Connect with us

Emisi Karbon

5 Hal tentang Kalkulator Jejak Karbon Imbangi yang Harus Kamu Ketahui

Published

on

Seiring meningkatnya kesadaran tentang perubahan iklim, semakin banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana mereka dapat berkontribusi untuk mengurangi emisi karbon. Salah satu cara yang dapat membantu kita memahami dan mengurangi jejak karbon kita adalah dengan menggunakan kalkulator jejak karbon.

Artikel kali ini, kita akan membahas empat hal penting yang perlu kamu ketahui tentang kalkulator jejak karbon Imbangi. So, simak sampai akhir dan temukan bagaimana kamu bisa menjadi bagian dari solusi untuk mengurangi perubahan iklim.”

1. Kalkulator Jejak Karbon Imbangi Punya Banyak Kategori Perhitungan

Menggunakan Imbangi, kamu bisa menghitung emisi karbon penggunaan AC (Pendingin Ruangan), bahan bakar industri, kendaraan, konsumsi listrik wilayah, dan juga peralatan listrik.

Cara menghitung di masing-masing kategori juga mudah. Berikut tutorial singkatnya!

1. Kategori AC/Pendingin ruangan

Kalkulator jejak karbon Imbangi

Setelah masuk di halaman kalkulator Imbangi, kamu akan menemui beberapa jenis perhitungan. Pertama-tama, mari hitung besaran emisi karbon AC!

Klik AC lalu kamu akan diminta mengisi data yang dibutuhkan. Data tersebut seperti kapasitas AC (PK), jumlah total pendingin ruangan atau jumlah AC yang ada, durasi penggunaan AC tersebut dan total penggunaan dalam sebulan. Setelah semuanya diisi, klik menu berwarna hijau di pojok bawah“Lanjut” untuk melihat hasil perhitungan emisi karbonnya.

2. Bahan bakar industri

Kalkulator jejak karbon

Sementara untuk kategori bahan bakar, kamu hanya diminta mengisi dua data yaitu jenis bahan bakarnya dan juga konsumsi ”liter” penggunaan bahan bakar tersebut

3. Kendaraan

Kalkulator jejak karbon

Guna menghitung jejak karbon kendaraan bermotor, pilih jenis kendaraan bermotor yang hendak dihitung emisinya, masukkan jarak tempuhnya (dalam km), jumlah orang dalam kendaraan tersebut, dan juga frekuensi penggunaan kendaraan. Setelah semua diisi klik “lanjut” di pojok bawah kanan untuk melihat hasil besar emisi karbon.

Kalkulator jejak karbon Imbangi.

Apakah Kamu Tahu Seberapa Besar Emisi Karbon yang Dihasilkan Setiap Harinya?

4. Konsumsi Wilayah Listrik

Kalkulator jejak karbon

Di bagian ini kamu juga hanya diminta mengisi dua data yaitu lokasi/wilayah jaringan listriknya dan juga batas daya yang digunakan. Seperti misalnya besar daya listrik rumahmu atau gedung kantormu. Sama halnya dengan kategori lain, jangan lupa klik “Lanjut”.

5. Peralatan Listrik

Kalkulator jejak karbon

Kategori terakhir ada peralatan listrik, di mana kamu bisa memilih jenis peralatan listrik yang digunakan (tersedia mulai dari laptop, rice cooker, kulkas, televisi, dan masih banyak lainnya). Setelah memilih jenis peralatan listriknya, masukkan jumlah satuan atau jumlah alat tersebut dan lama penggunaannya. Setelah semuanya diisi, klik menu berwarna hijau di pojok bawah“Lanjut” dan voila!!! Hasil jejak karbonnya sudah dapat diketahui!

2. GRATIS!!!

Siapa yang tak suka GRATIS? Barangkali semua orang menginginkan sesuatu yang bersifat GRATIS! Termasuk penggunaan kalkulator jejak karbon Imbangi. Imbangi dapat digunakan oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun, tanpa perlu membayar/berlangganan/registrasi akun tertentu.

Kamu hanya perlu membuka alamatnya https://m.lindungihutan.com/imbangi dan semua tersedia siap digunakan di sana. Kalkulator jejak karbon Imbangi tidak bersifat trial atau freemium yang sewaktu-waktu habis masa uji cobanya, maka kamu harus membayar. Melainkan ini GRATIS dan siapapun bisa menggunakanya saat ini sekalipun!

3. Kalkulator Jejak Karbon Imbangi Terintegrasi dengan Carbon Offset

Carbon offsetting Imbangi

Karena, setelah menghitung jejak karbon menggunakan Imbangi dan mengetahui besar emisi yang dihasilkan, kamu bisa melakukan carbon offset atau penebusan emisi dengan cara menanam pohon bersama kami LindungiHutan. Caranya juga mudah, kami memiliki lokasi penanaman pohon yang tersedia untuk melakukan carbon offsetting!

4. Informasi Penunjang untuk Orang Awam

Kamus karbon Imbangi

Barangkali, selama kamu menggunakan kalkulator jejak karbon Imbangi ada beberapa hal yang belum atau awam kamu dengar. Mengingat, pembahasan soal emisi karbon, perubahan iklim, serapan karbon, dsb terkadang memunculkan istilah-istilah yang rumit dipahami.

Maka dari itu, LindungiHutan menyediakan halaman FAQ seputar kalkulator jejak karbon dan hal-hal terkaitnya serta Kamus Imbangi yang dapat digunakan untuk mencari istilah tertentu. 

Melalui Kamus Imbangi, kamu bisa menemukan puluhan istilah seputar perkarbonan, beserta dengan penjelasan lengkapnya. Cara menggunakannya juga mudah sebab sudah terbagi dalam kategori per abjad atau kamu dapat mencarinya melalui kolom pencarian yang berada di atas.

Penasaran? Kamu bisa segera mencobanya melalui alamat berikut https://m.lindungihutan.com/imbangi/kamus 

5. Dikelola oleh LindungiHutan dengan Pengalaman 6+ Tahun di Bidang Penghijauan dan Kehutanan

LindungiHutan merupakan lembaga crowdplanting yang memiliki misi mengajak partisipasi publik memberdayakan petani bibit dan menyelamatkan Indonesia dari krisis kerusakan biosfer dan deforestasi dengan cata menanam pohon.

Hingga saat ini, LindungiHutan menanam lebih dari 600.000 pohon dan membantu menyelenggarakan 1.700 Kampanye Alam bersama 52.300 Sahabat Alam di lebih dari 40 lokasi penanaman yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk lebih lanjut, cek dampak positif yang LindungiHutan upayakan melalui halaman Dampak LindungiHutan dari Masa ke Masa!”

Hitung Jejak Karbonya, Lakukan Carbon Offsetting Bersama Kami!

Penting bagi perusahaan untuk menghitung emisi karbon yang dihasilkan, karena hal ini dapat membantu memahami dampak aktivitas terhadap lingkungan. Menggunakan kalkulator jejak karbon Imbangi, Anda bisa menghitung besaran jejak karbon yang dihasilkan dan melakukan carbon offsetting bersama kami.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan