Connect with us

Lingkungan

4 Film Tentang Lingkungan yang Bergenre Sci-Fi, Kalian Wajib Nonton!

Published

on

film tentang lingkungan

Film merupakan salah satu media hiburan yang cukup populer dan banyak diminati berbagai kalangan masyarakat. Hadirnya internet dan platform media hiburan, menonton film tidak lagi harus pergi ke bioskop atau membeli/menyewa CD.

Saat ini, film sangat mudah untuk diakses, terdapat banyak platform streaming film seperti Netflix, Video, Disney Hotstar, dan lain-lain. Penonton dapat memilih berbagai jenis film mulai dari film lokal hingga mancanegara.

Setiap film ini pastinya menampilkan alur cerita yang seru. Dengan menampilkan visual semenarik mungkin, film-film ini juga meninggalkan pesan akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Banyak dari pembuat film/sutradara ingin menyampaikan pesan secara tidak langsung kepada para penonton, seperti pada film-film berikut ini. Penasaran dengan cerita dibaliknya? Simak Inilah 4 film tentang lingkungan yang bergenre sci-fi pada artikel di bawah ini!

Apa Saja 4 Film Tentang Lingkungan Bergenre Sci-Fi ?

Empat film tentang lingkungan yang bisa kalian tonton di rumah, antara lain:

1. Wall-E (2008)

Film tentang lingkungan yang pertama merupakan karya Pixar Animation Studios. Film ini menceritakan tentang suasana kehidupan di bumi pada awal abad ke-22.

Mengisahkan seorang robot artificial-intelligence bernama Wall-E yang terus bekerja mengumpulkan dan merapikan sampah-sampah yang ada di bumi. Keadaan bumi saat itu tercemar penuh dengan sampah-sampah, tidak ada manusia, dan flora.

Karena bumi saat itu tidak layak huni, Manusia saat itu mengungsi di armada luar angkasa yang bernama Axiom yang dipimpin oleh Captain B.Mccrea.

Namun, seorang Wall-E ternyata menyimpan sebuah bibit tanaman di tempat tinggalnya. Hingga datanglah armada kecil yang berasal dari Axiom. Armada kecil itu datang ke bumi untuk mengetahui kehidupan disana, sekaligus mencari bibit tanaman. Eve seorang robot bergender wanita ditugaskan untuk mencari tanaman di muka bumi.Hingga bertemulah Eve dan Wall-E.

Ternyata mereka akan melakukan petualangan sekaligus membawa manusia pulang kembali ke rumahnya (bumi).  Untuk alur cerita secara keseluruhan dapat kamu tonton filmnya secara streaming di Disney Hotstar maupun Netflix.

Wall-e merupakan film tentang lingkungan garapan Pixar yang mendapatkan penghargaan Oscar, film ini juga mengandung kritik lingkungan dengan ditampilkannya visual keadaan bumi yang memprihatinkan. Pesan tersembunyi yang ada pada film ini bahwa pentingnya melestarikan flora supaya bumi tetap bersih dan kehidupan akan terus berlangsung.

Baca juga: Sampah Elektronik: Permasalahan Limbah yang Berdampak Besar Pada Lingkungan dan Manusia

2. Waterworld (1995)

Waterworld merupakan film tentang lingkungan bertema post-apocalyptic yang disutradarai oleh Kevin Reynolds. Film ini mengisahkan tentang seorang penggembala bernama The Mariner (Kevin Costner).

Ia memiliki tujuan untuk mencari dataran bumi yang bernama Dryland untuk ditempati. Pada saat itu keadaan bumi tertutupi oleh laut akibat mencairnya seluruh es di kutub.

Hingga dia singgah di salah satu pangkalan di tengah laut, di sana banyak sekali orang-orang yang melakukan transaksi dengan cara barter. Saat itu The Mariner memiliki sebuah bibit tanaman.

Bibit tanaman itu ditawar dan menjadi rebutan para komunitas disana. Namun, The Mariner tidak ingin melepaskan bibit tanaman itu karena bibit itu akan ditanam saat telah menemukan Dryland. Sehingga terjadi konflik di pangkalan, The Mariner terpaksa membawa Helen (Jeanne Tripplehorn) dan Enola (Tina Majorino) untuk melanjutkan pelayaran mencari Dryland.

The Mariner membawa Helen dan Enola karena karena berdasarkan kabar yang beredar, Enola memiliki kunci yang bisa mengantarkan mereka ke Dryland.

Film tentang lingkungan ini menampilkan visual bumi yang seluruhnya tertutupi oleh laut akibat pemanasan global. Orang-orang pada film ini cenderung menampilkan sifat yang bar-bar dan kejam. Manusia sepenuhnya berkuasa berdasarkan hukum rimba akibat kelangkaan sumber daya alam.

Pada film ini terdapat adegan dimana The Mariner menunjukkan keadaan kota yang telah tenggelam kepada Helen. Helen saat itu baru kaget  pertama kali melihat kondisi kota yang telah hancur dan terletak dibawah permukaan laut.

3. Mad Max: Fury Road (2015)

Mad Max: Fury Road merupakan film tentang lingkungan yang dibintangi oleh Tom Hardy dan Charlize Theron. Film ini menggambarkan  kehidupan di bumi setelah bencana nuklir. Saat itu terdapat komunitas bernama War Boy yang dipimpin oleh seorang raja kejam bernama Immortan Joe.

Immortan Joe menguasai peredaran air bersih di kerajaannya. Karena air saat itu langka akibat keadaan bumi yang sudah rusak. Film itu memvisualisasikan keadaan bumi yang sepenuhnya menjadi  ladang pasir.

Film ini mengisahkan kehidupan Max Rockatansky yang menjadi tawanan War Boy. Suatu hari salah satu anggota War Boy sedang sakit dan memerlukan transfusi darah secara rutin.  Akhirnya Max dipaksa untuk menyumbang darah pria War Boy itu yang bernama Nut.

Di sisi lain, Immortan Joe pria yang memiliki 5 istri ini, istrinya hilang tidak diketahui keberadaanya. Ternyata, semua istrinya diculik oleh Feriosa.

Setelah kejadian itu, Immortan Joe mengutus para War Boy untuk mengambil istri-istrinya. Saat itu, Nut ikut misi itu dengan tetap membawa Max sebagai pendonor darah.Ternyata maksud Feriosa menculik istri-istri Immortan Joe didasari oleh misi kemanusiaan.

Film ini menggambarkan kehidupan yang bengis dan kejam akibat kelangkaan sumber daya alam. Saat itu bumi cenderung panas, penuh debu dan tidak ada dataran hijau.

Para manusia saat itu hanya tergantung ketersediaan air oleh Immortan Joe yang cenderung pelit dalam memberi air dan membiarkan rakyatnya kehausan dan sengsara di tengah-tengah padang pasir.

4. Avatar (2011)

Film garapan sutradara tersohor bernama James Cameron ini menjadi film tentang lingkungan yang mengisahkan kehidupan manusia di masa depan yang mengalami krisis energi. Akibatnya, manusia harus mencari bahan energi baru dengan cara mengeksplorasi di planet lain.

Saat itu manusia membutuhkan unobtanium dan planet Pandora memiliki unobtanium yang sangat melimpah.Sayangnya, udara di Pandora beracun dan planet Pandora itu sendiri dihuni oleh makhluk dengan nama suku Na’vi.

Orang-orang Suku Na’vi memiliki kulit berwarna biru, berpostur sangat tinggi, dan sangat menjaga kekayaan alamnya. Untuk bisa masuk ke Pandora, ilmuwan Dr. Grace Agustinus berencana untuk menggunakan media tubuh Na’vi yang disebut “Avatar”. Mantan marinir bernama Jake Sully ditugaskan untuk menjadi avatar dengan tujuan untuk mengetahui karakter dan sifat masyarakat Na’vi.

Film Avatar ini menyuguhkan pengalaman menonton dengan visualisasi CGI yang sangat cantik, dengan menggambarkan keadaan Planet Pandora yang kaya akan keindahan pesona alamnya.

Sang sutradara juga membuat film ini berdasarkan kehidupan di bumi saat ini, dimana sering terjadi eksploitasi sumber daya alam yang dapat merusak lingkungan dan  mengancam eksistensi masyarakat lokal.

Baca juga: 6 Contoh Limbah B3 Industri yang Berbahaya untuk Lingkungan

Itulah 4 film tentang lingkungan yang cocok kita tonton untuk mengisi waktu luang. Dengan menonton film tersebut sebagai pengingat bagaimana kondisi bumi saat ini agar kita lebih peduli dengan kelestarian alam sekitar kita.

Penulis: Adji

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan