Connect with us

Mitra Hijau

Inisiatif Penghijauan PT Pupuk Indonesia di Jakarta dan Bekasi

Published

on

Inisiatif penghijauan PT Pupuk Indonesia

Pengelolaan lingkungan menjadi isu penting dalam era modern ini. Perubahan iklim dan kerusakan lingkungan menjadi ancaman yang semakin mengkhawatirkan. 

Di tengah tantangan ini, PT Pupuk Indonesia, salah satu perusahaan milik negara Indonesia, senantiasa berkontribusi dalam upaya menjaga kelestarian alam.

Sejak tahun 2015, PT Pupuk Indonesia Persero telah aktif terlibat dalam pengelolaan lingkungan hidup yang diwujudkan salah satunya melalui program penghijauan. Pada tahun 2021, perusahan telah berhasil dalam upaya menjaga lingkungan melalui program penanaman pohon bersama LindungiHutan.

Komitmen PT Pupuk Indonesia dalam Program Pembangunan Berkelanjutan SDGs

PT Pupuk Indonesia menanam mangrove di Bekasi
5000 mangrove dari PT Pupuk Indonesai di tanam di Pantai Bahagia Kabupaten Bekasi. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

SDGs merupakan serangkaian target yang ditetapkan PBB dalam mengatasi persoalan terkait kemiskinan, kelaparan, kesehatan, lingkungan, pendidikan, dan lainnya. 

Dalam perjalanan bisnis perusahaan, PT Pupuk Indonesia Persero memegang prinsip keberlanjutan dengan meningkatkan pertumbuhan nilai bagi karyawan, mitra usaha, pelanggan, dan masyarakat di sekitar lokasi perusahaan. 

Pupuk Indonesia Group berkomitmen dan memberikan dukungan terhadap program berkelanjutan melalui langkah konkret salah satunya berfokus pada isu perubahan iklim yang terjadi saat ini.

Maka dari itu, perusahaan mengembangkan berbagai program tanggung jawab sosial dan lingkungan berpedoman pada aspek triple bottom lines melakukan upaya penghijauan dan terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan.

Baca juga: Michelin x LindungiHutan: Gerakan Penghijauan Aksi Peduli Lingkungan

Jalankan Penghijauan yang Berkelanjutan Bersama LindungiHutan!

LindungiHutan telah menanam 739.000+ pohon bersama dengan 482 perusahaan dan brand dalam negeri maupun luar negeri.

Aksi Penanaman Ribuan Mangrove PT Pupuk Indonesia untuk Lingkungan

Dalam rangka menjaga keselarasan dan keselamatan bumi, Pupuk Indonesia menjalin kerja sama dengan LindungiHutan dalam upaya kegiatan penghijauan. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan penanaman mangrove di dua kota yakni Jakarta dan Bekasi.

Kerja sama antara LindungiHutan dengan PT Pupuk Indonesia melalui sebuah program yang bernama Impact CSR. Tujuan melaksanakan dengan memberikan manfaat bagi lingkungan, ekonomi dan sosial masyarakat setempat. 

PT Pupuk Indonesia menanam mangrove di PIK
Penanaman mangrove oleh PT Pupuk Indonesia di Pantai Indah Kapuk, Kota Jakarta. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pupuk Indonesia berhasil mengumpulkan 500 pohon mangrove melalui kampanye alam bertajuk “DonaTree Viral Challenge : 500 Mangrove PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk Jakarta yang Lebih Hijau”. Sementara itu, 5000 mangrove berhasil dikumpulkan pada kampanye alam bertajuk “DonaTree Viral Challenge : 500 Mangrove PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk Bekasi yang Lebih Hijau”.

Penanaman mangrove di Jakarta tepat di Kawasan Ekowisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk sebanyak 25 orang peserta terlibat langsung dalam proses penanaman dan melibatkan pula pengelola kawasan hutan mangrove di Pantai Indah Kapuk. 

Di lokasi lain, Bekasi, penanaman mangrove dilakukan di Pantai Bahagia dengan melibatkan 7 orang beserta Pokdarwis Alipbata yang merupakan komunitas peduli lingkungan di Pantai Bahagia.

Tidak hanya menjaga kelestarian alam untuk masa depan, PT Pupuk Indonesia juga berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon yang marak diperbincangkan. Pohon mangrove yang tertanam milik PT Pupuk Indonesia sejak tahun 2021, mampu menyerap emisi karbon dioksida sebesar lebih dari 5.000 kg CO2eq.

LindungiHutan bekerja sama dengan petani setempat sebagai penyedia bibit mangrove yang akan ditanam. Melalui gerakan penghijauan ini Pupuk Indonesia juga turut membantu perekonomian masyarakat yang berkelanjutan.

“Kerjasama dengan LindungiHutan membantu Pupuk Indonesia (Persero) dalam mewujudkan program penanaman mangrove di area yang dekat dengan lokasi perusahaan  (Jakarta dan Bekasi). Langkah penghijauan kami ambil sebagai salah satu wujud kontribusi kami pada program dekarbonisasi” Meritia Ardyati, Staff Sinerji K3LH PT Pupuk Indonesia.

Baca juga: PT Arkadia Sinergi Indonesia Berkomitmen Mengatasi Perubahan Iklim di Indonesia

Survey LindungiHutan