Connect with us

Bisnis Lestari

Carbon Offset Platform LindungiHutan: Hitung Emisinya dengan Imbangi, Tanam Pohonnya dengan Kami

Published

on

carbon offset platform

Carbon offset menjadi salah satu inisiatif yang dapat dilakukan oleh sektor industri dan perusahaan. Tentunya, dalam rangka mendukung mitigasi dan adaptasi perubahan iklim serta mempercepat akselerasi tercapainya target net zero emission.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara Anda melakukan carbon offsetting? Carbon offset platform LindungiHutan hadir sebagai solusi sekaligus partner perusahaan Anda dalam melakukan offsetting. 

Hutan Mangrove dan Potensi Besar Tersembunyi Ekosistem Blue Carbon

Diperkirakan bahwa hutan bakau mampu menampung sekitar 20 pentagram karbon dengan sebagian besar yakni 70-80%, disimpan dalam tanah sebagai bahan organik. Pentagram karbon (PG C) adalah satuan untuk mengukur jumlah karbon dalam skala besar.

Sementara di Indonesia, hutan bakau diperkirakan menyimpan antara 0,82 hingga 1,09 pentagram karbon (Pg C) per hektare.

Tidak mengherankan bahwa program karbon biru, yang menekankan rehabilitasi dan konservasi hutan mangrove, telah mendapatkan pengakuan internasional sebagai strategi untuk menghadapi perubahan iklim. Program ini juga mendorong adopsi praktik pengelolaan pesisir yang berkelanjutan.

Skema Kerja Sama Carbon Offset Platform LindungiHutan

LindungiHutan sebagai carbon offset platform hadir dengan berbagai skema layanan dan kerja sama, dari hulu hingga hilir. Kami terbuka untuk full service offsetting maupun service as u wish. Apa bedanya?

Full service

Layanan ini meliputi seluruh rangkaian kegiatan dari perencanaan hingga monitoring dengan tingkat detail yang tinggi.

LindungiHutan akan membantu Anda dalam menyediakan  perencanaan yang komprehensif, pengadaan bibit, tenaga kerja, pelaksanaan penanaman, serta metode pemantauan yang tepat.

Dalam layanan ini, mitra klien kami hanya perlu menyediakan lahan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Service as u wish

Service ini hadir untuk mitra dan klien yang membutuhkan layanan tertentu secara parsial (tidak lengkap), seperti misal hanya memerlukan bantuan dalam hal tenaga kerja dan penanaman, atau layanan lainnya yang disediakan secara terpisah.

Berikut ini merupakan detail kegiatan dari service atau layanan yang dihadirkan carbon offset platform LindungiHutan:

Penanaman dengan ketentuan sebagai berikut:

  1.  Partner tidak memiliki lahan sendiri, artinya lahan yang ditawarkan adalah lahan penanaman LindungiHutan. Untuk program jangka panjang yang dibutuhkan oleh partner maka bisa dengan menawarkan pendanaan keseluruhan (100%) kepada partner/client (meliputi kegiatan penanaman hingga development project, yang akan kita bantu perencanaan).
  2. Partner hanya memiliki lahan, artinya LindungiHutan membantu menyediakan bibit, man power, dan perencanaan.
  3. Partner memiliki lahan dan man power, artinya LindungiHutan membantu menyediakan bibit, perhitungan, dan perencanaan.
  4.  Partner memiliki lahan, man power, dan bibit, artinya kita bantu perencanaan dan perhitungan.

Penyediaan jasa monitoring

Monitoring menjadi salah satu faktor penting dalam memastikan proyek carbon offsetting berjalan sukses.

Untuk itu, LindungiHutan sebagai carbon offset platform menyediakan kegiatan monitoring untuk tegakan pohon yang sudah ditanam oleh partner/client pada lokasi penanaman. Jasa ini meliputi kegiatan monitoring dan pelaporan hasil monitoring.

Perhitungan karbon

LindungiHutan juga menyediakan perhitungan serapan karbon tegakan pohon yang telah ditanam oleh partner/client pada lokasi milik mereka.

Perhitungan emisi karbon

Service/layanan ini menyediakan perhitungan emisi GRK yang dikeluarkan oleh partner/client. Layanan ini meliputi perhitungan scope 1 pada emisi bahan bakar operasional, scope 2 pada emisi penggunaan listrik, dan scope 3 pada kegiatan perjalanan karyawan dengan kendaraan.

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman yang Tersebar di Indonesia Bersama 500+ Brand dan Perusahaan

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Survey LindungiHutan