Connect with us

Mitra Hijau

6 Brand Fashion di Indonesia Gerakkan Penghijauan Bersama LindungiHutan

Published

on

kolaborasi penghijauan brand fashion indonesia dengan LindungiHutan

Industri fashion di Indonesia berkembang sangatlah pesat. Tingginya minat masyarakat terhadap fashion, menjadikan fashion sebagai kebutuhan yang utama. Sehingga, banyak brand fashion baru bermunculan turut meramaikan dan memenuhi permintaan masyarakat di industri ini.

Kini, konsep ramah lingkungan menjadi minat tersendiri. Brand-brand yang sadar pentingnya menjaga lingkungan mulai mempraktikkan di dalam lini bisnisnya. Mulai dari penggunaan bahan baku alami hingga beralih ke dalam praktik fesyen lambat/slow fashion. Dengan begitu kelestarian lingkungan dapat terjaga.

Kepedulian terhadap kelestarian lingkungan juga dipraktikkan oleh beberapa brand di bawah ini. Mereka juga berkontribusi dengan melakukan program penghijauan di sejumlah daerah.

List Brand Fashion Terkenal di Indonesia Dukung Aksi Penghijauan di Indonesia

Siapa saja brand fashion lokal dan internasional kampanyekan peduli lingkungan bersama LindungiHutan?

1. CoreNation Active: Brand Fashion Asal Surabaya Tanam Ratusan Mangrove di Kabupaten Demak

Aksi penghijauan oleh CoreNation
Aksi penghijauan CoreNation bersama LindungiHutan di Kabupaten Demak. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

CoreNation adalah brand fashion di Indonesia asal Surabaya yang didirikan pada tahun 2014. Brand ini memproduksi active wear atau jenis pakaian untuk kegiatan yang berkeringat. Desain pakaian terkini yang diciptakan menggunakan bahan berkualitas dan ramah lingkungan untuk kenyamanan pemakainya di dalam atau pun di luar ruangan.

Selain menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan, CoreNation juga memiliki kontribusi nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan. Brand fashion ini mendonasikan sebagian keuntungannya untuk donasi pohon di LindungiHutan.

Bersama LindungiHutan, CoreNation mengadakan kampanye alam bertajuk “Hijaukan Bumi Bersama CoreNation”. Brand fashion ini berhasil menanam 100 pohon mangrove di Desa Bedono Kabupaten Demak pada 21 Maret 2021.

Tak berhenti disitu, CoreNation kembali wujudkan program penghijauan dengan LindungiHutan melalui kampanye “Hijaukan Bedono, Demak Bersama Corenation” pada 5 September 2021. Pada kampanye tersebut CoreNation kembali tanam 750 mangrove di Desa Bedono, Kabupaten Demak.

Baca juga: PlantwithLittlemonq: Program Penghijauan Littlemonq Jaga Kelestarian Kampung Laut Cilacap

2. Hallah Activewear: Brand Eco-Friendly dari Indonesia Berhasil Tanam 316 Mangrove di Demak

Aksi penghijauan oleh brand fashion Hallah Activewear
Penanaman mangrove oleh Hallah Activewear untuk Desa Bedono. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Hallah Activewear adalah brand fashion terkenal yang berdiri pada 21 Maret 2020 (bertepatan dengan Hari Hutan Internasional). Produk dari brand fashion ini dibuat dengan bahan eco-friendly dan dijahit secara ethical.

Keinginan Hallah Activewear yaitu mengedukasi dan melakukan gerakan berskala lokal maupun global tentang kesadaran untuk membantu bumi dari inisiatif usaha-usaha. Brand ini mengambil langkah dengan memilih untuk meningkatkan kesadaran tentang sustainable fashion dan tree plantation, karena baginya hutan adalah harta karung Indonesia. 

Bersama LindungiHutan, Hallah Activewear turut serta lestarikan hutan di indonesia dengan melakukan penanaman pohon melalui kampanye “Hallah untuk Bedono, Semarang”. Sebanyak 316 mangrove Rhizophora berhasil ditanam di Desa Bedono Kabupaten Demak pada 9 Januari 2022.

3. BLZR.ID: Brand Spesialis Blazer Wanita Gerakkan Penghijauan di Kalimantan Barat

BLZR.ID adalah sebuah brand lokal Indonesia khusus membuat blazer untuk wanita. Berbagai koleksi menarik dari brand ini seperti the #blzridears collection, Candy Collection, Nature Collection, dan Set Collection.

Kepedulian BLZR.ID terhadap lingkungan, mereka realisasikan dalam praktek bisnisnya. Brand ini menggunakan kemasan ramah lingkungan yang terbuat dari Cassava yang bersifat biodegradable atau mudah didaur ulang.

Dalam rangka Hari Bumi tahun 2022, BLZR.ID menginisiasi kampanye alam dengan tajuk “500 Pohon untuk Bumi, dari BLZR.ID”. Pada kampanye tersebut, BLZR.ID sukses menanam 500 pohon trembesi di Bukit Puntong Sumiak, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat pada 29 Mei 2022.

4. KADAKA Official: Brand Fashion dari Bandung Berhasil Menanam 500 Pohon Alpukat di Kota Semarang

Aksi penghijauan oleh brand fashion KADAKA
KADAKA dan tim LindungiHutan menanam 500 pohon alpukat di Jabungan, Kota Semarang. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kadaka Official adalah brand pakaian self manufactured asal Bandung yang diluncurkan pada 2019. Fokus utama KADAKA Official  ialah memberikan produk terbaik dengan harga terjangkau dan mengirimkan kepada pembeli dimanapun berada.

Dalam rangka ulang tahun ke-3, KADAKA Official  menunjukkan kepedulian pada bumi dan lingkungan dengan berkontribusi dalam upaya pelestarian alam di Indonesia.

KADAKA Official berkolaborasi bersama LindungiHutan dalam sebuah kampanye alam bertajuk “Kami Dan Kamu Untuk Bumi by KADAKA” pada 17 September 2022. Melalui kampanye tersebut, KADAKA Official  berhasil menanam 500 pohon alpukat di Jabungan, Kota Semarang.

5. Frio Studio: Dukung Gerakan Penghijauan dengan Menanam 241 Mangrove di Muara Cisadane

Aksi penghijauan oleh Frio Studio
Generasi muda ikut serta dalam penanaman mangrove di Muara Cisadane. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Frio studio adalah brand fashion yang lahir ketika terjadi pandemi Covid-19 tahun 2020. Brand ini mengusung konsep kesederhanaan umur panjang dan kenyamanan. Bukan hanya sekadar merek pakaian santai, mereka memperjuangkan sebuah gerakan yaitu “Less is More”.

Brand ini berkomitmen untuk memprioritaskan gerakan slow fashion dengan mempertimbangkan kualitas dibanding kuantitas produknya.

Dan juga, kesadaran tentang lingkungan mereka lakukan secara nyata bersama LindungiHutan dalam kampanye alam bertajuk “1 Frio Studio Collection = 1 Pohon Tertanam”. Sebanyak 241 bibit mangrove berhasil ditanam di Muara Cisadane, Kabupaten Tangerang pada 27 Desember 2022.

6. KATO+

Aksi penghijauan oleh brand fashion KATO+
394 Pohon Mangrove dari KATO+ untuk Pesisir Tambakrejo. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

KATO+ merupakan brand fashion ramah lingkungan yang menggunakan bahan baku linen dalam material produksinya. Produk dari KATO+ bersifat unisex dan cocok digunakan di negara tropis salah satunya Indonesia.

Bersama LindungiHutan, KATO+ menginisiasi kampanye alam bertajuk “Mangrove for Tambakrejo from KATO+”. Laju abrasi yang tinggi, menyebabkan air laut masuk ke pemukiman warga Pesisir Tambakrejo.

Langkah KATO+ untuk mengatasi hal tersebut dengan menanam 394 mangrove di Pesisir Tambakrejo pada 6 Februari 2022. Besar harapan KATO+ agar ekosistem di Pesisir Tambakrejo semakin membaik setiap tahunnya.

Baca juga: Berkolaborasi Bersama LindungiHutan, Tutor Asrama ITB Tanam 1.017 Mangrove di Cirebon

Itulah 6 brand fashion di Indonesia yang menjalankan program penghijauan dengan LindungiHutan. Gerakkan kepedulian terhadap kelestarian alam, lakukan aksi nyata dengan berdampak bagi lingkungan!

Sedekah Pohon LindungiHutan