Connect with us

Mitra Hijau

Kolaborasi Penghijauan Maybank Finance Bersama LindungiHutan Tanam 1.000 Mangrove di Tangerang

Published

on

Maybank Finance Tanam 1000 Mangrove di Tangerang

Maybank Finance adalah salah satu anggota dari Maybank Group, salah satu penyedia layanan keuangan terkemuka di ASEAN.

Kini, Maybank Finance menjadi perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan mobil baru dan bekas. Pada tahun 2014, perusahaan ini melakukan perluasan usaha dengan merambah pada bidang pembiayaan alat berat dan mesin industri.

Kelancaran bisnis perusahaan turut didukung oleh dealer- dealer resmi, showroom, dan supplier yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Pada tahun 2022, perusahaan ini berhasil memperoleh beberapa penghargaan antara lain The Best Sales Marketing for Private Company 2022, Multifinance Company With Assets Rp 5 Trillion Up to Less Than Rp 10 Trillion 2022, For The Financial Performance Full -Year 2021 with predicate “Excellent”, dan lainnya. 

Maybank Finance Kembali Tanam Mangrove sebagai Upaya Penghijauan Wilayah Pesisir

Penyerahan mangrove Maybank Finance ke petani
Foto simbolik penyerahan mangrove oleh tim Maybank Finance ke LindungiHutan. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Dalam praktik usahanya, Maybank Finance senantiasa memberikan kontribusi yang dapat memberikan manfaat baik bagi lingkungan dan masyarakat.

Oleh karena itu, Maybank Finance menggandeng LindungiHutan dalam upaya penghijauan di wilayah pesisir. Wilayah pesisir menjadi kawasan yang rawan terjadi abrasi. Hal tersebut menjadi perhatian perusahaan sebab melihat kondisi yang terjadi saat ini. 

Kolaborasi tersebut terjalin melalui program yang bernama Impact CSR. Maybank Finance menginisiasi kembali kampanye alam yang bertajuk “Program CSR Penanaman 1000 Pohon Mangrove di Desa Sukawali, Tangerang”.

Setiap tahunnya, Maybank Finance akan menyisihkan sebagian dari hasil penjualan untuk berdonasi di kampanye alam tersebut, sebagai pengimplementasian program CSR perusahaan. 

Kabar baiknya, perusahaan ini berhasil mengumpulkan dan menanam 1000 pohon mangrove di Desa Sukawali, Kabupaten Tangerang pada 5 Juli 2023.

Aksi Maybank Finance dalam menghijaukan wilayah pesisir patut kita apresiasi bersama. Mereka, telah mengambil langkah nyata dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Besar harapan, aksi ini dapat menjadi contoh bagi banyak orang dan bermanfaat bagi lingkungan serta masyarakat setempat. 

Baca juga: Hijaukan Pesisir Indonesia: Soul for Earth Gerakkan Aksi Penanaman di Kabupaten Demak

Hijaukan Pesisir Indonesia Bersama LindungiHutan!

Hadirnya LindungiHutan sebagai jembatan antara mitra perusahaan dengan mitra penggerak yang memiliki tujuan sama yaitu penghijuan lingkungan. Kami, telah membantu 360+ perusahaan dalam melakukan kegiatan penanaman pohon di seluruh Indonesia. Mari berdampak bersama, hijaukan kembali pesisir Indonesia!

Maybank Finance Upayakan Penghijauan Selamatkan Desa Sukawali dari Ancaman Abrasi

Penanaman mangrove oleh tim Maybank Finance
Penanaman mangrove di Desa Sukawali, Kabupaten Tangerang. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Secara administratif, Desa Sukawali terletak di Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten. Desa ini berada di wilayah pesisir Utara Banten yang berbatasan dengan Laut Jawa.

Kecamatan Pakuhaji menjadi salah satu kawasan yang menyimpan ekosistem mangrove di Kabupaten Tangerang. Namun, kualitas habitat mangrove di Kecamatan Pakuhaji tergolong rendah (116,084 ha), sebab kawasan ini dikelilingi pemukiman dan tambak milik warga.

Potensi Desa Sukawali menjadikan desa tersebut diresmikan menjadi Kampung Bahari Nusantara. Program tersebut merupakan kolaborasi antara instansi desa untuk pemanfaatan hutan dengan melibatkan masyarakat sekitar pantai. Program tersebut meliputi UMKM, edukasi, pariwisata, potensi kemaritiman, dan kesehatan.

Kendati demikian, menurut data Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Banten, luasan mangrove di Desa Sukawali pada tahun 2019 dibandingkan pada tahun 2005, menunjukkan pengurangan yang cukup luas.

Abrasi pun menjadi ancaman untuk Desa Sukawali yang dapat menurunkan perekonomian warga yang bergantung dengan alam.

Melihat kondisi tersebut, Maybank Finance melakukan upaya penghijauan dengan menanam mangrove guna mengurangi dampak abrasi di kawasan tersebut. Mangrove memiliki manfaat sebagai penahan ombak, pencegah abrasi, habitat bagi makhluk hidup, menyerap polusi udara, dan lain-lain.

Baca juga: Hino Finance Indonesia Kembali Tanam 3.500 Mangrove di Semarang dan Lampung

Kolaborasikan Penghijauan Melalui Impact CSR Bersama LindungiHutan

LindungiHutan adalah platform penggalangan dana untuk kegiatan konservasi hutan dan lingkungan. 

Kami memiliki program yang bernama Impact CSR, guna mengimplementasikan tanggung jawab perusahaan yang berdampak bagi sosial, ekonomi, dan lingkungan. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan melalui Impact CSR adalah penghijauan atau penanaman pohon. 

Kami telah membantu 350+ perusahaan dan brand dalam melakukan penghijauan yang tersebar di Indonesia. Sebab, kami memegang nilai mudah, berkelanjutan, dan transparan dalam setiap kegiatan kami.

Baca juga: Qualita Company Dukung Aksi Penghijauan Tanam 1.600+ Mangrove di Kota Semarang

Ikuti langkah Maybank Finance menghijaukan Indonesia, Klik di sini untuk penjelasan selengkapnya!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *