Connect with us

Mitra Hijau

Stoneroot Essentials Menanam 200 Mangrove di Kampung Laut, Cilacap

Published

on

Stoneroot Essentials dan LindungiHutan menanam 200 mangrove di Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah.

Stoneroot Essential adalah sebuah toko online produk perawatan tubuh dan menggunakan bahan alam berkualitas terbaik. Produk ini berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan tubuh. Stoneroot Essentials melalui produknya, ingin mengajak konsumen untuk ikut serta dalam mengatasi masalah lingkungan ini, hal ini bertujuan untuk menciptakan harmoni antara manusia dan alam.

Komitmen tersebut Stoneroot Essential wujudkan dalam produknya yang bebas dari sulfat. Menggunakan sabun batangan buatan tangan dapat membuat kulit menjadi lembab setiap saat. Sabun tersebut juga secara alami mengandung banyak gliserin. Gliserin bermanfaat untuk melembutkan kulit dengan menarik kelembaban dari udara ke kulit. Beberapa sabun komersial malah menghilangkan keberadaan gliserin. Menggunakan sabun batangan buatan tangan akan membuat kulit lembut yang bisa didapatkan hanya dengan mandi.

Bukan hanya itu, sabun buatan Stoneroot Essential terbuat dari minyak nabati berkualitas tinggi (tidak menggunakan minyak sawit) yang tentunya bermanfaat untuk kulit. Sabun alami juga mengandung gliserin yang bersifat humektan atau menarik kelembaban udara ke kulit.

Dalam proses pengemasannya, Stoneroot berupaya untuk meminimalisir penggunaan sampah sesedikit mungkin dengan menggunakan kertas sebagai pembungkus.

Stoneroot Essentials Bekerjasama dengan LindungiHutan Jalankan Program “Lets Keep the Earth Clean & Green”

Kepedulian Stoneroot Essentials dalam menjaga bumi, ditunjukkan pada kampanye alam. “Let’s Keep the Earth Clean & Green” bersama LindungiHutan. Kampanye ini meliputi penggalangan donasi untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon di Kampung Laut Cilacap agar dapat meminimalkan dampak dari bencana abrasi.

Stoneroot Essentials berkomitmen memberikan donasi sebesar Rp10.000,00 atau 1 bibit pohon dari setiap hasil penjualan 2 produk sabun atau sampo.

Hasilnya, melalui inisiasi kampanye alam tersebut Stoneroot Essential berhasil mengumpulkan 200 pohon Mangrove Rhizophora dan telah ditanam di Kampung Laut, Cilacap pada tanggal 27 Desember 2020. Proses penanaman pohon berlangsung lancar dengan dibantu oleh Wana Krida Lestari dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah 5 orang.

Baca juga: Obermain Indonesia Menanam 2.000 Mangrove di Kota Semarang, Jawa Tengah

Tentunya, partisipasi Stoneroot Essential untuk ikut bersama-sama menghijaukan Indonesia patut kita apresiasi bersama. Ketika masyarakat mulai sadar serta menaruh perhatiannya mengenai dampak dari produk-produk yang dipakai sehari-hari terhadap lingkungan.  Hal tersebut merupakan pertanda baik yang bisa membangkitkan optimisme kita, bahwa untuk menerapkan pola hidup yang ramah lingkungan bukan sebuah langkah yang mustahil.

Kondisi Ekologi Pesisir Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah dan Manfaat Hutan Mangrove

Mitra petani LindungiHutan sedang menanam bibit mangrove di Cilacap, Jawa Tengah.
Proses penanaman bibit pohon mangrove Rhizophora sp. di kawasan hutan mangrove Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah oleh mitra petani LindungiHutan (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kampung Laut yang terletak di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah adalah gugusan pulau-pulau kecil di Sagara Anakan yang membentuk beberapa desa. Di Kampung Laut terdapat Kawasan Wisata Arboretum Mangrove “Kolak Sekancli” yang menyimpan berbagai koleksi tanaman mangrove.

Total, di Kolak Sekancil terdapat 50 jenis pohon mangrove atau bakau yang teridentifikasi. Sementara itu, sudah ada lebih dari 1,2 juta pohon ditanam dalam kurun waktu 10 tahun terakhir di Kolaka Sekancil. Jumlah tersebut membuat Kolak Sekancil menjadi kawasan mangrove terlengkap se-Indonesia.

Selain itu, kawasan wisata ini juga menjadi rumah bagi 64 jenis burung, 8 jenis mamalia, dan 3 jenis reptile. Selain itu, terdapat pula 2 spesies flora dan 12 fauna dengan status konservasi tinggi.

Sayangnya belakangan ini, tanaman mangrove yang ada di wilayah Kampung Laut mulai rusak. Pantainya banyak terkikis gelombang dan populasi biota lautnya berkurang. Hal tersebut membuat penduduk sekitar merugi karena pendapatan mereka menjadi berkurang. Apalagi, ditambah adanya ancaman banjir air laut.

Berkaca pada kondisi lingkungan di Kampung Laut, Cilacap, Stoneroot Essential bersama LindungiHutan mengambil langkah restorasi dengan menanam 200 Pohon Mangrove Rhizophora. Mengapa memilih Mangrove Rhizophora?  Nyatanya, keberadaan hutan mangrove memiliki banyak manfaat antara lain:

  • Mencegah abrasi dan erosi tanah,
  • Menyediakan nutrisi bagi makhluk hidup,
  • Menjernihkan air dan menjaga salinitas garam,
  • Menyediakan berbagai kebutuhan obat tradisional,
  • Menjaga garis pantai agar tetap stabil. Melindungi pantai dan sungai daerah erosi dan abrasi,
  • Menahan angin kencang dari laut,
  • Menahan proses penimbunan lumpur,
  • Menjaga wilayah penyangga dan menyaring air laut menjadi air tawar di daratan,
  • Mengolah limbah beracun, menghasilkan oksigen, dan menyerap karbon dioksida,
  • Tempat memijah dan berkembang biak ikan, kerang, kepiting, serta udang,
  • Tempat berlindung, bersarang, dan berkembang biak burung atau satwa lain,
  • Sumber plasma nutfah dan sumber genetik. Habitat alami bagi berbagai jenis biota.

Baca juga: Zazz Indonesia Tanam 531 Pohon Mangrove di Semarang

Semoga penanaman pohon mangrove yang dilakukan oleh Stoneroot Essential bersama LindungiHutan di kawasan hutan mangrove Kampung Laut, Cilacap bisa memberikan manfaat. Baik untuk lingkungan dan bumi kita maupun masyarakat setempat.

Mari Berkolaborasi untuk Menjalankan Program Penghijauan

LindungiHutan merupakan startup yang mempermudah individu, kelompok, komunitas, brand dan perusahaan untuk menjalankan program penghijauan dan penanaman pohon. Kami menjalin kemitraan dengan 30+ petani bibit dan masyarakat lokal di seluruh Indonesia.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan