Connect with us

Mitra Hijau

Inisiasi Penghijauan Princeton Digital Group “Tree Plantation CSR” Tanam 1.000 Mangrove di Kendal

Published

on

Aksi Penghijauan Princeton Digital Group

Princeton Digital Group (PDG) merupakan perusahaan teknologi asal Singapura yang bergerak dibidang pengembang dan operator infrastruktur internet terkemuka. Saat ini, PDG memiliki 21 pusat data yang tersebar di 15 kota dan 6 negara termasuk Singapura, China, Indonesia, India, dan Jepang.

Princeton Digital Group menyadari bahwa seluruh aktivitas bisnis yang sedang dijalani turut menyumbang emisi karbon (melalui penggunaan listrik) dalam skala besar. Maka dari itu, PDG berkomitmen menghadirkan pusat data yang ramah lingkungan sebagai bentuk kepedulian terhadap upaya keberlanjutan.

Sebagai bentuk tanggung tanggung jawab perusahaan kepada lingkungan tidak hanya dihadirkan melalui proyek yang sedang dijalankan. Lebih dari itu, PDG juga menciptakan lingkungan yang berkelanjutan melalui kerja samanya dengan LindungiHutan.

Kolaborasi CSR Princeton Digital Group Bersama LindungiHutan

Bersama LindungiHutan, Princeton Digital Group (PDG) melakukan kolaborasi aktif dalam melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan melalui program penghijauan (penanaman mangrove). PDG, menghadirkan sebuah kampanye penghijauan “Tree Planting CSR” sebagai aksi nyata perusahaan peduli terhadap lingkungan.

Princeton Digital Group menanam mangrove
Penanaman mangrove Princeton Digital Group di Pantai Kartika Jaya Kendal. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Tree Planting CSR merupakan bentuk program CSR perusahaan yang dilakukan untuk memberikan manfaat keberlanjutan bagi lingkungan dan masyarakat. Melalui kampanye tersebut, Princeton Digital Group bersama LindungiHutan berhasil menanam 1.000 bibit mangrove di Pantai Kartika Jaya, Kabupaten Kendal pada 28 Oktober 2023.

LindungHutan memberikan apresiasi kepada Princeton Digital Group dalam upayanya membantu mengatasi permasalahan lingkungan di Pantai Kartika Jaya. 

Penanaman Mangrove Princeton Digital Group
Total, ada 1.000 bibit mangrove yang ditanam. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Aksi yang telah dilakukan oleh Princeton Digital Group merupakan salah satu contoh perusahaan peduli lingkungan. Langkah baik itu pun, bisa menjadi inspirasi bagi perusahaan lainnya untuk turut memperhatikan keadaan lingkungan di sekitarnya.

Baca juga: PetroChina International Jabung Ltd Gandeng LindungiHutan Tanam 5.000 Mangrove di Pulau Pari Kepulauan Seribu

Abrasi dan Banjir Rob Mengancam Pantai Kartika Jaya

Kabupaten Kendal berada di pesisir utara yang letaknya berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Kabupaten ini dikelilingi oleh garis Pantai Utara Jawa sepanjang 42,4 km. Kendal termasuk dalam wilayah yang memiliki potensi besar untuk pariwisata yang memiliki panorama indah berupa pantai, sungai, dan taman. Salah satu potensi besarnya berada di Pantai Kartika Jaya.

Namun, Pantai Kartika Jaya sejak lama telah terancam abrasi dan banjir rob. Pada tahun 2009, pantai ini terkikir cukup parah oleh air lautan hingga menghabiskan 30 hektar daratan. Puncaknya pada tahun 2017, Pulau Tiban yang menjadi objek wisata di Pantai Kartika Jaya dihancurkan oleh kencangnya badai yang melanda daerah tersebut.

Program CSR Princeton Digital Group
Lokasi penanaman mangrove di Pantai Kartika Jaya Kendal. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pada tahun 2021, masyarakat Pantai Kartika Jaya dilanda oleh banjir rob yang merusak kawasan pertambakan. Akibatnya, masyarakat kehilangan lahan tambak beserta ikan yang dibudidaya sehingga menyebabkan gagal panen dan menimbulkan kerugian besar bagi masyarakat setempat. Disisi lain banjir rob juga menenggelamkan rumah-rumah warga.

Oleh karena itu, LindungiHutan bersama Wasito, masyarakat Desa Kartika Jaya melakukan kerja sama untuk menyelamatkan Pesisir Kartika Jaya dari abrasi dan banjir rob. Melalui penanaman mangrove besar harapan mampu memperbaiki lingkungan dan mempertahankan daratan Kartika Jaya sebagai tempat tinggal masyarakat setempat.

Upaya penanaman mangrove oleh Princeton Digital Group, merupakan salah satu aksi yang berdampak baik bagi lingkungan dan masyarakat sekitar Pantai Kartika Jaya. Nyatanya, PDG juga turut mendukung program keberlanjutan secara global dengan:

  • Mencegah degradasi lahan akibat abrasi (SDG’s 15)
  • Mengurangi dampak banjir di pemukiman warga (SDG’s 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau (SDG’s 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon (SDG’s 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar (SDG’s 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar (SDG’s 8).

Baca juga: AsetKu Bersama LindungiHutan Tanam 1.000 Mangrove di Pulau Pari Kepulauan Seribu

Jalin Kerja Sama CSR yang Berdampak dan Berkelanjutan Bersama LindungiHutan

Gabung bersama LindungiHutan dalam menyukseskan program CSR perusahaan Anda. Bekerja sama dengan Kami kegiatan CSR akan mudah, transparan, tepat sasaran, dan berkelanjutan.

Hingga saat ini, LindungiHutan telah menanam lebih dari 700 RIBU pohon di 50 lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia. Kami juga melibatkan kurang lebih 118 Mitra Petani di lapangan untuk memastikan penanaman yang kami lakukan ter-monitoring dengan baik. Alhasil, program CSR perusahaan Anda bisa berjalan dengan efektif, tepat sasaran, dan pastinya berkelanjutan.

Segera kunjungi laman CSR LindungiHutan dan mari bekerja sama!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan