Connect with us

Kegiatan

Mari Bergabung dalam Aksi Hijau, Gabung Aksi Semarang dan Tangerang Telah Dibuka!

Published

on

Program Gabung Aksi LindungiHutan

Kabar gembira untuk kalian yang ingin terlibat dalam kegiatan penanaman pohon secara langsung bersama LindungiHutan. Kini, program Gabung Aksi telah dibuka kembali!

Pada program ini, LindungiHutan memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk melakukan aksi hijau secara nyata. Dalam waktu dekat, program Gabung Aksi akan dilaksanakan di dua kota besar di Indonesia. Penasaran dimana lokasinya dan bagaimana cara mendaftarnya?

Apa Itu Gabung Aksi?

Gabung Aksi merupakan inisiatif hijau dari LindungiHutan yang mengajak individu untuk bersama-sama berpartisipasi dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan mencapai misi keberlanjutan untuk bumi. 

Foto kondisi penanaman mangrove di lapangan. Dokumentasi: LindungiHutan

Baca juga: Gemar Menginisiasi Kampanye Alam, Simak Cerita Inspiratif Farid Aulia Rahman

LindungiHutan memberikan peluang bagi setiap individu yang ingin menyalurkan kepeduliannya secara aktif dan nyata dalam upaya pelestarian alam salah satunya melalui kegiatan penanaman pohon.

Melalui Gabung Aksi, inisiatif ini diharapkan dapat membawa dampak positif serta berkelanjutan baik itu dari sisi ekologi, maupun sosial ekonomi. Sebab, dengan mengikuti gabung aksi, kita tidak hanya membantu dalam upaya pelestarian lingkungan, tetapi juga ikut meningkatkan kesadaran lingkungan bersama.

Dimana dan Kapan Gabung Aksi Akan Diselenggarakan?

Sementara ini, program Gabung Aksi akan diselenggarakan di Jabungan (Semarang) pada 24 Februari 2024 dan Sukawali (Tangerang) pada 3 Maret 2024.

Jabungan dan Sukawali, dua lokasi yang mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, tetapi memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Terletak di tengah keramaian Kota Semarang, Jabungan memiliki kekayaan alam yang perlu dijaga bersama-sama.

Foto penanaman di Jabungan. Dokumentasi: LindungiHutan

Kawasan hutan lindung di sana merupakan habitat bagi berbagai spesies flora dan fauna yang langka. Namun, maraknya praktik penebangan ilegal telah mengancam kelestarian lingkungan. Banjir dan longsor menjadi ancaman nyata bagi masyarakat setempat akibat kerusakan ekosistem yang terjadi.

Baca juga: Perubahan Iklim Menuntut Keadilan Iklim, Edi dari Pulai Pari Menyampaikan Tuntutannya di Eropa

Di sisi lain, Sukawali, sebuah kawasan pesisir yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa, dulunya dipenuhi oleh hutan bakau yang menjaga keberlangsungan ekosistem pesisir. Namun, dampak dari aktivitas manusia, seperti konversi lahan menjadi tambak, telah mengubah wajah Sukawali. Area hijau yang merupakan benteng alami melawan gelombang dan abrasi pantai semakin menyusut, meningkatkan risiko kerentanan terhadap bencana alam.

Penanaman pohon menjadi langkah krusial dalam upaya memulihkan kedua lokasi ini. Tidak hanya memberikan manfaat langsung dalam menanggulangi kerusakan lingkungan, tetapi juga menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi masyarakat setempat.

Melalui upaya penghijauan ini, diharapkan kawasan Jabungan dan Sukawali dapat kembali menjadi surga bagi flora dan fauna endemik serta memperkuat ketahanan ekologis dan sosial masyarakat setempat.

Syarat dan Ketentuan

Program Gabung Aksi dibuka secara umum loh, tetapi ada syarat dan ketentuan bagi kamu yang ingin mendaftar. Apa saja?

  1. Setiap peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp100.000, diluar biaya donasi pohon,
  2. Biaya tersebut mencakup alat transportasi menuju lokasi penanaman dan makan siang selama kegiatan,
  3. Peserta diwajibkan membawa botol minum/tumbler,
  4. Peserta diwajibkan untuk terlebih dahulu berdonasi minimal 1 pohon di laman kampanye LindungiHutan,
  5. Kegiatan volunteer penghijauan sementara ini hanya akan dilakukan di beberapa lokasi penghijauan seperti Pantai Mangunharjo (Semarang), Jabungan (Semarang), Ekowisata Mangrove Wonorejo (Surabaya), dan Desa Sukawali (Tangerang),
  6. Biaya pendaftaran bersifat non-refundable atau tidak dapat dikembalikan apabila peserta tidak dapat mengikuti kegiatan.

Baca juga: Sepotong Cerita Novi dan Elia Merayakan Momen Idolanya Bersama LindungiHutan

Tutorial Daftar Gabung Aksi

Berikut, cara mudah untuk mendaftar Gabung Aksi

  1. Kunjungi halaman https://lindungihutan.com/ dan tulis kata kunci “Gabung Aksi pada kolom pencarian,
  2. Pilih kampanye Gabung Aksi ,
  3. Klik “Gabung Aksi”,
  4. Klik “Gabung Aksi Sekarang”,
  5. Isi kolom yang tersedia dan donasi pohon (minimal 1 pohon) serta pilih metode pembayaran,
  6. Klik “Bayar Sekarang”.

Rasakan Serunya Menanam Pohon, Jangan Sampai Ketinggalan Gabung Aksi!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan