Connect with us

Bisnis Lestari

10+ Pengertian CSR Menurut Para Ahli Beserta Contoh Programnya

Logo LindungiHutan - Green - Square - 1280 x 1280 pixels - PNG

Published

on

pengertian CSR menurut para ahli

Apa itu CSR? Sederhananya, pengertian CSR adalah upaya yang dilakukan oleh perusahaan atau bisnis untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Setiap perusahaan di Indonesia memiliki kewajiban untuk melaksanakan program CSR di lingkungan tempat perusahaan tersebut berada.

CSR (corporate social responsibility) adalah suatu tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungannya dalam mewujudkan kondisi yang ideal kepada masyarakat secara umum maupun dalam usaha menjaga melestarikan lingkungan.

Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bahwa setiap keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan dimanfaatkan untuk memberikan kontribusi demi membangun sosial-ekonomi dan kualitas hidup masyarakat. 

Pelaksanaan CSR itu sendiri sudah diimplementasikan dalam kebijakan pemerintah melalui UU No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas pasal 1 ayat 3 yang berbunyi sebagai berikut: “Tanggung jawab sosial dan lingkungan adalah komitmen perusahaan untuk berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan yang bermanfaat, baik untuk perusahaan itu sendiri, masyarakat setempat, dan masyarakat pada umumnya.”

Baca juga: Konsep Piramida CSR Carroll, Pengertian dan Tingkatannya

Pengertian CSR Menurut Para Ahli

Secara umum pengertian CSR sudah dijelaskan di atas, agar Sahabat Alam dapat memahami lebih dalam mengenai pengertian CSR, berikut LindungiHutan rangkum pengertian CSR berdasarkan dari pada ahli:

1. Mohammad Hamim

Mohammad Hamim dalam bukunya yang berjudul Corporate Social Responsibility pada tahun 2020 menjelaskan pengertian CSR adalah sebuah komitmen dari suatu bisnis atau perusahaan untuk dapat berperilaku secara etis dan dapat berkontribusi terhadap pengembangan ekonomi yang berkesinambungan.

2. Wibisono

Wibisono mengemukakan bahwa CSR merupakan suatu komitmen berkelanjutan dari perusahaan untuk bertindak secara etis dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi masyarakat setempat atau masyarakat secara luas, serta meningkatkan taraf hidup bagi karyawan maupun keluarganya

3. CSR Menurut Kotler & Nancy

Menurut Kotler & Nancy, CSR merupakan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui praktik bisnis yang baik dan memberikan sebagian dari sumber daya perusahaan kepada masyarakat sekitar.

4. Tanggungjawab Sosial Perusahaan Menurut Fraderick

Fraderick mempunyai pendapat yang sedikit berbeda dengan yang lainnya dimana menurutnya, pengertian CSR menurut Fraderick adalah suatu asas yang dapat menjelaskan bahwa perusahaan harus memberikan tanggung jawab penuh atas akibat-akibat yang ditimbulkan terhadap masyarakat dan lingkungan tempat perusahaan itu berada.

5. Pengertian CSR Menurut Suharto

Suharto memaparkan dalam bukunya yang berjudul Social Work in the industrial world: Strengthening Corporate Social Responsibility bahwa pengertian CSR adalah sebuah proses bisnis yang tidak saja meningkatkan perusahaan secara finansial, akan tetapi juga membangun tingkat sosial-ekonomi daerah tersebut secara berkesinambungan.

6. Kicullen & Kooistra

Secara singkat, Kicullen & Kooistra berpendapat bahwa definisi CSR (corporate social responsibility) merupakan sebuah tingkatan tanggung jawab moral yang dianggap berasal dari perusahaan sesuai dengan yang tercantum pada hukum negara tersebut.

7. Arti CSR Menurut Kast

Kast mengungkapkan bahwa pengertian CSR adalah suatu bentuk keterlibatan sebuah organisasi sebagai upaya untuk mengatasi berbagai masalah kesejahteraan disuatu daerah, seperti masalah kemiskinan, kelaparan, pendidikan, dan lapangan pekerjaan (pengangguran). 

8. Johnson & Johnson

Johnson & Johnson mengemukakan definisi dari CSR yaitu segala cara perusahaan untuk mengelola operasi bisnisnya dengan menghasilkan suatu produk yang berorientasi positif terhadap lingkungannya.

9. Pengertian CSR Menurut Sukrisno Agoes

CSR sebagai tanggung jawab sosial perusahaan yang diberikan baik kepada internal perusahaan (pekerja dan keluarganya) serta eksternal perusahaan (komunitas dan masyarakat sekitar perusahaan) karena perusahaan juga merupakan bagian dari lingkungannya.

10. Hendrik Budi Untung

Hendrik memberikan sudut pandangnya bahwa CSR adalah komitmen perusahaan dalam mengembangkan ekonomi berkelanjutan dengan menitikberatkan pada keseimbangan antara aspek ekonomi, sosial dan lingkungan

Baca juga: 10+ Pertanyaan tentang CSR dan TJSL

11. Nor Hadi

CSR menurut Nor Had adalah sebuah tanggung jawab sosial perusahaan yang berdasarkan pertimbangan etis perusahaan untuk mengembangkan ekonomi dan kualitas hidup seluruh individu atas komunitas yang berkaitan dengan perusahaan

12. The World Business Council for Sustainable Development (WBCSD)

WBCSD mengemukakan pengertian CSR sebagai suatu komitmen dalam bisnis yang berkontribusi dalam mengembangkan ekonomi yang berkelanjutan, pekerja dalam perusahaan, keluarganya,serta komunitas lokal dan masyarakat umum dalam rangka untuk dapat memperbaiki kualitas hidup.

13. Pengertian CSR menurut Khourey

Khourey mengemukakan bahwa CSR merupakan suatu keseluruhan hubungan yang terjalin antara pihak perusahaan dengan pihak yang berkepentingan (stakeholders) lainnya

14. Commission of the European Communities

Pengertian CSR merupakan sebuah konsep yang dimana perusahaan secara sukarela memberikan kontribusi penuh agar dapat menciptakan lingkungan dan masyarakat yang lebih baik

15. John Elkington

CSR adalah konsep Triple Bottom Line (TBL) yang mengukur kinerja perusahaan berdasarkan aspek keuangan, sosial, dan lingkungan.

16. Carrol dan Bucholtz

CSR adalah kewajiban moral dan etis perusahaan untuk mengambil tanggung jawab atas dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan operasional mereka serta memperjuangkan kebaikan masyarakat secara keseluruhan.

17. Michael E. Porter dan Mark R. Kramer

CSR adalah praktik bisnis yang mengintegrasikan keberlanjutan dalam strategi bisnis perusahaan untuk menciptakan nilai bersama bagi perusahaan dan masyarakat.

Manfaat CSR bagi Perusahaan dan Masyarakat

Manfaat yang dapat dirasakan dari adanya kegiatan maupun aktivitas CSR dapat dibagi menjadi dua sektor, yaitu manfaat CSR yang dirasakan oleh perusahaan dan manfaat CSR yang dirasakan oleh masyarakat.

Manfaat Pelaksanaan CSR untuk Perusahaan

  1. Menjunjung tinggi etika dalam berorganisasi, membangun dan memelihara komitmen, serta membangun moral perusahaan,
  2. Mengurangi terjadinya krisis internal maupun eksternal yang akan dialami oleh perusahaan,
  3. Menciptakan reputasi perusahaan yang baik di masyarakat,
  4. Membantu dalam membangun perusahaan di era globalisasi,
  5. Memberikan persepsi dan pandangan yang positif sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dari seluruh stakeholder, kompetitor dan juga masyarakat umum.

Manfaat CSR bagi Masyarakat

  1. Membangun kesejahteraan masyarakat umum dan kelestarian lingkungan,
  2. Membantu dalam meningkatkan sumber daya manusia dengan memberikan akses terhadap pendidikan melalui pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu di wilayah perusahaan,
  3. Membangun, meningkatkan, dan melakukan pemeliharaan fasilitas umum,
  4. Bagi wilayah-wilayah khususnya masyarakat yang tinggal/berada di sekitar perusahaan tersebut melakukan kegiatannya, akan merasakan adanya peningkatan sosial-ekonomi melalui pembangunan desa.

Baca juga: Panduan Meningkatkan Dampak Sosial Positif dalam Pelaksanaan CSR

10 Contoh CSR Perusahaan di Indonesia

  • Program CSR penanaman mangrove oleh Tokopedia
  • Program beasiswa BRI Peduli oleh Bank BRI
  • Program pembangunan infrastruktur oleh PT Huawei Indonesia
  • Program CSR perusahaan di Indonesia oleh Telkom Indonesia
  • Program Community Involvement and Development (CID) oleh PLN Indonesia
  • Pinky Movement, program CSR Pertamina
  • Program Psychological First Aid oleh Alianz Indonesia
  • Program CSR Garuda Indonesia Peduli oleh Garuda Indonesia
  • Program pengembangbiakan bekantan oleh Adaro Energy
  • Program penanaman mangrove oleh Tokopedia.

Baca juga: 10 Contoh Program CSR Perusahaan di Indonesia

Buat Program CSR Perusahaan atau Bisnis Anda Menjadi Kenyataan

LindungiHutan telah menjalin kolaborasi dengan500+ perusahaan dan brand di Indonesia untuk menjalankan kegiatan penghijauan di berbagai daerah. Kami menanam lebih dari 800 RIBU pohon di 50 lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia!

Penulis : Andhika Pramudya

Editor : Tasqiya Ratnasari

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan