Connect with us

Tim Kami

5 Nilai-Nilai LindungiHutan yang Jarang Orang Ketahui, Apa Saja?

Published

on

5 Nilai-Nilai LindungiHutan yang Jarang Orang Ketahui, Apa Saja_.

Sebelumnya kita pernah membahas mengenai cara menemukan ide startup. Memahami bagaimana sebuah startup diperlukan oleh masyarakat melalui inovasi-inovasinya, hingga cara bersaing dengan kompetitor. Dalam artikel sebelumnya juga disebutkan pentingnya memiliki Unique Selling Point atau nilai-nilai unik demi bisa bertahan di pasar.

Nah, kalau di LindungiHutan sendiri apa saja nilai-nilai yang menjadi pembeda dari startup lingkungan pada umumnya? Miftachur ‘Ben’ Robani selaku CEO dalam suatu kesempatan menjelaskan 5 nilai-nilai LindungiHutan antara lain sebagai berikut!

1. Mudah

Nilai-nilai LindungiHutan yang pertama adalah mudah! Bersama LindungiHutan, semua orang bisa menanam dengan mudah. Mereka yang ingin menanam pohon tak perlu repot-repot melakukan survey lapangan ke Pesisir Tambakrejo, Kota Semarang.

Tenang, semua itu LindungiHutan yang atur! Jadi enggak perlu repot buat ngurus ini ngurus itu. Sebab, kami sediakan semua kebutuhannya dan kami yang atur semuanya. Pokoknya terima beres!

2. Fleksibel

Dalam praktiknya, LindungiHutan sangat luwes menyesuaikan diri dengan audiens. Mengingat kebutuhan dari masing-masing audiens atau masyarakat yang kerap kali berbeda, maka bisa kita sesuaikan. Hal Inilah yang kemudian menjadi nilai kami yaitu fleksibel.

Artinya, untuk melakukan penanaman pohon kami tidak memerlukan persyaratan yang banyak dan ribet. Semua bisa dengan mudah dan tanpa fa fi fu was wes wos!  

Bahkan, jika LindungiHutan diminta untuk menanam pohon besok pagi, iya besok pagi banget! Kami juga bisa! Bukannya mau pamer si, tetapi kenyataannya memang begitu, hiks.

Well, semua penanaman pohon bagi kami sangatlah berarti. Berapapun jumlahnya, pohon tersebut pasti kami tanam! Mark my word!

3. Transparan

Kami menawarkan semua orang yang terlibat dan bekerja sama dengan kami bisa mendapatkan akses atas berbagai informasi. Kami menggarisbawahi pentingnya action, peran, hingga dampak yang dilakukan maupun dihasilkan baik itu oleh donatur, penggalang, partner, maupun mitra. Semuanya mesti terekam dengan baik!

Baca juga: Soal Menanam Pohon dan Keyakinan Aminul Ichsan bahwa Hidup itu Harus Menghidupi (2022)

Bukan hanya itu, semua informasi tersebut bisa didapatkan dengan mudah tanpa harus melakukan login, registrasi, ataupun langkah-langkah yang merepotkan. Kamu hanya perlu mengunjungi website lindungihutan.com.

4. Berkelanjutan

Tahukah kamu, kalau pohon yang kamu tanam bersama LindungiHutan bakal dirawat hingga umur tertentu. Jadi, jangan khawatir kalau pohon milikmu mati tak terurus.

Karena pohon-pohon tersebut dirawat seperti anak sendiri—kaya pernah denger tapi dimana ya? Kalau kamu enggak percaya, kamu bisa memanfaatkan fitur Pantau di LindungiHutan.

Melalui fitur tersebut, kamu bisa tahu berapa jumlah pohon hidup, mati, rataan diameter pohon, rataan tinggi pohon, umur pohon, hingga rataan emisi CO2 yang terserap.

Bukan hanya itu, donatur juga akan mendapatkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) dari tim LindungiHutan. Laporan tersebut berisikan detail kegiatan, anggaran biaya, peserta yang mengikuti penanaman, kondisi rata-rata bibit pohon, hingga dokumentasi penanaman.

5. Inklusif

Banyak yang menganggap bahwa perosalan dan pembicaraan tentang lingkungan hanya menjadi isu dan topik bagi kalangan tertentu.

Belum-belum udah dikatain enggak peduli sama lingkungan, belum-belum udah dimarahin karena makan pakai sendok plastik, kan orang jadi takut yak? Hal inilah yang justru kerap membuat masyarakat umum enggan terlibat atau memberikan kontribusinya dalam upaya-upaya pelestarian lingkungan.  Muncul semacam perasaan kalau kita tidak ikut dilibatkan dalam isu atau hal-hal tersebut. Ingat, semua itu butuh waktu! Maka hargailah setiap proses dan progresnya!

Padahal, kalau semua orang terlepas dari latar belakangnya, mau bahu-membahu menjaga dan merawat bumi kita, maka bukan tidak mungkin kita bisa hidup dalam lingkungan yang lebih sehat.

LindungiHutan percaya bahwa semua orang bisa ikut berperan menghijaukan bumi kita. Jadi, ketimbang kita saling menyalahkan, yuk ambil peranmu dan tanam pohonmu sekarang!

Baca juga: Hari Hutan Indonesia 2022: Menjawab Seberapa Pentingnya Peran Anak Muda dalam Partisipasi Pelestarian Hutan dan Lingkungan

Itulah 5 nilai-nilai LindungiHutan sebagai startup yang bergerak di bidang lingkungan. Penasaran dengan pembahasan seputar startup lingkungan lebih lanjut? Nantikan artikel-artikel berikutnya dengan topik bahasan yang pastinya tak kalah menarik!

Apa saja 5 nilai-nilai LindungiHutan?

Mudah, fleksibel, transparan, berkelanjutan, dan inklusif.

Mengapa sebuah startup penting memiliki nilai unik?

Dalam artikel sebelumnya juga disebutkan pentingnya memiliki Unique Selling Point atau nilai-nilai unik demi bisa bertahan di pasar. USP inilah yang kemudian penting dimiliki oleh startup.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan laporan tahun 2023 LindungiHutan

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Blog LindungiHutan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.