Connect with us

Penggerak

10+ Influencer Peduli Lingkungan yang Perlu Kamu Ketahui

Published

on

Influencer peduli lingkungan yang perlu diketahui

Nampaknya, kesadaran guna melestarikan lingkungan adalah hal yang wajib dimiliki oleh semua orang. Tak terbatas pada usia, gender, maupun profesi. Bahkan, beberapa artis dan musisi di Indonesia juga memiliki concern atas kelestarian lingkungan. Banyak dari mereka yang kemudian mulai menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.  Dengan kata lain, mereka adalah influencer peduli lingkungan. Sebab, selain sebagai ‘pelaku’, mereka juga menggunakan pengaruhnya untuk mengajak orang lain peduli terhadap lingkungan.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas siapa saja sosok influencer peduli lingkungan tersebut, dan bagaimana sepak terjangnya serta aksi apa yang telah mereka lakukan.

Infografis 10+ influencer peduli lingkungan
Infografis 10+ influencer peduli lingkungan yang menginspirasi. Oleh: Muhamad Iqbal/LindungiHutan

1. Nadine Chandrawinata: Puteri Indonesia dan juga Influencer Peduli lingkungan

Di urutan pertama ada perempuan yang dikenal publik sebagai model, artis, dan pembawa acara. Ternyata, di balik kesibukannya dalam dunia hiburan, Nadine merupakan influencer peduli lingkungan.

Nadine mengawali ketenarannya setelah didapuk menjadi Puteri Indonesia pada tahun 2005. Setelah itu, ia berkesempatan mewakili Indonesia pada ajang Miss Universe tahun 2006. Beberapa layar lebar juga pernah dibintanginya seperti Mati Suri, Bidadari-Bidadari Surga , Erau Kota Raja, dan lain sebagainya. Nadine juga sempat menjadi pembawa acara program My Trip My Adventure tahun 2014-2018.

Selain pencapaiannya yang luar biasa itu, Nadine ternyata juga cinta terhadap lingkungan lho! Dirinya sempat aktif di organisasi lingkungan seperti WWF dan Greenpeace.

Bahkan, pada tahun 2015, ia menginisiasi organisasi Sea Soldier bersama Dinni Septianingrum.

Bukan tanpa alasan, Nadine merasa bahwa kondisi laut makin lama semakin terpolusi dengan sampah, sehingga perlu komitmen dan aksi nyata dalam menjaga lingkungan.

Baca juga: 10+ Sosok Peduli Hutan dan Lingkungan yang Jarang Muncul

2. Hamish Daud: Menggagas Indonesia Ocean Pride (IOP)

Nama Hamish Daud tentunya sudah tak asing lagi di telinga kita. Sosoknya pertama kali tampil di dunia hiburan pada tahun 2013 melalui acara My Trip My Adventure sebagai presenter. Meskipun, telah tenar menjadi public figure ia juga seorang influencer peduli lingkungan yang tetap memerhatikan kondisi lingkungan.

Kepedulian tersebut ia tunjukan dengan mendirikan yayasan bernama Indonesia Ocean Pride (IOP). Yayasan ini memiliki fokus pada laut Indonesia. Lewat IOP, banyak kontribusi yang Hamish lakukan seperti mendorong gerakan lingkungan, membuat kampanye lingkungan untuk menyelamatkan laut, dan menjadi wadah untuk menyorot upaya orang-orang atau organisasi yang memiliki kepedulian terhadap keselamatan laut dan seluruh isinya.

Bukan hanya itu, Hamish juga sukses mendirikan Octopus. Sebuah platform ekonomi sirkular yang mengumpulkan sampah baik daur ulang ataupun tidak. Platform ini bisa digunakan dalam bentuk aplikasi.

Mengenai cara kerjanya, Octopus mirip seperti aplikasi ojek online. Dengan memesan melalui aplikasi Octopus, Pelestari—orang yang menjemput sampah—akan mengambil sampah tersebut. Nantinya semua orang dapat mengambil sampah ataupun memesannya.

3. Nicholas Saputra: Memproduksi Film dengan Tema Lingkungan

Pemeran film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) dan Janji Joni ini juga aktif dalam berbagai kampanye lingkungan. Bisa dibilang Nico merupakan Influencer yang peduli lingkungan. Sebab tak hanya melanglang buana di dunia hiburan, tetapi juga kepeduliannya terhadap lingkungan patut diapresiasi.

Nico mengawali kariernya sebagai model lewat sebuah peragaan busana karya Samuel Wattimena. Tak lama berselang dirinya juga merambah ke dunia peran lewat film AADC. Setelah lebih dari satu dekade melakoni kariernya sebagai seorang aktor, kini ia memilih duduk di bangku produser. Memproduksi film dokumenter berjudul Semesta dengan tema lingkungan.

Nico merupakan salah satu aktor yang turut menerapkan gaya hidup ramah lingkungan dalam kesehariannya. Misalnya untuk memasok listrik di rumahnya, Nico menggunakan panel surya demi mengurangi gas rumah kaca. Ia juga lebih bijak dalam membeli baju ataupun produk fashion lainnya. Membangun mindset bahwa tidak ada keharusan membeli baju dan berganti-ganti tiap hari.

4. Nadya Hutagalung: Model Sekaligus Influencer yang Peduli Lingkungan

Daftar influencer peduli lingkungan selanjutnya ada perempuan berdarah Batak-Australia. Nadya mengawali kariernya sebagai model pada usia 12 tahun. Sukses dengan dunia modeling ia lanjut menjadi VJ MTV Asia yang pertama dengan jumlah penonton lebih dari 70 juta.

Selain berkiprah di jagat hiburan, Nadya juga memusatkan perhatiannya terhadap isu lingkungan. Boleh dikatakan, Nadya adalah salah satu influencer yang peduli lingkungan. Ia membangun rumah ramah lingkungan pertama menggunakan bahan materi alami di Singapura.

Ia juga membangun semacam sekolah alam bernama Green Kampong, di Bali. Tempat tersebut menjadi pusat informasi seputar hidup ramah lingkungan dan dapat diakses oleh siapa saja. Selain itu, Nadya juga bergabung dengan organisasi PBB, United Nations Environmental sebagai goodwill ambassador.

5. Manohara Odelia Pinot: Pernah Jadi Caleg dan Bercita-cita Membenahi Isu Lingkungan

Meskipun geliatnya di dunia entertain tak seperti dulu lagi, tetapi hal itu bukan tanpa alasan. Manohara tengah sibuk dengan aktivitasnya sebagai seorang aktivis lingkungan. Ia jadi salah satu influencer peduli lingkungan di Indonesia.

Mengawali karier sebagai model dan artis pada tahun 2000-an, Manohara sempat mencuri perhatian publik setelah sempat menjadi istri Pangeran Kelantan Malaysia bernama Tengku Muhammad Fakhry Petra. Namun, keduanya resmi bercerai pada tahun 2013. Sejak saat itu, Manohara menepi dari dunia hiburan.

Ia lantas memilih untuk fokus dengan isu-isu lingkungan. Bahkan, Manohara sempat menjadi caleg di tahun 2019 agar dapat membenahi persoalan lingkungan. Ia menilai, salah satu alasan orang-orang dari mancanegara berkunjung ke Indonesia adalah untuk menikmati keindahan alamnya. Maka dari itu penting untuk senantiasa menjaga kelestarian flora dan fauna di Indonesia.

6. Mikha Tambayong: Artis yang Fokus dengan Isu Perubahan Iklim

Influencer peduli lingkungan satu ini mengenal lingkungan hidup lewat film yang dimainkannya berjudul Senandung Bumi. Mikha mengungkapkan jika sebelumnya hanya mendengar istilah global warming. Namun, setelah terlibat dalam pembuatan film tersebut ia jadi belajar lebih banyak mengenai pemanasan global.

Bahkan di tahun 2012, ia ditunjuk sebagai Duta Iklim oleh Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI). Mikha sendiri mengaku belum menguasai tentang ilmu perubahan iklim. Akan tetapi, ia fokus bagaimana meminimalisir kerusakan bumi dan dampak-dampaknya bagi insan manusia.

Buktinya, Mikha lantas mulai menerapkan gaya hidup sehari-hari yang hemat energi dan menjaga kebersihan.  Ia berharap agar apa yang dilakukan mampu untuk mengajak generasi muda peduli dengan perubahan iklim.

7. Chealsea Islan: Mulai Menerapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Perempuan kelahiran Washington D.C ini mengawali kariernya sebagai model video klip band Noah dengan lagu Tak Lagi Sama. Kesuksesannya melejit setelah memerankan film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar. Namun tahukah kamu, di balik kepiawaiannya di dunia akting Chelsea juga merupakan seorang influencer peduli lingkungan.

Chealsea menyadari jika berjuta-juta ton sampah plastik di dunia telah dibuang ke laut setiap tahunnya. Alhasil, sampah plastik tersebut tentu berdampak buruk bagi lingkungan dan juga biota laut. Berangkat dari kesadaran tersebut, sebagai influencer peduli lingkungan, dirinya mengaku sudah cukup lama menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

Buktinya, Chelsea sudah mencoba mendaur ulang sampah-sampah plastik di rumah. Ia memilah-milah sampah plastik dan menggunakannya kembali sebagai barang yang berguna. Hal itu dilakukannya sebagai komitmen untuk mengurangi penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari.

8. Cinta Laura Kiehl: Influencer Peduli Lingkungan Lewat Gerakannya #ActofLove

Selain berprestasi, artis keturunan Indonesia-Jerman ini nampaknya juga memiliki kepedulian tinggi mengenai isu sosial dan lingkungan di sekitarnya. Kesadaran itu memang sudah diajarkan oleh keluarganya sejak kecil.

Sebagai influencer peduli lingkungan, di tahun ini Cinta Laura mewujudkan kepeduliannya lewat gerakan bernama #ActofLove #AoLKiehlers. Gerakan tersebut mengajak anak muda, khususnya Gen-Z dan Alpha guna menyebarkan nilai positif di berbagai aspek kehidupan.

Cinta Laura merasa bahwa masalah lingkungan di Indonesia merupakan tanggung jawab bersama generasi muda saat ini. Hal itu juga yang melatari beberapa kebiasan sederhana Cinta Laura demi merawat lingkungan. Misalnya dalam kegiatan sehari-hari ia menolak menggunakan plastik. Oleh sebab itu, Cinta Laura memilih untuk membawa tas belanja, botol minum, hingga tempat makan sendiri saat bepergian.

9. Dian Sastrowardoyo: Ibu Memiliki Peran Penting Mengedukasi Isu Lingkungan

Dian Sastro tetap menunjukan kepeduliannya terhadap isu lingkungan, di tengah kesibukannya sebagai artis. Hal itu ia buktikan dengan mulai mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Pemeran film AADC ini menekankan jika kepedulian terhadap isu lingkungan hidup dapat dimulai dari rumah. Banyak hal-hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian alam seperti bertanam, memilah sampah, dan menggunakan pakaian yang ramah lingkungan.

Dian Sastro juga menekankan soal pentingnya peran orang tua dalam memberikan edukasi mengenai lingkungan terutama Ibu. Mengingat, isu semacam ini memang penting untuk diangkat. Melihat aksi nyata yang dilakukan oleh Dian Sastro, maka tak berlebihan jika ia termasuk ke dalam jajaran influencer peduli lingkungan.

10. Wulan guritno: Mulailah Dari Hal-Hal yang Sederhana

Wulan Guritno memang terkenal sebagai salah satu artis yang aktif menyuarakan kampanye peduli lingkungan. Dalam kehidupan sehari-hari, ia juga sudah menerapkan gaya hidup yang ramah lingkungan. Misalnya, tidak membuang sampah sembarangan hingga hemat dalam menggunakan air.

Menurutnya, tindakan tersebut memang terkesan sederhana. Akan tetapi, jika dilakukan oleh semua orang, maka dampaknya akan besar bagi kelestarian bumi. Sebagai influencer peduli lingkungan, Wulan guritno juga selalu menanamkan kepada anaknya guna peduli terhadap alam sejak dini. Bukan suatu hal yang mudah memang, tetapi setidaknya ia harus memberikan contoh tentang bagaimana menjaga dan merawat lingkungan.

Tak heran, pada tahun 2019 ia bergabung dengan sejumlah selebriti dalam kampanye bersama WWF, ‘Selamatkan Hutan, Selamatkan Masa Depan’.

Baca juga: 10+ Perusahaan Sosial (Social Enterprise) dari Indonesia

11. Rara Sekar: Musisi tetapi juga Influencer Peduli lingkungan

Kepeduliannya terhadap isu sampah plastik membuat musisi Rara Sekar turut mengubah gaya hidupnya menjadi ramah lingkungan. Salah satunya adalah dengan memilah sampah organik yang ada di rumahnya untuk diolah menjadi pupuk kompos.

Bukan hanya itu, Rara sekar juga menerapkan konsep 8R yaitu, Rethink, Refuse, Reduce, Repair, Reuse, Rot, Repurpose. Influencer peduli lingkungan ini juga melakukan aktivitas berkebun di rumah. Ia bersama suaminya menanam berbagai macam bahan pangan seperti wortel dan selada. Dari kebun tersebut mereka dapat menikmati hasil panen untuk dikonsumsi sehari-hari.

12. Tasya Kamila: Pendiri Yayasan Green Movement

Terkenal sebagai penyanyi cilik di era tahun 2000-an, ternyata ia juga influencer peduli lingkungan yang mengemban tugas sebagai duta lingkungan hidup oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Tasya menjalankan tugas tersebut sejak tahun 2005.

Tasya Kamila juga mengelola sebuah yayasan tentang lingkungan. Ia menginginkan suatu tempat yang dapat digunakan sebagai wadah bagi para penggiat lingkungan. Yayasan tersebut bernama Green Movement.

Salah satu program yang dijalankan oleh yayasan tersebut ialah penanaman pohon. Tasya Kamila juga kerap membuat program pelatihan di beberapa sekolah di Jabodetabek bersama dengan yayasan tersebut. Ia mengungkapkan jika setelah 10 tahun menjadi duta lingkungan dirinya ingin membuat tempat bagi anak muda untuk belajar dan merasakan pengalaman dalam melestarikan lingkungan

Demikian daftar 12 influencer peduli lingkungan yang perlu kamu ketahui. Setelah ini, kamu juga bisa lho mengikuti jejak mereka. Tak perlu menjadi tersohor untuk memulai perubahan. Mulailah dari diri sendiri melalui hal-hal sederhana. Berikan juga pemahaman kepada lingkungan sekitar, niscaya akan tercipta kesadaran kolektif atas kelestarian lingkungan. Yuk, jadi Influencer peduli lingkungan!

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Sedekah Pohon LindungiHutan