Connect with us

Tips & Trik

5 Tips Melaksanakan Program CSR bagi Perusahaan agar Berjalan Efektif

Published

on

Panduan program csr

Tahukah Anda bahwa setiap perusahaan harus memenuhi tanggung jawab sosial atau CSR? Artinya perusahaan tidak hanya fokus menghasilkan keuntungan tetapi juga wajib memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Program CSR adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan sebagai bentuk rasa tanggung jawab dan respon perusahaan tersebut.

Beberapa jenis CSR yang bisa perusahaan lakukan antara lain seperti rehabilitasi alam, penggunaan sumber energi terbarukan, pengolahan limbah, filantropi, volunteering, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimana caranya melaksanakan program CSR yang efektif? Simak artikel berikut untuk tahu jawabannya!

1. Pastikan Program CSR yang diinisiasi Sejalan dengan Visi Perusahaan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengadakan CSR adalah mempertimbangkan visi dan misi perusahaan. Mengapa penting? Sebab, CSR akan menjadi wajah implementasi dari sebuah perusahaan mengenai fokus dan perhatian mereka.

Oleh sebab itu, pastikan pihak yang bertanggung jawab atas program CSR perusahaan tersebut paham apa yang perusahaan inginkan. Untuk memahaminya, Anda bisa mempelajari apa saja value, budaya kerja, hingga produk yang dihadirkan oleh perusahaan.

Sederhananya seperti ini, ketika perusahaan Anda bergerak di bidang industri yang mana dalam jalannya praktik usaha menghasilkan emisi karbon. Maka Anda bisa menerapkan tanggung jawab sosial perusahaan dengan melakukan carbon offsetting melalui penanaman pohon. Mengingat, keberadaan pohon akan menyerap emisi karbon.

Dengan demikian, program CSR yang perusahaan lakukan berhubungan dengan apa yang mereka kerjakan selama ini. Walhasil, masyarakat pun akan mendapatkan dampak baiknya.

Baca juga: Pengertian, Jenis, Tujuan, Fungsi, dan Manfaat CSR

2. Tentukan Sasarannya

Setelah mendapatkan gambaran program CSR seperti apa, tips berikutnya adalah menentukan siapa sasarannya. Sasaran dalam hal ini adalah masyarakat mana yang sekiranya akan terbantu dengan adanya program CSR ini.

Misalnya, masyarakat sekitar merasa bahwa pabrik perusahaan membuat lingkungan mereka jadi terasa panas dan udaranya kotor.

Berangkat dari persoalan tersebut, Anda bisa menggandeng pihak ketiga baik itu pemerintah atau organisasi terkait untuk mengatasi persoalan tersebut. Perusahaan bisa membuat Ruang Terbuka Hijau dan melakukan penanaman pohon yang efektif menyerap timbal dan zat pencemaran lain.

Jadi, program CSR yang digalakan oleh perusahaan bisa tepat sasaran dan berimbas baik terhadap masyarakat yang memang membutuhkan dan terdampak.

Program CSR
Tips menjalankan program CSR perusahaan Anda

3. Melibatkan Karyawan dalam Program CSR

Tidak semua karyawan mungkin mau untuk aktif terlibat dalam program CSR perusahaan. Padahal, keterlibatan karyawan menjadi bukti bahwa perusahaan melaksanakan CSR semata-mata tidak hanya untuk menyelesaikan kewajibannya.

Melainkan, perusahaan benar-benar memiliki kepedulian terhadap masyarakat dengan membangun hubungan komunikasi yang baik pula.

Maka dari itu, karyawan perlu diberikan pemahaman mengenai pentingnya CSR. Karena, ada banyak manfaat yang bisa diberikan kepada lingkungan, masyarakat, dan komunitas setempat. Seiring berjalannya waktu, perusahaan juga bisa mendapatkan brand image yang bagus di mata masyarakat atas sepak terjang karyawan terkait sumbangsihnya.

Lantas, apa yang harus perusahaan lakukan? Simak cerita PT National Label Umas Daya yang melibatkan karyawannya dalam program CSR perusahaan, dalam artikel “Prosesnya Cepat, Cukup 2 Minggu: Pengalaman Kolaborasi National Label dengan LindungiHutan”

4. Lakukan Promosi

Setelah program CSR dilakukan, jangan lupa pula untuk melakukan publikasi dan promosi terkait tanggung jawab sosial yang sudah perusahaan lakukan.

Anda bisa membuat press release dan menyebarkannya di berbagai media massa atau dengan mengundang wartawan untuk meliput jalannya pelaksanaan program CSR perusahaan.

Promosi penting untuk dilakukan selain sebagai bukti bahwa CSR benar-benar dilakukan, sekaligus juga menjadi teknik pemasaran yang efektif guna mendongkrak citra baik perusahaan. Supaya, masyarakat memiliki persepsi yang baik pula terhadap perusahaan.

Jadi, melalui CSR, baik itu perusahaan maupun masyarakat akan sama-sama diuntungkan. Di satu sisi harapannya masyarakat bisa terbantu dengan adanya program ini, dan di sisi lain perusahaan mendapatkan citra positif.

5. Timbang Keuntungannya

Seperti dalam penjelasan poin sebelumnya, strategi CSR yang baik adalah mampu memberikan keuntungan bagi masyarakat maupun perusahaan.

Adapun yang dimaksud dengan keuntungan bisa bermacam-macam. Mulai dari pendapatan hasil penjualan, brand awareness, hingga impresi yang baik di mata masyarakat.

Jadi, pastikan Anda sudah memperkirakan keuntungan apa saja yang didapat dari perusahaan serta masyarakat melalui program CSR ini. Jangan sampai CSR tidak memberikan dampak yang signifikan sehingga terasa sia-sia.

Baca juga: 10+ Manfaat CSR bagi Perusahaan yang Perlu Anda Ketahui

Itulah 5 tips melaksanakan program CSR perusahaan agar efektif. Semoga ke depannya program semacam ini bukan hanya sebatas euphoria atau demi menggugurkan kewajiban saja. Melainkan perusahaan dapat benar-benar memberi kebaikan kepada masyarakat maupun lingkungan. 

Program CSR Mirae Asset Sekuritas bersama LindungiHutan.

Kenalan Dulu Sama Program Impact CSR LindungiHutan, Berdampak dan Berkelanjutan

LindungiHutan hadir sebagai penghubung bagi siapapun yang berkeinginan ikut serta dalam upaya penghijauan dan pelestarian lingkungan melalui inisiatif penanaman pohon.

Bersama dengan lebih dari 500 perusahaan dan brand, LindungiHutan menanam lebih dari 800 RIBU pohon di 50 lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia.

Dalam prosesnya, kami tidak sendirian. LindungiHutan aktif melibatkan partisipasi masyarakat setempat dalam menyediakan bibit, mengelola lahan penanaman, melaksanakan proses penanaman, memantau pertumbuhan pohon, hingga melakukan kegiatan penanaman kembali atau penyulaman.

Jalankan Program CSR Perusahaan Anda dengan Tepat Sasaran dan Berdampak!

Sedekah Pohon LindungiHutan