Connect with us

Mitra Hijau

Zazz Indonesia Tanam 531 Pohon Mangrove di Semarang

Published

on

Zazz Indonesia bekerjasama dengan LindungiHutan menanam 500 mangrove di Semarang, Jawa Tengah.

Zazz Indonesia adalah brand lokal yang bergerak di bidang kerajinan tangan membuat gelang, case hp, dan dompet dari limbah kayu, resin, serta batu. Masing-masing bahan tersebut memiliki kualitas tinggi demi menghadirkan produk yang berkualitas pula untuk pengguna.

Dalam proses pembuatannya, Zazz Indonesia menggunakan batu asli berupa batu granit, batu tulis, dan kuarsit yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sama seperti bahan kulit, batu juga memiliki sifat patina yang menghasilkan warna unik dari waktu ke waktu. Setelah beberapa bulan pemakaian aka nada perubahan warna dan texture batu makin terlihat.

Baca juga: Control Zero Berkolaborasi dengan LindungiHutan untuk Menanam 400+ Pohon di Demak

Terkait dengan sifat batu yang keras, Zazz Indonesia menemukan inovasi yang dapat membuat batu keras dan tebal menjadi tipis, fleksibel, tetapi tidak bisa dipecahkan, bahkan tahan air.

Selain batu, Zazz Indonesia juga menggunakan resin dalam proses produksinya. Adapu resin yang dipakai adalah resin berkualitas tinggi agar setiap desain dapat menghasilkan warna dan kualitas yang tinggi. Jenis resin yang digunakan adalah Resin Epoxy. Maka dari itu, warna yang dihasilkan tidak akan berubah dalam waktu yang lama dan juga tahan terhadap benturan yang terjadi sehingga tidak mudah pecah.

Zazz Indonesia juga menggunakan kayu sebagai bahan baku produksinya. Bagi Zazz Indonesia, kayu adalah salah satu barang yang paling berharga di alam, tidak hanya indah, tetapi juga memiliki ketahanan yang kuat. Sangat cocok untuk melindungi Handphone karena memiliki daya tahan dan fleksibilitas yang kuat.

Tak perlu khawatir, semua kayu yang Zazz Indonesia gunakan berasal dari tempat-tempat legal yang memiliki sertifikat legalitas kayu. Cara ini sebagai bentuk jaminan bahwa mereka tidak berkontribusi terhadap perusakan lingkungan.

Baca juga: Core Nation Tanam 700+ Pohon Mangrove di Demak Jawa Tengah

Bahkan, untuk melestarikan lingkungan Zazz Indonesia akan menanamkan 1 pohon untuk setiap produk yang berhasil terjual.

Zazz Indonesia Inisiasi Program ‘Dari Bumi untuk Bumi’ Berupa Kerjasama Product Bundling

Komitmen Zazz Indonesia menanamkan 1 pohon untuk setiap produk yang berhasil terjual nyatanya bukan hanya sesumbar belaka. Zazz Indonesia bersama LindungiHutan berupaya untuk mengembalikan kehijauan Indonesia dengan menginisiasi kampanye alam bertajuk “Dari Bumi untuk Bumi”.

Kampanye alam tersebut berhasil mengumpulkan 531 pohon Mangrove Rhizophora dan telah ditanam di Pesisir Trimulyo Kota Semarang pada 26 Desember 2021.

Kampanye alam yang diinisiai oleh Zazz Indonesia dengan LindungiHutan sejatinya bisa menjadi solusi, guna mendorong masyarakat umum ikut berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan. Kini, orang-orang tak lagi hanya membeli sebuah produk atau barang, tetapi juga sekaligus menanam pohon.

Zazz Indonesia Tanam 500+ Pohon Mangrove di Pesisir Trimulyo, Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah

Zazz Indonesia Tanam 531 Pohon Mangrove Rhizophora di Pesisir Trimulyo.
Proses penanaman pohon bakau (Rhizophora mucronata) di pesisir Trimulyo, Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah oleh mitra penggerak penghijauan LindungiHutan (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Trimulyo adalah daerah hijau di kawasan pesisir yang terletak di Kecamatan Genuk, Kota Semarang Jawa Tengah. Trimulyo menjadi desa pengaman Pantura dan Kota Semarang dari bencana banjir. Saat ini, kondisi pesisir Trimulyo sangat memprihatinkan karena abrasi yang sangat tinggi.

Desa di pesisir Trimulyo sering tergenang air rob dan banyaknya sampah yang masuk memenuhi sungai dan laut, sehingga masyarakat terganggu dengan bau tak sedap dari sampah tersebut. Maka dari itu, LindungiHutan bersama Zazz Indonesia melakukan penanaman 531 pohon Mangrove Rhizophora sebagai tindakan restorasi.

Pohon Mangrove Rhizophora sendiri dipilih karena mempunyai manfaat yang besar dan harapannya bisa tumbuh dan menjadi hutan bakau yang berperan sebagai benteng alam. Adapun, manfaat bakau antara lain:

  • Penahan abrasi pantai,
  • Menangkap karbon dioksida dan mengubahnya dengan oksigen, sehingga mencegah pemanasan global,
  • Penahan badai dan angin yang bermuatan garam,
  • Penahan intrusi air laut ke daratan,
  • Tempat hidup beragam makhluk hidup baik itu yang berlindung, mencari makan, dan tinggal,
  • Menjaga kualitas air lewat akar tunjang yang mampu menyerap polutan-polutan.

Baca juga: SAE Wodden Tanam 349 Mangrove Bersama LindungiHutan

Semoga aksi nyata Zazz Indonesia dalam kontribusi pelestarian lingkungan dapat diikuti banyak pihak dan akan menjadi inspirasi bagi masyarakat luas.

Mau Berkolaborasi Menjalankan Program Penghijauan Seperti Zazz Indonesia dengan Mudah?

LindungiHutan adalah startup yang menghubungkan brand dan perusahaan dengan mitra penggerak penghijauan serta masyarakat lokal di 30+ daerah se-Indonesia. Mari jalin kerjasama untuk memberikan dampak kebaikan bagi alam dan masyarakat sekitar hutan.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Rawat Bumi LindungiHutan