Connect with us

Kegiatan

HutanMerdeka 2023: Jaga Kelestarian Hutan Mangrove Indonesia

Published

on

HutanMerdeka 2023 Jaga Kelestarian Hutan Mangrove Indonesia

Indonesia menjadi negara kedua dengan garis pantai terpanjang di dunia. Memiliki luasan hutan mangrove sebanyak 20-25% dunia, menjadikan Indonesia sebagai negara nomor satu dengan luasan mangrove terluas di dunia. Disusul dengan Brazil, Nigeria, Australia, dan Bangladesh.

Menurut Peta Mangrove Nasional yang dirilis oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, luasan hutan mangrove di Indonesia mencapai 3.364.076 ha. Terbagi ke dalam 3 kondisi yaitu 93% mangrove lebat, 5% mangrove sedang, dan 2% mangrove jarang.

Menjaga dan melestarikan hutan mangrove merupakan langkah penting yang harus diupayakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dilansir dari Kanal Komunikasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2022, Global Mangrove Alliance telah memperkirakan lebih dari 60% hutan mangrove terdegradasi, 1% luasan hilang setiap tahunnya. 

Dengan demikian, hilangnya hutan mangrove di dunia akan lebih cepat 3-5 kali dibandingkan hilangnya hutan secara global. Menurut data, luasan hutan mangrove di Indonesia, hanya 2% dari total luasan hutan di Indonesia. 

Di tengah tantangan tersebut, lahirlah inisiatif yang luar biasa dari LindungiHutan untuk menyelamatkan ekosistem mangrove Indonesia. Inisiatif ini dikenal dengan HutanMerdeka. Perayaan Hutan Merdeka 2023 kali ini, LindungiHutan memiliki promo menarik yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Aksi Bersama Jaga Kelestarian Hutan Mangrove melalui HutanMerdeka 2023

HutanMerdeka 2023 adalah sebuah gerakan penghijauan dengan mengajak seluruh masyarakat Indonesia turut berjuang melestarikan hutan di Indonesia. Program ini juga ditujukan sebagai bentuk syukur kita atas kemerdekaan Republik Indonesia.

Program HutanMerdeka 2023 guna menyadarkan seluruh masyarakat Indonesia, bahwa hutan merupakan sumber kehidupan dan penyeimbang ekosistem yang penting bagi kita semua.

Tidak adanya hutan mangrove, kehidupan masyarakat pesisir akan dihadapkan dengan tantangan besar. Seperti abrasi, banjir rob, penurunan kualitas lingkungan, erosi tanah, kehilangan tempat tinggal, bahkan mata pencaharian masyarakat pesisir dapat mengalami penurunan akibat hilangnya lapangan pekerjaan (tambak).

Pada tahun 2019 lalu, LindungiHutan berhasil mengadakan program HutanMerdeka di 31 lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia. Mulai dari Kabupaten Siak, Riau hingga Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Aksi penghijauan tersebut, melibatkan 2.795 partisipan dan berhasil menanam 6.033 pohon di berbagai lokasi yang tersebar.

Baca juga: KadoBumi LindungiHutan, Upaya Penghijauan Sembari Merayakan Momen Berhargamu

HutanMerdeka 2023 “Maju Bersama Menghijaukan Indonesia”

Kini, program HutanMerdeka kembali diadakan LindungiHutan, sekaligus sebagai perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia. 

Program HutanMerdeka 2023 mengusung tema “Maju Bersama Menghijaukan Indonesia”. Besar harapan, seluruh masyarakat Indonesia bergerak maju secara bersama-sama untuk menghijaukan kembali alam Indonesia.

Langkah yang dapat kita lakukan adalah dengan penanaman pohon atau penghijauan. Sebab, banyak hutan mangrove di Indonesia telah  mengalami alih fungsi lahan untuk peruntukan lainnya. 

Mungkin terasa berat dan kurang efektif jika dilakukan sendiri. Untuk itu diperlukannya kolaborasi antar pihak untuk membuat Indonesia agar lestari dan terjaga. Misalnya, dengan berkolaborasi bersama LindungiHutan melalui kampanye HutanMerdeka 2023.

HutanMerdeka 2023, akan dilakukan di 6 lokasi antara lain Pulau Pari (Kepulauan Seribu), Dukuh Sigempol (Brebes), Pesisir Pabean Ilir (Indramayu), Pantai Kartika Jaya (Kendal), Pantai Mangunharjo (Semarang), dan Desa Bedono (Semarang).

Untuk kalian yang ingin berkontribusi dalam upaya penghijauan di 6 lokasi di atas. Kalian dapat mengunjungi halaman HutanMerdeka di website LindungiHutan.

Baca juga: Hari Hutan Indonesia, Mengajak Anak Muda Ikut Aksi Jaga Hutan melalui Aksi Kolaboratif

Tersedia Ratusan Voucher Menarik Perayaan HutanMerdeka 2023

Voucher hutanmerdeka 2023
Promo menarik khusus 17 Agustus 2023 melalui perayaan hutanmerdeka. (Sumber: Instagram lindungihutan).

Perayaan HutanMerdeka bersama LindungiHutan tidak kalah menarik dari biasanya. Khusus perayaan HutanMerdeka 2023, LindungiHutan menyediakan beberapa promo voucher terbatas pada setiap kampanye alam HutanMerdeka 2023.

Terdapat 4 pilihan kode voucher menarik yang dapat kalian gunakan untuk berdonasi di kampanye HutanMerdeka, antara lain “HutanMerdeka20, HutanMerdeka30, HutanMerdeka5K, dan HutanMerdeka10K”. 

Menariknya lagi, kalian juga dapat menggunakan kode voucher “HutanMerdeka50” yang dapat digunakan HANYA pada tanggal 17 Agustus 2023. Kalian akan mendapatkan potongan 50% pada setiap pohon yang didonasikan.

Yuk, ikut donasi di LindungiHutan! Dengan berdonasi saja, kalian juga turut serta dalam upaya program penghijauan HutanMerdeka 2023. Jangan lupa gunakan kode voucher diatas dan dapatkan potongan harga untuk setiap donasinya.

Baca juga:Tutorial Membuat Kampanye Alam #KadoBumi Bersama LindungiHutan: Mudah, Cepat dan Praktis

Voucher Khusus Kemerdekaan Perayaan HutanMerdeka 2023!!!

LindungiHutan menyediakan beberapa voucher pilihan yang dapat kalian gunakan dalam perayaan HutanMerdeka 2023. Ingin berkontribusi dalam perayaan HutanMerdeka 2023? Tekan tombol di bawah ini.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan