Connect with us

Mitra Hijau

PT Mitra Adiperkasa Tbk & Grup Tanam 900 Mangrove di Pantai Indah Kapuk

Published

on

PT Mitra Adiperkasa Tbk

PT Mitra Adiperkasa Tbk dan PT MAP Aktif Adiperkasa telah berkolaborasi bersama LindungiHutan dalam upaya pelestarian lingkungan bersama LindungiHutan.

PT Mitra Adiperkasa Tbk sebuah perusahaan yang bergerak di bidang peritel gaya hidup terkemuka di Indonesia. Sementara itu, PT MAP Aktif Adiperkasa merupakan anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk yang berfokus pada produk olahraga dengan merk yang dikelola perusahaan seperti Reebok, Converse, New Balance, Skechers, gerai produk olahraga seperti Sports Station, The Athlete’s Foot, hingga produk mainan seperti Kidz Station, Lego, dan Bandai. 

Bermula pada saat PT Mitra Adiperkasa merintis toko pertama di Indonesia pada tahun 1995 di bawah merek Sport Station dan Golf House yang kemudian tahun 2015 bisnis produk olahraga dialihkan ke PT MAP Aktif Adiperkasa. Pada tahun 2021, perseroan mengoperasikan bisnisnya di 1.974 titik penjualan yang tersebar di Indonesia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Sebagai salah satu perusahaan besar di Indonesia, PT Mitra Aktif Adiperkasa turut aktif dalam melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility. Melalui kegiatan ini perusahaan dapat berkontribusi untuk sosial dan lingkungan sekitarnya.

PT Mitra Adiperkasa Tbk Gandeng LindungiHutan Dalam Program CSR Lingkungan di PIK

upaya penghijauan PT Mitra Adiperkasa Tbk
Kegiatan penanaman mangrove PT Mitra Adiperkasa & Grup di Pantai Indah Kapuk. (Dokumentasi: LindungiHutan).

Komitmen perusahaan untuk untuk membantu masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan diwujudkan kembali dengan berkolaborasinya bersama LindungiHutan. Kerja sama ini merupakan kali kedua perusahaan bersama LindungiHutan yang sebelumnya telah melakukan kegiatan CSR di Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara pada tahun 2022. 

Bersama LindungiHutan, PT Aktif Adiperkasa menginisiasi kampanye alam bertajuk “Planting A Better Future” sebagai bentuk nyata dalam melaksanakan program CSR yang berdampak dan berkelanjutan. 

Sebanyak 900 pohon mangrove berhasil ditanam di Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk pada 24 November 2023. Penanaman ini turut dihadiri oleh rekan-rekan PT Mitra Adiperkasa Tbk & Grup dengan melibatkan tim LindungiHutan dan Kelompok Tani Hutan Flora Mangrove yang diwakili oleh Ujang Kustiawan.

Berar harapan melalui penanaman ini dapat memperbaiki ekosistem mangrove di wilayah PIK sehingga mencegah dari kerusakan lingkungan. Lebih dari itu, penanaman ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Selain itu, dapat menginspirasi pihak lain untuk turut melestarikan lingkungan melalui aksi penanaman pohon bersama LindungiHutan.

Baca juga: Sadar Isu Lingkungan, XR Indonesia Tanam 200 Mangrove di Tangerang

PT Mitra Adiperkasa Melakukan Aksi Penghijauan di Wilayah Ekowisata Mangrove PIK

PT Mitra Adiperkasa Tbk tanam mangrove
Upaya penghijauan yang dilakukan oleh PT Mitra Adiperkasa Tbk di Pantai Indah Kapuk. (Dokumentasi: LindungiHutan).

Ekowisata Mangrove di Pantai Indah Kapuk terletak di sebelah utara Kota Jakarta. Awalnya lokasi ini merupakan rawa-rawa yang dihuni oleh satwa liar. Seiring berjalannya waktu kawasan tersebut dijadikan sebagai tempat pemukiman masyarakat sehingga kawasan tersebut mengalami kerusakan. 

Banyaknya alih fungsi lahan dan pembangunan, kini pesisir PIK rentan mengalami abrasi dan banjir lantaran luasan mangrove tersisa kurang mampu menahan gelombang air laut yang menyapu daratan. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menjaga ekosistem mangrove di PIK dengan cara melakukan upaya penanaman mangrove seperti yang dilakukan oleh PT Mitra Adiperkasa Tbk & Grup.

Pohon mangrove dinilai mampu memberikan manfaat seperti mencegah abrasi dan banjir rob, menyerap karbon dioksida, menjaga kestabilan iklim mikro, menyediakan habitat bagi makhluk hidup, hingga sebagai sarana pariwisata yang menunjang perekonomian warga sekitar.

Penanaman mangrove yang telah dilakukan oleh PT MAP Aktif Adiperkasa juga mendukung program berkelanjutan dengan 

  • Mencegah degradasi lahan akibat abrasi (SDG’s 15)
  • Mengurangi dampak banjir di pemukiman warga (SDG’s 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau (SDG’s 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon (SDG’s 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar (SDG’s 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar (SDG’s 8).

Baca juga: Kampanye #SatuNAFAS FIFGROUP Tanam 2.326 Mangrove di Pulau Pari

Gabung Bersama LindungiHutan Jalankan Program CSR Perusahaan yang Berdampak dan Berkelanjutan

Ikuti langkah PT Mitra Adiperkasa Tbk & Grup dalam melaksanakan program CSR bersama LindungiHutan. Bersama LindungiHutan pelaksanaan CSR perusahaan Anda akan berdampak dan berkelanjutan. LindungiHutan telah membantu lebih dari 506 brand dan perusahaan dalam menjalankan aksi pelestarian alam di 47+ lokasi mitra penghijauan. 

Selain itu, LindungiHutan juga telah bermitra dengan 118 penggerak yang tersebar di Indonesia untuk memastikan program yang telah dijalankan dapat berkelanjutan. Tertarik untuk kerja sama bersama LindungiHutan, Isi form di bawah ini atau kunjungi platform LindungiHutan.

Baca juga: Logos Property Tanam 485 Bibit Mangrove di Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Survey LindungiHutan