Connect with us

Mitra Hijau

Sustainability Action PT Bina Pertiwi Tanam 1.000 Mangrove di Kepulauan Seribu

Published

on

PT Bina Pertiwi Tanam 1.000 Mangrove di Kepulauan Seribu

PT Bina Pertiwi adalah perusahaan yang bergerak di bidang agriculture, industrial, construction, mining, dan energy. Didirikan pada 15 November 1976, perusahaan milik dari PT United Tractors,Tbk yang merupakan bagian dari PT Astra International,Tbk. 

Memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan menjadi fokus utama PT Bina Pertiwi. Dengan cara meningkatkan jangkauan dan kemampuan untuk melayani pelanggan melalui ketersediaan suku cadang, memberikan jasa perawatan dan perbaikan yang ditangani langsung oleh orang profesional.

Sejak 1976, PT Bina pertiwi terus berkembang dan berjalan hingga sekarang. Perusahaan ini memegang nilai budaya yang dikenal sebagai GREAT Culture. GREAT merupakan singkatan dari Growth-mindset, Respect, Excellent, Agile, Trustworthy.

Dedikasi yang tinggi oleh setiap stakeholders mengantarkan PT Bina Pertiwi mendapatkan beberapa penghargaan seperti 2nd Runner-up of UTVI Championship 2022 (Kategori – INDI Sales & Marketing) dan 2nd Runner-up of INNOVASTRA 38 (Kategori Business Process Improvement) pada tahun 2022, serta 2nd Winner of UTVI Championship 2021 (Kategori – INDI Operational Excellence) pada tahun 2021.

Baca juga: KUFPEC Indonesia Tanam 502 Mangrove di Jakarta Utara

PT Bina Pertiwi Jalankan Kegiatan CSR Lingkungan Bersama LindungiHutan di Pulau Pari

PT Bina Pertiwi tanam mangrove di Pulau Pari
Penanaman 1000 mangrove oleh rekan-rekan PT Bina Pertiwi di Pulau Pari. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Sebagai komitmen terhadap bumi yang telah memberikan manfaat bagi kehidupan, PT Bina Pertiwi menggandeng LindungiHutan untuk melakukan kegiatan CSR lingkungan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu.

Adapun kegiatan CSR lingkungan yang dilakukan ialah kegiatan penghijauan dengan menanam pohon kembali. Aksi tersebut juga sebagai tanggung jawab perusahaan untuk memberikan manfaat sosial dan lingkungan kepada sekitarnya.

Melalui kampanye yang bertajuk “Sustainability Action PT Bina Pertiwi Penanaman 1.000 Pohon Mangrove”, PT Bina Pertiwi berhasil mengumpulkan dan menanam 1.000 mangrove di Pulau Pari pada 13 Juli 2023. Penanaman dibantu oleh Edi Mulyono, sebagai mitra penggerak LindungiHutan yang berada di Pulau Pari.

Upaya yang dilakukan oleh PT Bina Pertiwi sudah sepatutnya kita apresiasi bersama. Besar harapan, kegiatan ini dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain yang peduli dengan kondisi lingkungan saat ini.

Kami percaya, semakin banyak tangan yang turut serta dalam aksi baik ini, semakin lestari alam yang kita tempati saat ini. Ikuti jejak PT Bina Pertiwi hijaukan Pulau Pari bersama LindungiHutan, Mari bersama hijaukan wilayah Indonesia!

Hijaukan Kembali Indonesia, Bersama LindungiHutan!

Nyatakan bentuk kepedulian Anda terhadap lingkungan bersama LindungiHutan. Anda dapat berdonasi mulai dari Rp20.000, sekaligus turut serta dalam proses penanaman secara langsung. So, Jalin kerja sama dengan Kami sekarang juga, lakukan kegiatan penghijauan yang berkelanjutan!

Selamatkan Destinasi Wisata Pulau Pari dari Ancaman Abrasi!

PT Bina Pertiwi tanam mangrove di Pulau Pari bersama mitra penggerak
Penanaman mangrove bersama mitra penggerak di Pulau Pari. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Secara administrasi, Pulau Pari terletak di Kepulauan Seribu provinsi DKI Jakarta. Pulau Pari terletak di antara gugusan pulau yang berderet dari selatan hingga ke utara perairan Jakarta. 

Kepulauan Seribu memiliki keindahan alam yang luar biasa di dalamnya. Salah satunya Pulau Pari yang menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan.

Disana, wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan mulai dari bersepeda, snorkeling, bermain sampan, hingga speedboat. Berbagai penginapan juga tersedia untuk wisatawan yang berlibur seperti losmen, homestay, dan lainnya.

Namun, pada tahun 2020,terjadi luapan yang cukup besar mengancam Pulau Pari. Abrasi dan banjir rob mengancam wilayah pesisir bahkan hingga pemukiman penduduk sekitar Pulau Pari terkena imbasnya.

Peranan ekosistem mangrove sangat dibutuhkan untuk menjaga Pulau Pari sebab memiliki perakaran yang kuat dan dapat menghalau gelombang menuju ke daratan. Penanaman mangrove juga dapat mengurangi dampak dari perubahan iklim.

Penanaman mangrove oleh PT Bina Pertiwi di Pulau Pari juga mendukung program berkelanjutan atau SDGs seperti mencegah degradasi lahan akibat abrasi, mengurangi dampak banjir di pemukiman warga, meningkatkan area tutupan hijau, membantu pengurangan emisi karbon, meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar, dan menyediakan jam kerja bagi warga sekitar.

Baca juga: Hino Finance Indonesia Kembali Tanam 3.500 Mangrove di Semarang dan Lampung

Tanam Pohon Bersama LindungiHutan Melalui Impact CSR yang Berkelanjutan

Impact CSR merupakan sebuah program dari LindungiHutan yang bertujuan sebagai wadah bagi perusahaan memberikan tanggung jawabnya dalam aspek sosial dan lingkungan. 

Kegiatan CSR ini salah satunya dapat dilakukan dengan menanam pohon atau penghijauan untuk memberikan dampak bagi lingkungan dan masyarakat setempat.

Kami telah dipercaya lebih dari 350+ perusahaan dan brand untuk membantu dalam kegiatan penghijauan ini. Sebab, kami menjunjung nilai mudah, transparan, berkelanjutan, fleksibel, dan inklusif.

Kami juga menjalin kerja sama dengan 40+ mitra penggerak yang memudahkan dalam kegiatan penanaman hingga pemantauan setelah penanaman pohon dilakukan. Aksi yang kami lakukan, akan terlihat secara publik di laman kampanye alam perusahaan/brand Anda.

Baca juga: Sustainable Hero 2023: Kegiatan Konservasi Lingkungan Oriflame Indonesia Tanam 3.200 Pohon di 4 Provinsi

So, tunggu apalagi? Jalin kerja sama melalui Impact CSR seperti PT Bina Pertiwi, jaga kelestarian alam Indonesia bersama LindungiHutan!

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan