Connect with us

Mitra Hijau

Maybank Finance Peduli Lingkungan bersama LindungiHutan

Logo LindungiHutan - Green - Square - 1280 x 1280 pixels - PNG

Published

on

Maybank Finance gandeng LindungiHutan untuk menanam mangrove di Jakarta.

PT Maybank Indonesia Finance merupakan perusahaan yang memiliki kegiatan utama yang bergerak pada pembiayaan mobil baru dan bekas.

Pada tahun 2014, Maybank Finance juga melakukan perluasan usaha dengan mulai merambah pada pembiayaan alat-alat berat dan mesin industri.

Guna untuk mendukung kegiatan perseroan tersebut, Maybank Finance juga didukung oleh dealer-dealer, showroom dan supplier yang tersebar di seluruh Indonesia.

Saat ini, Maybank Finance telah memiliki 34 kantor cabang dan 8 kantor perwakilan yang tersebar luas di wilayah Indonesia, anata lain Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Cibubur, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar, Samarinda, Bandar Lampung, Medah, pekanbaru, Batam, Palembang, Banjarmasin, Manado, Cirebon, Purwokerto, Balikpapan, Padang, Jambi, Cilegon, Karawang, Lombok, Gorontalo, Aceh, dan Bangka.

Perusahaan berkomitmen dalam praktik usaha yang dijalankan untuk tetap menjaga lingkungan dan berkontribusi bagi masyarakat sekitar.

Setiap tahunnya, Maybank Finance menyisihkan sebagian hasil penjualannya untuk digunakan dalam kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau yang biasa dikenal sebagai corporate social responsibility (CSR), salah satunya melalui program LindungiHutan.

Perwakilan Maybank Finance melakukan apel pagi dan sambutan di hutan mangrove PIK Jakarta.
Apel pagi dan sambutan direksi dan perwakilan karyawan Maybank Finance di ekowisata hutan mangrove PIK Jakarta (Dokumentasi: LindungiHutan).

Melalui kerja sama dengan LindungiHutan, Maybank Finance menerapkan program CSR untuk mewujudkan perseroan sebagai Good Corporate Citizen.

Pada tahun 2021, Maybank Finance mengadakan kegiatan penanaman bibit mangrove di Pantai Indah Kapuk (PIK) sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab Maybank Finance terhadap pelestarian di ranah ekologis.

Program CSR Maybank Finance untuk Hijaukan Kembali Hutan Jakarta

Mitra petani LindungiHutan dalam acara penghijauan bersama Maybank Finance.
Perwakilan mitra penghijauan lapangan LindungiHutan di Jakarta dalam program CSR Maybank Finance di Jakarta.

Pada hari Sabtu, 20 November 2021, PT Maybank Indonesia Finance bersama LindungiHutan menanam 200 bibit pohon mangrove Rhizophora di Ekowisata Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Penanaman dari kampanye alam yang bertajuk “Maybank Finance Peduli Lingkungan” ini telah sukses dilaksanakan oleh perwakilan dari Maybank Finance dan dibantu oleh pengelola kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk.

Pantai Indah Kapuk (PIK) dikenal sebagai wilayah yang menjadi benteng abrasi dan erosi di kawasan pantai Jakarta. PIK memiliki kawasan wisata hutan Mangrove dengan luasan yang mencapai 99 hektar dan 40% lahan di kawasan hutan ini digunakan untuk konservasi hutan mangrove. Meskipun begitu, Jakarta tetap menjadi daerah yang rawan banjir karena penyerapan air yang buruk dan naiknya permukaan air laut.

Mitra petani LindungiHutan menanamkan pohon dari kerjasama Maybank dan LindungiHutan.
Mitra petani dan penggerak LindungiHutan di Jakarta menanam pohon bakau dari kerjasama dengan Maybank Finance (dokumentasi: LindungiHutan/Business Development).

Hampir seluruh wilayah Jakarta yang akan terkena dampak kenaikan air laut. Ia mengatakan, contoh nyatanya dapat kita lihat dari tenggelamnya Masjid Wall Adhuna di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara yang saat ini sudah berada di luar tanggul pantai Jakarta. Meningginya permukaan air laut dibebani oleh alih fungsi lahan di wilayah pesisir yang sekarang dijadikan kawasan industri. Pada 12 Mei 2021 lalu, firma konsultan risiko Verisk Maplecroft memasukkan Jakarta ke daftar 100 kota yang menghadapi risiko besar lingkungan, mulai dari banjir sampai dengan kerentanan terhadap krisis iklim.

Melihat segala masalah tersebut, membuat LindungiHutan dan PT Maybank Indonesia Finance bertekad untuk mengembalikan kondisi hutan mangrove menjadi asri kembali. Melalui kampanye alam “Maybank Finance Peduli Lingkungan” melakukan penanaman pohon Mangrove Rhizophora yang memiliki banyak manfaat bagi wilayah pesisir.

Pohon mangrove mampu mengendapkan lumpur di akar-akar pohon mangrove sehingga dapat mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. Tak hanya itu, tanaman bakau juga dapat mempercepat penguraian limbah organik dan limbah kimia yang mencemari laut.

Mitra penghijauan LindungiHutan memeriksa pertumbuhan pohon Maybank Finance.
Mitra penghijauan LindungiHutan sedang memeriksa pertumbuhan pohon mangrove yang telah ditanam Maybank Finance di ekowisata hutan mangrove PIK, Jakarta (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Penanaman pohon mangrove di wilayah PIK ini merupakan sebuah langkah pertahanan terhadap risiko bencana banjir dan masalah lingkungan lainnya di Jakarta.

Penulis: Farhana Nisa Arviani

Editor: M. Nana Siktiyana

Jalin Kerjasama untuk Kelestarian Hutan Indonesia?

Maybank Finance, Pigeon Indonesia, AXA Group dan puluhan perusahaan lain telah berkontribusi untuk kelestarian hutan bersama LindungiHutan. Ikut berperan nyata dalam upaya penghijauan hutan dan memberikan manfaat bagi masyarakat seperti mereka. Klik tombol di bawah

Sedekah Pohon LindungiHutan