Connect with us

Mitra Hijau

Program CSR Lingkungan BenihBaik x LindungiHutan Tanam 500 Pohon di Kabupaten Bandung

Published

on

BenihBaik tanam pohon

BenihBaik merupakan platform penggalangan dana dan donasi di bidang sosial, lingkungan, dan lainnya. Dalam menjalankan praktik dan proses bisnisnya, BenihBaik senantiasa berkomitmen untuk memprioritaskan perlindungan dan pelestarian lingkungan serta memberikan manfaat kepada masyarakat.

Sudah menjadi komitmen yang terwujud dalam kebijakan dan nilai BenihBaik untuk turut serta mengendalikan dampak lingkungan secara signifikan yang terkait dengan kegiatannya.

BenihBaik Gelar Kampanye Alam ‘Program Restorasi Hutan Awi Poleng’, di Bukit Awi Poleng, Kabupaten Bandung

Komitmen BenihBaik dalam mewujudkan lingkungan yang lestari diwujudkan dalam aksi penghijauan. Bersama LindungiHutan, BenihBaik menginisiasi kampanye alam bertajuk “Program Restorasi Hutan Awi Poleng” sebagai bentuk kontribusi nyata pelestarian alam.

BenihBaik tanam pohon
Proses penanaman pohon oleh BenihBaik di lokasi penanaman Bukit Awi Poleng. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Melalui kampanye alam tersebut, 500 pohon jambu air dan rasamala sukses ditanam di Bukit Awi Poleng, Dusun Citiis, Desa Mekarjaya, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung pada tanggal 21 November 2022. Penanaman berlangsung dengan lancar dan dibantu oleh Sabandoroyot.

Langkah yang dilakukan oleh BenihBaik untuk turut serta #BersamaMenghijaukanIndonesia sudah semestinya kita apresiasi bersama.

BenihBaik tak lupa akan peran dan tanggung jawabnya untuk bersama-sama ikut menjaga dan melestarikan bumi. Harapannya, inisiasi kampanye alam ini dapat memberikan manfaat baik bagi lingkungan dan juga masyarakat setempat.

Aksi penghijauan BenihBaik
Foto bersama di lokasi penanaman. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Terlebih, kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam perlu ditanamkan dan dipraktikkan oleh banyak orang serta berbagai pihak. Kami percaya, makin banyak ‘tangan’ yang terlibat maka semakin banyak pula mereka yang turut menjaga.

Baca juga: Alt Perfumery & Space by Alt Inisiasi Penghijauan di Kota Semarang

Kondisi Ekologi dan Potensi Bukit Awi Poleng untuk Makhluk Hidup

Pemilihan Awi Poleng sebagai lokasi penanaman tentu bukan tanpa pertimbangan, mengingat terdapat beberapa persoalan lingkungan yang melingkupinya.

Awi Poleng merupakan daerah perbukitan di wilayah Hutan Lindung Gunung Malabar yang terletak di Desa Mekarjaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Hutan Lindung Malabar sendiri menjadi rumah sekaligus tempat berkembang biak hewan langka seperti Elang Jawa dan Owa. Selain itu, kondisinya yang indah dan asri membuat tempat ini menyimpan potensi ekowisata yang menarik untuk dikunjungi. 

Sementara itu, rata-rata masyarakatnya bertani dan berkebun selayaknya masyarakat yang tinggal di kawasan pegunungan. Adapun, komoditi yang terkenal dari daerah ini yaitu kopi arabika Malabar yang memiliki cita rasa khas.

Kendati tempatnya indah dan menyimpan banyak potensi, kawasan Awi Poleng dan Gunung Malabar mesti dijaga kelestariannya. Karena pada tahun 2019, kebakaran terjadi di Gunung Malabar dan menyebabkan efek domino terhadap kondisi lingkungan maupun masyarakat. 

Kebakaran terjadi lantaran cuaca kering yang ekstrem membuat hutan bergesekan dan menimbulkan api. Sumber lain menyebutkan bahwa api juga berasal dari vegetasi yang mudah terbakar yaitu alang-alang dan pohon kaliandra. Akibat kebakaran, hutan menjadi gundul sehingga sering terjadi longsor hingga tersumbatnya mata air. 

Bukan hanya itu, habitat Owa Jawa, Elang Jawa, dan satwa lainnya tentu ikut terganggu. Kebakaran juga berpotensi merusak hulu Sungai Citarum dan vegetasi Hutan Lindung Malabar. Selain dari sisi lingkungan, masyarakat juga jadi pihak yang turut terdampak. Mereka terancam mengalami kesulitan terhadap akses air bersih.

Kondisi semacam ini tentu tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. LindungiHutan membantu Asmuni dan warga sekitar melakukan upaya penghijauan kembali dengan melakukan penanaman pohon sejak tahun 2021. Menanam pohon dilakukan sebagai upaya yang paling mudah dan efektif untuk merestorasi kondisi lingkungan. 

Keberadaan Awi Poleng harapannya dapat mengembalikan serta memperbaiki ekosistem yang rusak. Supaya, potensi yang dimiliki pun bisa dimanfaatkan secara maksimal. 

Berkaca kepada kondisi lingkungan di daerah Awi Poleng, LindungiHutan bersama BenihBaik mengambil inisiasi penanaman 500 pohon jambu air sebagai langkah konservasi dan restorasi lingkungan.

Selain dari sisi ekologi, partisipasi penanaman pohon ini juga telah mendukung poin-poin program Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) dengan:

  • Mencegah degradasi lahan (SDG’s 15)
  • Mengurangi dampak banjir dan longsor di pemukiman warga (SDG’s 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau (SDG’s 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon (SDG’s 13)
  • Membantu pelestarian sumber mata air (SDG’s 6)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar (SDG’s 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar (SDG’s 8).

Baca juga: Qualita Company Dukung Aksi Penghijauan Tanam 1.600+ Mangrove di Kota Semarang

Jalin Kemitraan Program CSR dengan LindungiHutan Berikan Dampak Berkelanjutan untuk Lingkungan

Bersama LindungiHutan aksi penghijauan kini makin mudah, transparan, dan berkelanjutan dari mana saja. Semua orang bisa mengambil peran nyata untuk hutan Indonesia sekarang juga. LindungiHutan hadir menjunjung tinggi nilai mudah, transparan, berkelanjutan, fleksibel, dan inklusif dalam upaya menghijaukan Indonesia dengan menanam pohon di berbagai daerah.

Bagi perusahaan yang ingin turut serta berkontribusi dalam upaya menghijaukan Indonesia bisa dengan mengikuti program Impact CSR. Impact CSR adalah program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang lingkungan dan sosial yang bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi ekologi, ekonomi, dan sosial masyarakat sekitar hutan dan mitra penggerak LindungiHutan.

Berikut 3 alasan mengapa perusahaan mesti menjalin kerja sama dengan LindungiHutan:

1. LindungiHutan telah menjalin kemitraan dengan 30+ kelompok tani hutan dan masyarakat lokal untuk memastikan kegiatan penghijauan berjalan secara lancar dan berdampak sosial.

2. Kami juga telah dipercaya 350+ brand dan perusahaan dari berbagai bidang usaha untuk membantu menjalankan program CSR berdampak sosial dan lingkungan di berbagai daerah.

3. Nilai yang kami junjung tinggi yaitu mudah, transparan, berkelanjutan, inklusif, dan fleksibel dalam menjalankan berbagai aktivitas operasional, program, dan implementasi pelaksanaan Impact CSR.

Baca juga: Earthero Hijaukan Pantai Kartika Jaya dengan Menanam 496 Pohon Mangrove

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Sedekah Pohon LindungiHutan