Connect with us

Bisnis Lestari

CSR Berbasis Lingkungan Solusi Bisnis Berkelanjutan bagi Perusahaan

Published

on

CSR berkelanjutan

LindungiHutan sukses gelar webinar Green Skilling ke-4 dengan tema “Corporate Sopciall Responsibility (CSR) Berbasis Lingkungan sebagai Salah Satu Solusi Bisnis Berkelanjutan”, yang digelar pada tanggal 20 April.

Webinar ini merupakan salah satu serial event Green Skilling yang diinisiasi LindungiHutan, di mana kali ini membahas tentang praktik CSR dalam konteks keberlanjutan bisnis.

Harapannya kesempatan kali ini dapat memberikan edukasi, insight, hingga best practice kepada para pemangku kepentingan bisnis, mengenai dampak positif pelaksanaan CSR terhadap kelangsungan operasional perusahaan dan lingkungan sekitarnya.

Dalam kesempatan kali ini, hadir Nor Qomariyah, S.Hi., MM., CSR Specialist PT Mitra Multi Indomining memberikan pemaparan materinya.

Baca juga: Panduan Mudah Pelaksanaan CSR Lingkungan Perusahaan Anda!

Kenapa Perlu CSR? Lebih Tepatnya, Kenapa Perlu CSR yang Berkelanjutan?

Nor memulai presentasinya dengan menegaskan bahwa banyak pihak yang terlibat dalam merusak lingkungan saat ini. Hal ini juga meliputi perusahaan salah satunya.

“Melihat kerusakan lingkungan saat ini ada beberapa aktor yang andil dalam pencemaran lingkungan seperti perusahaan, pemerintah, dan masyarakat. Hal-hal yang terjadi karena kesadaran secara sosial yang masif sehingga perlu kita dorong untuk perbaikan bersama,” Terangnya.

Corporate Social Responsibility atau CSR menjadi salah satu strategi yang berorientasi pada masa depan untuk memastikan kelangsungan bisnis perusahaan dengan tujuan untuk memberikan dampak yang positif dalam bidang sosial, ekonomi, dan lingkungan.

“CSR sebuah konsep yang memiliki banyak tanggung jawab yang diperuntukkan bagi stakeholder, konsumen, karyawan, shareholder, komunitas, dan keseluruhan aspek di perusahaan. Secara keseluruhan CSR tidak hanya untuk memenuhi ekspektasi secara sosial saja tetapi penting untuk membina hubungan positif dengan stakeholders dan memastikan keberhasilan bisnis jangka panjang,” Sambung Nor.

Di samping itu Nor juga menekankan pentingnya keberlanjutan dalam CSR, sertia pelibatan unsur sosial dan lingkungan dalam pelaksanaannya.

“Ngapain capek-capek CSR mesti berkelanjutan, kalau CSR ya CSR aja, kalau dulu gitu kan ya, ngasih-ngasih aja gitu selesai, tapi sekarang enggak, ada perubahan yang cukup signifikan dan didorong untuk menyeimbangkan antara lingkungan dan juga sosial, jadi tidak bisa dipisahkan sosial dan lingkungan itu sendiri,”

Apa yang disampaikan oleh Nor tentu sejalan dengan fakta di lapangan hari ini. Mengingat dampak perubahan iklim kian nyata dan terasa. Maka untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan dapat pula menyelaraskan program CSR dengan kegiatan konservasi lingkungan, misalnya.

“ CSR mencakup praktik bisnis yang bertujuan untuk menjaga bisnis tetap berjalan dan berkelanjutan salah satunya melaksanakan konservasi lingkungan dengan menerapkan praktik ramah lingkungan, mengurangi emisi kabron, meminimalkan limbah, menghemat air, dan menggunakan sumber energi terbarukan sehingga memberikan dampak ekologis yang signifikan pada suatu bisnis,” Ucap Nor dalam webinar “Corporate Sopciall Responsibility (CSR) Berbasis Lingkungan sebagai Salah Satu Solusi Bisnis Berkelanjutan”.

Baca juga: 8 Poin SDGs yang LindungiHutan Raih dalam Prosesnya

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman Bersama 500+ Brand dan Perusahaan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan