Connect with us

Mitra Hijau

Penanaman 300 Pohon Mangrove The Body Shop Indonesia di PIK Jakarta Utara

Published

on

Penanaman 300 mangrove oleh The Body Shop.

The Body Shop adalah produsen produk kecantikan yang telah melebarkan sayapnya ke dunia maya. Brand asal Inggris ini percaya bahwa kecantikan sejati berasal dari hati karena kecantikan lebih dari sekadar wajah yang cantik.

Brand The Body Shop menghadirkan berbagai macam produk perawatan tubuh, wajah, rambut, perlengkapan mandi, hingga pengharum tubuh dan ruangan. Bukan hanya itu, semua produk tersebut dilandaskan kepada prinsip berkelanjutan dan bertanggung jawab secara lingkungan.

Berbicara soal tanggung jawab terhadap lingkungan, The Body Shop juga berkomitmen atas upaya menekan pencemaran sampah lewat program isi ulang.

Saat ini, The Body Shop tengah mengembangkan refill station di 500 store yang ada di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, program tersebut telah berjalan sejak tahun 1992 dan hadir di 12 store yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Melalui store tersebut, pengguna bisa mengisi ulang beberapa produk dengan membawa kemasan botol alumunium yang ada.

Program isi ulang tersebut diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk jangan langsung membuang sebuah kemasan, tetapi sebisa mungkin dimanfaatkan kembali.

Bukan hanya soal sampah, The Body Shop bekerja sama dengan para pelanggan dan Cruelty Free International, mengadakan kampanye Forever Against Animal Testing. Aksi tersebut sebagai upaya untuk membantu menghentikan penguhian kosmetik pada hewan, sehingga tidak ada satu hewan pun yang menderita atas nama kecantikan.

Sebab, menurut Cruelty Free International, lebih dari 500.000 hewan digunakan pada penguhian di seluruh dunia setiap tahunnya. Padahal, telah tersedia pengujian alternative yang tidak menggunakan hewan maupun pengguna.

Maka dari itu, The Body Shop dan Cruelty Free International membawa 8,3 juta suara dari seluruh dunia ke kantor pusat Persatuan Bangsa-Bangsa untuk menyerukan penghentian pengujian kosmetik pada hewan.

Baca juga: Exacoat x LindungiHutan Menanam 3.500 Mangrove di Semarang, Jawa Tengah

The Body Shop Indonesia Menanam 300 Mangrove di Ekowisata Mangrove PIK Jakarta Utara

Video Dokumentasi Program Penanaman Pohon The Body Shop Indonesia dan LindungiHutan di Jakarta.

Komitmen The Body Shop atas produksi yang bertanggung jawab, menjunjung prinsip berkelanjutan, serta ramah lingkungan nyatanya benar-benar diwujudkan dalam aksi nyata.

The Body Shop Indonesia menggandeng LindungiHutan menginisiasi kampanye alam bertajuk “Penanaman 300 Pohon Mangrove The Body Shop Indonesia”. Melalui kampanye alam tersebut sukses tertanam 300 Mangrove Rhizophora di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara pada 28 Oktober 2022. Penanaman pohon berjalan dengan lancar dan dibantu oleh Kelompok Tani Hutan Flora Mangrove.

The Body Shop percaya bahwa sesuatu yang baik berasal dari niat yang baik pula. Sebab, untuk menjadi pribadi yang lebih baik hanya ada satu cara sederhana, yaitu berbuat kebaikan, “small act can be a big impact for others”.

Baca juga: SNEAKON Bantu Upaya Penghijauan dengan Menanam 700+ Mangrove di Semarang

Peran Ekowisata Mangrove PIK untuk Keberlanjutan Hutan di Kota Jakarta

Kendati terkenal dengan komplek perumahan elit di Jakarta Utara. Kawasan ekowisata mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) merupakan salah satu ekosistem di Teluk Jakarta yang mengalami tekanan lingkungan. Tekanan tersebut salah satunya diakibatkan oleh penumpukan penduduk.

Menariknya, sebuah kawasan ekowisata hutan mangrove eksis di tengah-tengah perubahan lahan Jakarta Utara, yaitu Ekowisata Mangrove PIK Jakarta Utara. Selain menjadi sarana rekreasi, keberadaan mangrove tersebut juga berperan besar dalam upaya pencegahan abrasi pantai, penyeimbang kualitas air dan udara, serta mencegah intrusi air laut.

Tak hanya dari segi ekologi, secara ekonomi, mangrove memberikan kontribusi langsung terhadap pendapatan masyarakat seperti penyerapan tenaga kerja serta tambak hewan laut di daerah pesisir.

Sayangnya, tidak mudah menghadapi tantangan peralihan area mangrove. Kini, tak sedikit mangrove berubah menjadi tempat permukiman, kondominium, pusat bisnis, rekreasi, dan lain sebagainya.

Padahal, peralihan fungsi mangrove menyebabkan meningkatnya sedimen, meningkatnya abrasi, dan menurunnya kualitas tanah di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara. Akibatnya, cepat atau lambat akan terjadi penurunan jasa ekosistem yang tersedia.

Maka dari itu, The Body Shop Indonesia berkolaborasi dengan LindungiHutan melakukan penanaman 300 Mangrove Rhizophora di PIK Jakarta Utara sebagai langkah restorasi lingkungan.

Baca juga: Hogan Lovells DNFP Tanam 325 Pohon di Jakarta

Manfaat Hutan Mangrove untuk Lingkungan dan Masyarakat Jakarta

The Body Shop Indonesia menanam mangrove
Manajemen The Body Shop Indonesia ikut serta menanam bibit mangrove di ekowisata hutan mangrove PIK, Jakarta (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Sebelumnya, kita sempat membahas betapa pentingnya ekosistem mangrove. Tak bisa kita mungkiri, keberadaan hutan mangrove memang menyimpan banyak manfaat, bukan hanya sekadar mencegah abrasi.

Beberapa manfaat hutan mangrove lainnya antara lain sebagai berikut:

  • Hutan mangrove merupakan habitat untuk ikan,
  • Mencegah intrusi air dan abrasi,
  • Hutan bakau penyerap emisi karbondioksida,
  • Manfaat hutan mangrove untuk menjaga kualitas air,
  • Sumber pendapatan nelayan,
  • Hutan mangrove menyediakan bahan makanan,
  • Sumber pakan ternak,
  • Hutan mangrove bermanfaat untuk habitat tanaman obat,
  • Kawasan mangrove juga menarik untuk wisata dan pendidikan.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh Annual Report LindungiHutan