Connect with us

Mitra Hijau

Aksi Indorelawan Gerakkan Penghijauan di Kabupaten Bekasi

Published

on

Aksi Indorelawan Gerakkan Penghijauan di Kabupaten Bekasi

Indorelawan adalah sebuah platform bertujuan untuk mempertemukan relawan dengan organisasi sosial yang membutuhkan relawan dalam aksi bersama. 

Yayasan ini menghubungkan program-program sosial organisasi dengan relawan dalam jumlah besar atau berskala nasional.

Saat ini, yayasan Indorelawan telah bekerja sama dengan 261.667 relawan, 5.065 komunitas/organisasi, dan membantu 8.686 aktivitas sosial di berbagai bidang.

Hadirnya Indorelawan membawa mimpi besar yaitu menjadikan kegiatan relawan bukan lagi kegiatan sosial yang eksklusif, namun menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia terbiasa membantu antar sesama.

Aksi Nyata Indorelawan Tanam 508 Mangrove di Pantai Bahagia

Foto penanaman mangrove Indorelawan dibantu oleh mitra penggerak LindungiHutan
Proses penanaman bersama di lokasi penanaman. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kebaikan bukan hanya angan semata, melalui tagline “Ubah niat baik jadi aksi baik hari ini!” menjadi sebuah dorongan untuk melakukan kebaikan dengan aksi nyata. 

Seraya (sub-brand Indorelawan), senantiasa memberikan kontribusinya untuk mengatasi perubahan iklim melalui kegiatan penghijauan. Aksi tersebut diwujudkan Indorelawan dengan berkolaborasi bersama LindungiHutan.

Dalam kolaborasi tersebut, menghadirkan sebuah gerakan penghijauan di Pantai Bahagia, Kabupaten Bekasi. Melalui inisiasi kampanye alam yang bertajuk “Seraya : Bersama Rayakan Kebaikan”, Indorelawan berhasil mengumpulkan 508 pohon mangrove dan ditanam di Pantai Bahagia pada 10 Juli 2023.

Kegiatan penghijauan Indorelawan untuk wilayah pesisir Indonesia patut kita apresiasi bersama. Harapannya, inisiasi kampanye tersebut dapat memberikan manfaat baik bagi lingkungan dan masyarakat setempat.

Dan juga, aksi tersebut dapat diikuti oleh komunitas atau organisasi di seluruh Indonesia. Kami percaya, semakin banyak ‘tangan’ yang terlibat, semakin banyak pula manfaat yang ditebar.

Mari Jalin Kerja Sama CSR bersama LindungiHutan!

Melalui Impact CSR, kini brand dan perusahaan Anda dapat berdampak bagi lingkungan dan masyarakat. Kami telah dipercaya oleh ratusan brand perusahaan dalam melakukan penanaman pohon di berbagai lokasi di Indonesia. Komitmen Kami, memberikan pelayanan terbaik bagi setiap mitra kami. Bersama-sama kita berikan manfaat bagi lingkungan dan masa depan!

Baca juga: Scarlett Sukseskan Pengijauan Tanam 1.000 Mangrove di Kabupaten Indramayu

Ratusan Mangrove dari Indorelawan sebagai Upaya Penyelamatan Pantai Bahagia dari Ancaman Abrasi

Ratusan mangrove dari Indorelawan dibawa menggunakan perahu
508 Mangrove ditanam di Pantai Bahagia. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pantai Bahagia terletak di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Pantai ini menyimpan potensi sebagai destinasi wisata bahari. Kawasan ini juga dapat dikembangkan menjadi area konservasi mangrove dan penangkaran satwa dilindungi yaitu Lutung Jawa. Area ini menyimpan 33 jenis mangrove yang didominasi oleh mangrove api-api.

Namun, keadaan semakin berubah. Banyak area mangrove kini beralih fungsi menjadi pemukiman, tambak, ladang, sawah, dan peruntukan lainnya. Nilai fungsi hutan mangrove menurun seiring berkembangnya waktu.

Ekosistem hutan mangrove yang tersisa pada tahun 2020, mencapai 1.028,64 ha dari yang semula 10.481,15 ha. Dampaknya, abrasi dan intrusi air laut tidak dapat dikendalikan dan mengancam wilayah pesisir Pantai Bahagia. 

Aktivitas perekonomian masyarakat terganggu sebab hilangnya mata pencaharian masyarakat. Kualitas ekosistem juga menurun dan tumpang tindih pemanfaatan sering terjadi mengakibatkan konflik kepentingan yang belum terselesaikan saat ini.

Oleh karena itu, dibutuhkan kegiatan penghijauan kembali dengan menanam mangrove untuk menyelamatkan kembali area pesisir Pantai Bahagia ini. 

Dengan begitu, upaya penanaman mangrove ini dapat mendukung program pembangunan berkelanjutan atau SDGs dengan mencegah degradasi lahan akibat abrasi, mengurangi dampak banjir di pemukiman warga, meningkatkan area tutupan hijau, membantu pengurangan emisi karbon, meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar, dan menyediakan jam kerja bagi warga sekitar.

Mangrove juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan olahan makanan seperti dodol, kopi, dan sirup.

Baca juga: BCAlife Tanam 1.999 Mangrove Untuk CSR Penghijauan di Kota Semarang

Impact CSR: Program Penghijauan yang Berkelanjutan Jaga Kelestarian Lingkungan

Bersama LindungiHutan, aksi penghijauan kini semakin mudah, transparan, dan berkelanjutan. Bagi perusahaan yang ingin memberikan kontribusi dalam upaya menghijaukan Indonesia, kini bisa melalui program Impact CSR.

Impact CSR merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang lingkungan dan sosial yang bertujuan untuk memberikan manfaat dalam aspek sosial, ekonomi, dan ekologi bersama LindungiHutan.

Indorelawan tanam ratusan mangrove di Pantai Bahagia
Mitra penggerak LindungiHutan di Pantai Bahagia. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kami telah bekerja sama dengan 40+ mitra penggerak LindungiHutan yang tersebar di wilayah Indonesia. Saat ini, kami telah dipercaya 350+ brand dan perusahaan membantu kegiatan CSR lingkungan yang berkelanjutan.

Baca juga: PT Honda Trading Indonesia Selenggarakan CSR Penghijauan di Jakarta

Ikuti jejak Indorelawan melalui program Impact CSR bersama LindungiHutan. Mari tanam pohon lebih banyak, jaga kelestarian alam dan lingkungan bersama-sama!

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Survey LindungiHutan