Powered by ProofFactor - Social Proof Notifications

Sepotong Cerita Novi dan Elia Merayakan Momen Idolanya Bersama LindungiHutan (2022)

Campaign atau kampanye alam adalah sebutan bagi siapapun yang ingin membuat penggalangan dana di platform LindungiHutan.
Sepotong Cerita Novi dan Elia Merayakan Momen Idolanya Bersama LindungiHutan (2022).

Tahukah kamu jika ada banyak orang di luar sana yang mengidolakan seseorang hingga rela melakukan berbagai hal sebagai bentuk bukti kecintaannya. Bahkan, beberapa orang tersebut mau menyisihkan uang, tenaga, dan waktu untuk menunjukkan loyalitas serta rasa cintanya kepada idola.

Memang, memiliki idola terkesan hanya membuang-buang waktu dan tak ada gunanya. Padahal, keberadaan idola bisa menjadi role model sekaligus inspirasi hidup. Tentunya inspirasi yang positif!

Akan tetapi, mengidolakan seseorang ternyata juga membutuhkan modal loh! Kalau enggak percaya, coba kamu jawab pertanyaan ini!

Ketika ada penyanyi favorit menggelar konser pasti kamu juga ingin ikut menontonnya bukan? Ada keluaran merchandise baru, buru-buru checkout di shopee, padahal dompet kering kerontang layaknya hatimu yang kosong. Belum lagi kalau ada meet and greet, kamu juga harus keluar ongkos jalan, beli makan, beli tiketnya—masa iya kamu jadi peserta gelap, dan segala tetek bengek lainnya yang membutuhkan uang.

Lihat bestie! Mempunyai idola bukan hanya sebatas memajang poster besar di tembok kamar yang kalau posternya dibuang bapak, tembok kamarmu jadi belang-belang!

Punya idola juga butuh modal! Paling enggak kalau ada anniversary atau perayaan yang melibatkan idola dan segenap fans-nya, kamu bisa ikutan jadi tim hore! Memberikan kontribusi dalam kancah per-komunitas-an idolamu.

Lantas, bagaimana jika bujet yang kamu miliki tetap tak bisa diajak kompromi? Tenang, kalau kata pepatah, ada seribu jalan menuju Roma, kalau kata kamu ada seribu jalan mengharumkan nama idola!

Baca juga: Anniversary BTS: Army Hadiahkan 2.500 Pohon untuk Idola

Bersama LindungiHutan, kamu bisa membuat kampanye alam untuk merayakan segala bentuk momen spesial idolamu. Bias kamu ulang tahun? Pengin dirayain? Sama LindungiHutan bisa kok! Grup idol favoritmu come back? Mau minta tolong LindungiHutan buat bantu buat perayaannya? Hayu!

Oh iya, buat kamu yang belum tahu atau baru dengar istilah kampanye alam, well, listen to this bruh! Campaign atau kampanye alam adalah sebutan bagi siapapun yang ingin membuat penggalangan dana di platform LindungiHutan. LindungiHutan adalah wadah crowdsourcing penggalangan dana online untuk konservasi hutan dan lingkungan.

See! Di zaman yang katanya sudah 4.O ini, ada banyak cara merayakan momen spesial, salah satunya dengan membuat kampanye alam. Jadi, kalau idolamu lagi ada momen penting, kamu bisa ikutan unjuk gigi alias pamer ke teman-temanmu kalau kamu juga punya metode perayaan yang lain daripada yang lain. Anti mainstream betul!

Ketika kebanyakan fans merayakan hari ulang tahun idolanya sebatas mengunggah Instastory di Instagram, kamu bisa selangkah lebih maju dan kreatif dengan mengadakan kampanye alam bersama LindungiHutan.

Niscaya, kampanye alam buatanmu ini akan mendobrak kultur perayaan-perayaan fandom yang sudah terlalu biasa. Kini, makna menanam bukan hanya berarti melawan, di tangan para fandom, menanam bisa bermakna saranghaeyo oppa!

Cerita Novi dan Elia selama Membuat Kampanye Alam Bersama LindungiHutan

Foto ketika meet tim lindungiHutan bersama Campaigner berlangsung.
Dokumentasi meettim LindungiHutan bersama Campaigner. Dok.LidungiHutan.

Well, sampai di sini mungkin kamu bertanya-tanya, apakah LindungiHutan betul-betul bisa mewujudkan perayaan idol lewat Kampanye Alam? Atau dari hati yang paling dalam, mungkin kamu masih enggak percaya sama LindungiHutan buat memfasilitasi perayaan idolamu melalui Kampanye Alam?

Kami, tim LindungiHutan, telah merangkum percakapan bersama campaigner atau penggalang (sebutan bagi mereka yang membuat kampanye alam di LindungiHutan) mengenai alasan dan testimoninya mengapa hingga kini mereka masih mau dan terus membuat kampanye alam di LindungiHutan?

Kami bertemu via daring dengan Elia dari Sidoarjo dan Novi Yanti dari Jakarta. Mereka berdua adalah penggemar grup musik asal Korea Selatan. Elia merupakan fans Infinite, sedang Novi Yanti menggemari Seventeen.

Mereka berdua pertama kali mengetahui tentang LindungiHutan dari lini masa Twitter dan grup fandom (Fans Kingdom). Seiring berjalannya waktu, mereka kemudian ikut menginisiasi kampanye alam untuk grup idola mereka.

Ketika ditanya mengenai alasan membuat kampanye alam di LindungiHutan, menurut Novi harga pohon di LindungiHutan termasuk murah sehingga terjangkau oleh banyak orang. Alhasil, jumlah donatur pohon yang terkumpul pun juga banyak. Karena murah!

Sementara itu, Elia menilai kampanye alam di LindungiHutan dilakukan dengan transparan, jelas, simpel dan mudah.

“Bikin campaign di LH itu mudah, LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) dokumentasi itu jelas dan dikirim di halaman campaign, jadi bisa dipantau, ada perkembangannya juga. Simpel dan mudah,” Ungkap Elia.

Berbicara soal kemudahan, memang tidak bisa dipungkiri ketika menginisiasi sebuah kampanye atau donasi terkadang merepotkan dan menguras tenaga. Namun, bagi Novi dan Elia, membuat kampanye alam di LindungiHutan bisa dikatakan cukup mudah.

Awal bikin itu gampang, paling cuma desain fotonya aja, sama LH selalu berkomunikasi dan selalu jadi,” Tutur Elia.

Novi menambahkan, jika kehadiran admin LindungiHutan, membuatnya terbantu selama proses pembuatan kampanye alam.

“Bikin campaign di LH itu mudah, adminnya bisa membantu buat menjawab pertanyaan campaigner ataupun donatur,” Tambah Novi.

Pengalaman Novi dan Elia dalam menginisiasi kampanye alam di LindungiHutan memang bukan hanya sekali dua kali, tapi sudah berkali-kali. 

Adapun alasan Novi mau membuat kampanye alam bersama LindungiHutan hingga berkali-kali karena melihat dampak dan manfaat yang diberikan, utamanya pada lingkungan.

Baca juga: Perjuangan Pak Ujang Jaga Kelestarian Hutan Mangrove Jakarta

“Bikin campaign berkali-kali karena kalau di fandom itu banyak perayaan aja, nah aku ingin perayaan ada gunanya, ada manfaatnya, bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan. Aku juga yakin kalau teman-teman fandom pasti ngasih tanggapan yang positif,” Jelas Novi.

Sementara itu, ketika ditanya perihal keuntungan apa yang didapat dari membuat kampanye alam untuk idolanya, Elia menjelaskan bahwa keuntungannya bukan semata untuk dirinya saja.

“Untungnya lebih ke fandom K-Pop, atas nama idol, untuk ke lingkungan, setidaknya dengan membuat campaign jadi sudah membantu dan mengambil bagian biar lingkungan lebih baik dan hijau, lebih adem,” Kata Elia.

Novi dan Elia kembali menambahkan, bagi siapapun yang ingin mengikuti jejaknya untuk membuat kampanye alam bersama LindungiHutan bisa menerapkan beberapa kiat-kiat berikut.

Bagi Novi, kunci kesuksesan sebuah kampanye alam terletak pada bagaimana pendekatan yang dilakukan penggalang atau pembuat kampanye. Penting pula untuk mengikuti fanbase atau share info di menfess. Walaupun angka followers-nya sedikit, tetapi bisa menarik lebih banyak perhatian.

Lain lagi dengan cara Elisa menyukseskan kampanye alam. Salah satu faktor yang memengaruhi kesuksesan sebuah kampanye ada pada muatan informasinya.

“Bikin campaign yang semenarik mungkin, narasi dan banner-nya buat menarik, yang di Bedono (lokasi penanaman di Bedono Demak) itu rame banget karena bermanfaat buat diri sendiri, orang sekitar, sama lingkungan (alam),” Tutur Elisa.

Pada pengujung percakapan kami dengan Novi dan Elia, mereka menyampaikan harapannya untuk LindungiHutan ke depannya.

Novi berharap agar kisaran harga bibitnya selalu terjangkau dan semoga harganya tidak naik lagi. Jadi, teman-teman yang masih sekolah, kuliah, atau belum berpenghasilan tetap bisa ikut berpartisipasi dalam kampanye alam.

Sedangkan bagi Elia, harapannya pelayanan admin dapat dipertahankan karena sudah bagus dan juga membantu campaigner maupun donaturnya. 

Ia juga berharap lokasi penanaman LindungiHutan bisa mencakup wilayah dari Sabang hingga Merauke. Alhasil, akan lebih banyak lagi lokasi yang terbantu dan menambah partner petani.

Kamu juga Bisa loh Rayakan Idolamu Bersama LindungiHutan

Kamu juga bisa seperti Novi dan Elia, merayakan idola favoritnya dengan cara yang anti mainstream sekaligus bermanfaat. Bersama LindungiHutan siapapun bisa membuat kampanye alam dengan mudah, murah, jelas, dan transparan!

Muhamad Iqbal
Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.