Connect with us

Mitra Hijau

Atasi Masalah Lingkungan, PT Behn Meyer Tanam 1.000 Mangrove di Surabaya

Published

on

Aksi-berkelanjutan-PT-Behn-Meyer

Behn Meyer adalah perusahaan Jerman yang didirikan di Singapura pada tahun 1840. Hingga saat ini, perusahaan telah berkembang menjadi salah satu pemasok khusus terkemuka di Asia Pasifik dalam sektor pertanian dan kimia. Perusahaan menghadirkan beberapa produk yang digunakan untuk perawatan pertanian, bahan makanan, bahan kimia untuk industri, dan polimer.

Memiliki lebih dari 1.300 karyawan, Behn Meyer menjadi perusahaan yang berjejaring luas di seluruh dunia. Melalui kemitraan dan kolaborasi Behn Meyer berkomitmen membantu untuk mengatasi tantangan dunia yang terus berubah.

Sebagai perusahaan yang peduli lingkungan, Behn Meyer berdedikasi untuk menjadi perusahaan yang lebih berkelanjutan. Perusahaan berkomitmen untuk meminimalkan dampak lingkungan melalui kegiatan yang senantiasa memperhatikan aspek kelestarian alam.

Baca juga: PT Mitra Adiperkasa Tbk & Grup Tanam 900 Mangrove di Pantai Indah Kapuk

Seribu Mangrove dari Behn Meyer untuk Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya

Di tengah kekhawatiran akan kerusakan lingkungan yang kian parah, PT Behn Meyer menginisiasi kampanye penghijauan bersama LindungiHutan yang bertajuk “Behn Meyer Indonesia Group of Companies: Creating Hope Through Action”. 

Melalui kampanye tersebut, perusahaan berhasil menanam 1.000 bibit mangrove di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya pada 9 Desember 2023. Acara penanaman ini dilakukan bekerja sama dengan tim LindungiHutan dan mitra penanggung jawab lokasi penanaman yakni Nurul Fatmawati.

PT-Behn-Meyer-menanam-mangrove
Serah terima bibit mangrove bersama Behn Meyer. (Dokumentasi: LindungiHutan)

Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih luas dan berkelanjutan dalam upaya perlindungan ekosistem di area tersebut. Serta, penanaman 1.000 mangrove ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar secara langsung maupun tidak langsung.

Penanaman mangrove PT Behn Meyer
Proses penanaman mangrove di lapangan (Dokumentasi: LindungiHutan)

Langkah yang dilakukan Behn Meyer ini sepatutnya diapresiasi bersama. Harapannya, aksi ini dapat menginspirasi pihak lain untuk dapat melakukan upaya perlindungan terhadap lingkungan salah satunya dengan menanam pohon. Pohon merupakan investasi masa depan yang berkelanjutan untuk generasi yang akan datang.

Baca juga: Sadar Isu Lingkungan, XR Indonesia Tanam 200 Mangrove di Tangerang

Bagaimana Kondisi Lokasi Ekowisata Mangrove Wonorejo?

Aktivitas normalisasi Sungai Wonorejo berdampak pada matinya ratusan tanaman mangrove di kawasan Ekosistem Mangrove Wonorejo. Kerusakan tersebut dikarenakan mangrove sengaja ditebang menggunakan gergaji atau alat berat. Padahal, mangrove Wonorejo merupakan kawasan konservasi yang patut dijaga kelestariannya.

Berkurangnya area mangrove berdampak pada abrasi yang terus mengancam wilayah daratan dan area tambak milik nelayan. Selain itu, satwa liar pun ikut berkurang seperti burung maupun monyet ekor panjang. 

Berkaca dari kondisi tersebut, upaya pelestarian mangrove Wonorejo harus digalakkan kembali dengan bersama-sama. Salah satunya dengan bekerja sama bersama LindungiHutan yang senantiasa melakukan upaya penanaman mangrove untuk menyelamatkan kembali area tersebut dari kerusakan lingkungan.

penanaman-mangrove-di-hutan-mangrove-wonorejo-Surabaya
Lokasi penanaman mangrove Behn Meyer di Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya (Dokumentasi: LindungiHutan)

Behn Meyer melalui penanaman 1.000 bibit mangrovenya telah berkontribusi secara nyata untuk menyelamatkan pesisir Ekowisata Mangrove Wonorejo. Mangrove memiliki manfaat sebagai benteng pertahanan alami dari abrasi, banjir rob, hingga tsunami. Hutan mangrove juga dimanfaatkan sebagai penyerap karbon, penyeimbang iklim mikro, hingga sarana edukasi untuk pengunjung di lokasi tersebut.

Baca juga: Kampanye #SatuNAFAS FIFGROUP Tanam 2.326 Mangrove di Pulau Pari

Mari Lestarikan Lingkungan Bersama LindungiHutan, Mulai Tanam Pohon Hari Ini!

LindungiHutan merupakan startup yang bergerak dalam bidang konservasi hutan dan alam. Hingga saat ini Kami telah menanam 778.000 pohon di 47+ lokasi penghijauan yang tersebar di Indonesia. Kami telah membantu 506 mitra brand dan perusahaan dalam melakukan upaya penghijauan secara berkelanjutan.

Nyatakan bentuk peduli lingkungan brand dan perusahaan Anda bersama LindungiHutan dengan mengisi form di bawah ini untuk menjalin kerja sama.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan laporan tahun 2023 LindungiHutan

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Blog LindungiHutan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.