Connect with us

Mitra Hijau

ReStep x LindungiHutan: Bersepeda Sambil Menanam 2.021 Pohon Bersama

Published

on

Bersepeda sambil menanam 2.021 pohon bersama Restep

Restep hadir di tengah masyarakat sebagai bentuk apresiasi kepada siapapun yang baru memulai maupun telah menjadikan olahraga sebagai bagian dari keseharian. Terus menghadirkan antusias dalam setiap langkah, sebab jarak dan keringat yang dihasilkan merupakan misi utama Restep. Because every sweat drop is a chance.

Restep.id sejatinya tidak hanya mengajak masyarakat untuk sekadar berolahraga, lebih dari itu mereka juga berkomitmen dalam mewujudkan bumi yang lestari. Komitmen tersebut terwujud dalam acara yang mereka gelar dalam rangka memeringati Hari Gerakan Menanam Sejuta Pohon Sedunia yang jatuh setiap tanggal 10 Januari.

Baca juga: PT Pigeon Indonesia Lakukan Penghijauan Indonesia

Restep ID: Bersepeda Sambil Menanam Pohon

Restep turut menyemarakkan momentum tersebut dengan menggelar kegiatan free race bertajuk Green Cyclist Virtual Race. Rangkaian kegiatan ini berlangsung selama satu minggu sejak Jumat 22 Januari 2021 hingga Jumat berikutnya pada 29 Januari 2021.

Event free race ini tentu bukan hanya ajang balapan biasa, sebab ada satu hal menarik yang membuat acara ini patut diberi apresiasi. Setiap peserta yang mengikuti acara ini dapat bersepeda sembari berdonasi bibit pohon dari setiap jarak yang ditempuh.

Melalui acara ini, Restep mengajak para pesepeda bersama-sama dengan masyarakat agar lebih peka akan peran pohon dalam berbagai aspek keberlangsungan hidup semua makhluk hidup.

Dalam acara ini, setiap peserta dapat melakukan redeem kupon penempuhan pohon dari setiap kilometer yang ditempuh. Salah satu peserta Green Cyclist Virtual Race, Denny Rudiyono (32) menuturkan bahwa dirinya tertarik ikut berpartisipasi karena merasa semangat go green ketika bersepeda makin lengkap.

“Semakin besar jarak yang saya hasilkan, semakin banyak pohon yang saya sumbangkan, semangat nih jadinya,” Tutur Denny.

Tentu, Denny tak sendirian. Kolaborasi antara Restep bersama dengan LindungiHutan sukses mengumpulkan 2.021 pohon yang ditanam oleh tim LindungiHutan di Kampung Laut Cilacap, Jawa Tengah. Sebuah langkah positif untuk terus menghijaukan bumi kita.

Baca juga: Geliga x Restep ID Berkolaborasi dengan LindungiHutan untuk Menanam 10 Ribu Mangrove di Pantura Jawa

Kondisi Pesisir Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah

Pemilihan Kampung Laut sebagai tempat penanaman pun bukan tanpa alasan. Kampung laut sendiri merupakan gugusan pulau-pulau kecil di Segara Anakan yang membentuk beberapa desa. Di Kampung Laut terdapat kawasan wisata arboretum mangrove “Kolak Sekancil” yang memiliki berbagai koleksi tanaman mangrove.

Kawasan dan lokasi penanaman mangrove untuk Restep ID di Cilacap.
Gambaran lokasi penanaman pohon di Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kawasan Wisata Arboretum Mangrove “Kolak Sekancil” ini menjadi rumah bagi 64 jenis burung, 8 jenis mamalia, dan 3 jenis reptil. Terdapat pula 2 spesies flora dan 12 fauna dengan status konservasi tinggi. Kawasan wisata mangrove ini juga mampu menyerap CO2 (Karbon Dioksida) sebesar 41.371.680 pon/tahun dan memproduksi O2 sebesar 224.096.600 pon/tahun.

Sayangnya, belakangan ini tanaman mangrove yang ada di wilayah Kampung Laut mulai rusak, pantainya banyak terkikis gelombang, dan populasi biota lautnya juga turut berkurang. Kondisi ini menjadi kabar yang menyedihkan bagi kita semua. Apalagi, penduduk sekitar pantai ikut terkena imbasnya akibat pendapatan yang berkurang dan adanya ancaman banjir rob air laut.

Restep bersama LindungiHutan Menanam Rhizophora mucronata

Maka dari itu, LindungiHutan bersama dengan Restep berkolaborasi melakukan penanaman pohon Mangrove Rhizophora mucronata (bakau hitam). Mangrove jenis ini dapat mengendapkan lumpur di akar-akar pohon sehingga dapat mencegah merembesnya air laut ke dalam air tanah. Alhasil, air tanah yang dikonsumsi masyarakat sekitar tetap terjaga dan tidak tercampur dengan air laut.

Mitra petani LindungiHutan menanam bibit mangrove di Cilacap, Jawa Tengah.
Mitra penggerak dan petani bibit LindungiHutan sedang menanam bibit mangrove di area pesisir Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah hasil kolaborasi dengan Restep ID (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Selain itu, Mangrove Rhizophora mucronata juga mempunyai akar yang dapat mempercepat penguraian limbah organik dan limbah kimia yang berpotensi mencemari laut. Mangrove juga bermanfaat sebagai penahan erosi pantai, sehingga harapannya penduduk sekitar pantai di Kampung Laut tak lagi terancam banjir air laut.

Semoga apa yang dilakukan oleh Restep bersama LindungiHutan bisa menjadi inspirasi dan pemicu bagi pihak-pihak lain untuk ikut menjaga dan merawat lingkungan. Di samping itu, pohon yang telah ditanam diharapkan akan memberikan manfaat baik bagi masyarakat sekitar

Kini, semua orang bisa ikut berkontribusi untuk menghijaukan Indonesia. Yuk, mulai langkahmu menghijaukan Indonesia bersama LindungiHutan!

Baca juga: Gerakan Menanam 1.000 Pohon Bersama Wilo Pumps Indonesia

Jalin Kerjasama Penghijauan untuk Acara CSR Perusahaan dan Perayaan Hari Penting Lainnya Bersama LindungiHutan

LindungiHutan adalah solusi yang mudah dan berkelanjutan untuk menjalankan kegiatan peduli lingkungan untuk brand dan perusahaan. Kami berkolaborasi dengan 40+ mitra penggerak dan petani bibit di berbagai daerah untuk menciptakan dampak kebaikan bagi masyarakat dan lingkungan.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Sedekah Pohon LindungiHutan