lebih dari 6 juta #OrangBaik berdonasi, 100.000 galang dana, 3.000 yayasan/NGO/Lembaga Sosial, dan 250 program CSR/Brand/Perusahaan.

4. WeCare.id: Website Donasi yang Fokus pada Dunia Kesehatan

Website donasi selanjutnya mempunyai fokus pada dunia kesehatan. WeCare.id adalah sebuah wadah penggalangan dana dengan sistem crowdfunding yang fokus kepada warga Indonesia kurang mampu serta dalam keadaan sakit agar mendapatkan pelayanan kesehatan optimal.  

Mengingat, semua orang memiliki hak atas pelayanan kesehatan agar dapat berperan sebagai individu yang prima dan produktif. Kenyataannya, tidak semua orang lantas mendapatkan akses kesehatan. Ada berbagai faktor penyebabnya, mulai dari kendala finansial hingga lokasi wilayah tempat tinggal yang sulit dijangkau.

Maka dari itu, WeCare.id hadir untuk menghubungkan para calon donatur dan para pasien serta masyarakat yang membutuhkan sehingga bisa memperoleh pengobatan dan fasilitas pendukung lainnya.

Oh iya, jika kamu ingin menjadi fundraiser caranya gampang kok. Kamu hanya perlu mengunjungi website wecare.id, lalu registrasi atau login, kemudian pilih pasien atau campaign yang hendak dibantu, setelah itu klik tombol “Menjadi Fundraiser”, isi data campaign sesuai preferensi, dan volia!!! Kamu tinggal menunggu proses verifikasi.

5. Dompet Dhuafa: Sedekah Online jadi Lebih Mudah dan Praktis

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi kemanusiaan yang bergerak guna memberdayakan umat dan kemanusiaan melalui pengelolaan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf), serta dana sosial lainnya.

Adapun layanan yang disediakan oleh Dompet Dhuafa yaitu, donasi, zakat, sedekah, wakaf, dan juga kurban. Terhitung sudah ada 28.504.531 jiwa penerima manfaat sejak tahun 1993 hingga 2021.

Melalui Dompet Dhuafa kita bisa dengan mudah melakukan sedekah online dan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Mudah dalam artian melakukan berdonasi, bertransaksi, dan aksesibilitas keuangan inklusi. Hingga saat ini, Dompet Dhuafa telah hadir di 6 kantor layanan, 31 cabang dalam negeri, dan 5 cabang luar negeri.

6. AyoBantu.com:

AyoBantu.com berdiri di Semarang dan dikelola oleh PT Ayo Bantu Indonesia bersama dengan Yayasan Ayo Bantu Peduli Indonesia. AyoBantu.com menyediakan layanan penggalangan dana secara online (online social crowdfunding) setelah mendapatkan izin Penyelenggaraan Pengumpulan Uang dan Barang dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Website donasi ini menyediakan berbagai kategori bantuan. Kamu bisa memberikan donasi kepada mereka yang mengalami musibah bencana, kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan juga keperluan sosial.

Dengan mengusung slogan #AyoBantuSesama yang Membutuhkan, AyoBantu.com menawarkan kelebihan yaitu praktis, tepat sasaran, dan transparan. Terhitung sudah ada 21.362 #TemanPeduli yang berdonasi dan Rp2.512.137.245 dana terkumpul.

7. Pedulisehat.id: Hadir Membantu Pasien yang Butuh Biaya Perawatan

Situs donasi berikutnya adalah PeduliSehat.id. Platform satu ini memberikan layanan penggalangan dana kesehatan melalui media sosial.  Hadir memberikan bantuan kepada pasien yang menderita penyakit kronis dan tidak memiliki cukup dana untuk melakukan perawatan ataupun pengobatan.

Dengan Pedulisehat.id kamu bisa melakukan donasi, zakat, dan juga ikut teribat dalam program gotong royong. Oh iya, Pedulisehat.id juga berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS guna memudahkan masyarakat menunaikan zakat dan membantu mustahik yang membutuhkan terutama mengenai kesehatan.

8. BAZNAS: Melayani Sedekah Online, Kurban Online, Infak, dsb

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) adalah badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah dengan tugas dan fungsi menghimpun, menyalurkan zakat, infaq, serta sedekah (ZIS) pada tingkat nasional.

Lebih lanjut, BAZNAS menyediakan berbagai macam layanan mulai dari Kurban Online Baznas, Kalkulator Zakat, Rekening Zakat, Infak, Sedekah, Fidyah, hingga Tausiyah Ramadhan. Bahkan untuk pembayaran zakat tidak hanya melayani zakat fitrah saja, tetapi zakat maal pun tersedia.

Bagi kamu yang ingin ikut menunaikan zakat, infak, atau sedekah, BAZNAS menyediakan berbagai kanal pembayaran baik melalui perbankan, layanan langsung, maupun layanan digital. Bagaimana? Praktis bukan!

9. Rumah Zakat: Situs Sedekah Online yang Berdiri Sejak 1998

Berdiri sejak 1998, Rumah Zakat adalah salah satu situs sedekah online yang mengelola zakat, infak, sedekah, wakaf, serta dana sosial lainnya melalui program pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan juga lingkungan.

Saat ini, Rumah Zakat menyediakan berbagai layanan seperti donasi online, kalkulator zakat, berdonasi melalui pembayaran QR Code, dan juga transfer ke rekening donasi Rumah Zakat Indonesia. Kamu bisa mencoba layanan tersebut dengan membuka website rumahzakat.org atau datang ke kantor layanan yang tersebar di berbagai kota.

Hingga saat ini, Rumah Zakat telah memberikan kebahagiaan kepada 35,5 juta penerima manfaat. Total telah ada 500.000 donatur pada tahun 2019 yang ikut memberikan kebaikan kepada mereka yang membutuhkan. Selain itu, Rumah Zakat sudah memiliki 1.684 desa berdaya di Indonesia.

10. Benihbaik.com: Telah Bekerja Sama dengan lebih 40 Perusahaan

Website donasi Benihbaik.com didirikan oleh Andy Flores Noya, Khristiana Anggit Mustikaningrum, dan juga Firdaus Juni. Pengelolaannya berada di bawah badan hukum Yayasan Benih Baik Indonesia atau YBBI.

YBBI hadir sebagai bentuk kepedulian terhadap isu sosial, kemanusiaan, kebudayaan, keagamaan, dan kesejahteraan sosial lainnya yang kesulitan memperoleh dukungan pendanaan guna memenuhi kebutuhan dasar, pengembangan diri, maupun potensi ekonomi atau operasional yang belum terakomodir oleh pemerintah baik secara keseluruhan maupun sebagian kebutuhan tersebut dalam waktu singkat.

 Sederhananya, Benihbaik.com menyediakan sistem elektronik yang mampu mempertemukan donatur dengan penerima manfaat dan juga memfasilitasi fundraiser untuk menghimpun dana masyarakat secara luas melalui situs dan aplikasi.

Saat ini, Benihbaik.com telah bekerja sama dengan lebih dari 40 perusahaan dan menyalurkan lebih dari 40 miliar rupiah donasi.

Baca juga: 10+ Perusahaan Sosial (Social Enterprise) dari Indonesia

11. Aksi Cepat Tanggap: Situs Donasi dengan Lingkup Global

Nama Aksi Cepat Tanggap atau ACT mungkin tak asing lagi terdengar di telinga kita. Kehadirannya sangat responsif merespon berbagai aksi kemanusiaan. ACT resmi diluncurkan secara hukum sebagai yayasan pada tanggal 21 April 2005. ACT mempunyai berbagai aktivitas mulai dari kegiatan tanggap darurat, program pemulihan pascabencana, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, serta program berbasis spiritual seperti Qurban, Zakat, dan Wakaf.

Bahkah, pada tahun 2012, ACT bertransformasi menjadi sebuah lembaga kemanusiaan global, dengan jangkauan aktivitas yang lebih luas tentunya. Jangkauan aktivitas program ACT telah mencapai 30 provinsi dan 100 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Untuk skala global, baik dalam bentuk representative person atau kantor ACT terhitung telah ada di sebanyak 22 negara di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, Indocina, Timur Tengah, Afrika, dan Eropa Timur.

ACT menyediakan beragam cara berdonasi. Donasi bisa dilakukan melalui website act.id/donasi, transfer langsung ke rekening atas nama yayasan Aksi Cepat Tanggap, ataupun lewat mitra yang memiliki kerja sama dengan ACT seperti Tokopedia. Terhitung telah ada 46.979.646 penerima manfaat, 467.056 donatur, dan 357.747 relawan.

12. Peduly.com: Menyalurkan Bantuan Donasi Baik Uang atau Barang

Bersama dengan Peduly kita dapat membantu orang-orang yang membutuhkan melalui donasi dan penggalangan dana. Kamu bisa menyalurkan bantuan donasi dalam bentuk uang maupun barang. Caranya cukup mudah dan praktis, kamu hanya perlu membuat akun untuk berdonasi. Dengan akun tersebut semua fitur Peduly seperti menggalang dana dan berdonasi bisa diakses.

Selain itu, dengan akun Peduly kamu juga bisa melihat riwayat maupun status donasi secara online serta menggunakan fasilitas dompet untuk mengisi saldo dan melakukan donasi berkali-kali hingga saldo habis tanpa harus transfer bank setiap harinya

Itulah 12 website sedekah online dan donasi terpercaya di Indonesia. Mulai sekarang, kita bisa dengan mudah ikut berbagi kebaikan dan memberikan manfaat kepada mereka yang membutuhkan. Karena, bukan tentang berapa banyak yang kamu berikan tetapi rasa kepedulian yang telah kamu tunjukan. Yuk mulai berdonasi!

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Nur

    05/10/2022 at 14:51

    wah saya baru tau nih, terimakasih informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan