Connect with us

Bisnis Lestari

Apa Itu Product Bundling? Simak Cerita Kolaborasi Dusdukduk dengan LindungiHutan

Published

on

Product bundling Dusdukduk

Product bundling menjadi salah satu strategi yang kerap dilakukan oleh brand. Termasuk, oleh Dusdukduk bersama LindungiHutan yang memiliki kesamaan concern di bidang lingkungan. Lantas, apa itu product bundling? Bagaimana implementasinya?

Apa yang Dimaksud Produk Bundling?

Sederhanannya, bundle produk atau product bundling merupakan sebuah kombinasi dari produk atau layanan yang ditawarkan dengan harga lebih murah daripada ketika membelinya masing-masing. Lebih tepatnya, menurut Harahap, product bundling adalah sebuah strategi pemasaran di mana beberapa produk berbeda dikemas bersama dalam satu paket yang menarik dengan tujuan menciptakan kesan baru bagi konsumen (Ramdhani, dkk., 2023).

Dalam praktiknya, terdapat dua jenis konsep bundling yaitu pure bundling dan juga mixed bundling—konsep yang umum terlepas dari konsep lainnya. Apa bedanya?

Pure bundling (bundling murni)

Produk yang dijual hanya sebagai bagian dari satu paket. Artinya, konsumen tidak bisa membeli produk-produk tersebut secara terpisah, mereka harus membeli paket keseluruhannya.

Mixed bundling (Bundling campuran)

Produk-produk bisa dijual sebagai bagian dari satu paket atau secara terpisah. Konsumen memiliki pilihan untuk membeli paket keseluruhan atau membeli produk-produk tersebut satu persatu.

Baca juga: 5 Brand Sepatu Kolaborasikan Penghijauan Bersama LindungiHutan

Apa Keuntungan Paket Bundling?

Apakan konsep marketing bundling menguntungkan? Iya, jika dilakukan dengan strategi yang benar. Sebab keputusan konsumen membeli product bundle memiliki motif yang luas dan bermacam-macam. Bisa dikatakan ada banyak variabel dan faktor yang melatarbelakanginya.

Misalnya, pembeli melihat dua atau lebih barang yang dijual dalam paket dengan harga diskon, mereka cenderung menganggap bahwa harga total dari paket tersebut lebih murah daripada ketika membelinya masing-masing secara terpisah. Dalam konteks ini, product bundling efektif mendatangkan pembelian ketika melibatkan diskon di dalam paket bundle.

Product bundling juga dapat membuat sesuatu yang baru dan beda dari produk sebelumnya. Sebuah produk yang saling melengkapi dalam satu paket produk, karena salah satu produk yang mungkin memiliki ketenaran dapat meng-endorse produk yang sudah ada (Harahap, 2021).

Kolaborasi Product Bundling Dusdukduk Bersama LindungiHutan

Dusdukduk adalah perusahan kreatif yang mengeksplorasi kardus 100% secara daur ulang untuk digunakan sebagai material pembuatan dekorasi, furniture, mainan, hingga kemasan. Daur ulang menjadi cara yang dipilih sebagai bentuk perhatian Dusdukduk terhadap isu lingkungan. Sejak awal berdiri tahun 2013, Dusdukduk hadir menjawab persoalan sampah dekorasi dan sampah kebutuhan furniture di rumah tangga yang makin lama makin banyak.

“Karena anggapan kami adalah dengan banyaknya masyarakat yang makin banyak bertumbuh, makin banyak orang yang peduli terhadap event, terhadap perabotan rumah tangga atau interior, makanya banyak sampah-sampah yang dikumpulkan,” Ungkap Arief Susanto, CEO Dusdukduk.

Maka, dalam rangka mewujudkan bisnis yang berkelanjutan dan mengedepankan sisi people, planet, dan juga profit, Dusdukduk menggandeng LindungiHutan dalam kolaborasi product bundling penanaman mangrove. Brand asal Surabaya ini bersama LindungiHutan berupaya untuk merestorasi ekosistem yang ada di kawasan Teluk Benoa, Kabupaten Badung, Bali.

Konsep bundling yang diusung adalah mengajak klien yang telah setuju terhadap kolaborasi ini di mana setiap klien yang memesan jasa Dusdukduk akan turut serta dalam menjaga bumi dengan menanam pohon kembali. Melalui Kampanye Alam “Kreasi untuk Bumi”, ada 800+ Mangrove rhizophora yang sukses ditanam.

Dusdukduk memilih berkolaborasi dengan LindungiHutan mengingat adanya kesamaan perhatian dan kepedulian terhadap lingkungan. Di samping itu, kegiatan lingkungan yang dilakukan oleh LindungiHutan merupakan sebuah realisasi nyata dari misi berkolaborasi untuk bumi.

Baca juga: 6 Brand Fashion di Indonesia Gerakkan Penghijauan Bersama LindungiHutan

Dari skala 1-10, Seberapa Puas Dusdukduk Merasakan Bantuan dan Layanan yang Diberikan oleh LindungiHutan?

“Bagi kami skala kepuasan untuk kolaborasi ini adalah 9,9 skalanya, karena dari pelayanan yang tentunya cepat, tanggap, serta disupport oleh platform yang mumpuni juga, saya pikir tidak ada alasan untuk tidak peduli kepada lingkungan, terkhusus hutan-hutan kita yang ada di Indonesia ini, karena LindungiHutan sudah sangat membantu sekali dengan sangat mudah dan bisa mengkolaborasikan antara kebutuhan perusahaan dengan berbagai macam daerah yang membutuhkan terkait dengan kelestarian hutan tentunya,” Jelas Arief Susanto.

Kolaborasi product bundling Dusdukduk bersama LindungiHutan merupakan bagian dari layanan kami “CollaboraTree”. CollaboraTree ada untuk membantu brand yang ingin mewujudkan komitmen dan kepeduliannya terhadap lingkungan melalui aksi penghijauan.

Bersama LindungiHutan, kami memberikan end-to-end services program penghijauan, dari hulu hingga hilir. Mulai dari penyediaan bibit, penanaman, hingga monitoring dan penyulaman. Kami menjalin kerja sama dengan ratusan Mitra Petani di 50 lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia. Komitmen LindungiHutan adalah membantu mewujudkan program penghijauan yang berdampak dan juga berkelanjutan.

Berdampak baik untuk lingkungan maupun masyarakat setempat termasuk Mitra Petani. Berkelanjutan dalam arti, manfaat program penghijauan ini bersifat jangka panjang. Sebab Mitra Petani di lapangan akan memantau pohon yang ditanam secara berkala untuk memastikan tumbuh kembangnya. Fitur Pantau atau monitoring ini dapat diakses langsung dan mudah melalui website LindungiHutan.

“Harapannya tentu semoga kolaborasi ini tidak hanya sampai disini saja, tapi bisa menjadi kolaborasi yang juga berkelanjutan, bahkan bisa sampai kolaborasi tidak hanya 2 entitas bisnis saja antara LindungiHutan dan Dus Duk Duk saja, namun bisa saling berkolaborasi juga dengan bisnis lain yang juga memiliki visi menjaga bumi.” Pungkas Arief.

Baca juga: Prosesnya Cepet, Cukup 2 Minggu: Pengalaman Kolaborasi National Label dengan LindungiHutan

LindungiHutan Menanam Lebih dari 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman Bersama 500+ Brand dan Perusahaan

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan