Powered by ProofFactor - Social Proof Notifications

10+ Pohon Peneduh Rumah yang Cocok untuk Halaman

Keberadaan pohon peneduh rumah rasa-rasanya sangat diperlukan. Selain membuat udara sejuk, penghuni rumah pun akan merasa nyaman. Lantas apa saja jenis pohon peneduh rumah?
pohon penduh untuk halaman rumah

Memiliki rumah yang sejuk dan rindang tentu menjadi dambaan banyak orang. Apalagi, jika lingkungan yang ditinggali dalam kondisi gersang. Keberadaan pohon peneduh rumah pun rasa-rasanya sangat diperlukan. Pohon peneduh sendiri adalah pohon yang mempunyai batang berukuran besar. Biasanya memiliki tajuk besar sehingga dapat digunakan sebagai tempat berteduh. Itulah mengapa disebut dengan pohon peneduh.

Pengertian Pohon Peneduh Rumah

Mengutip dari buku Mengenal Tanaman Pelindung di Sekitar Kita (2013), Tanaman pelindung adalah tanaman yang ditanam dengan tujuan melindungi orang atau benda yang ada di bawah atau di sekitarnya dari terik matahari dan curahan air hujan.

Pengertian tersebut sebenarnya didasarkan kepada kegunaan suatu tanaman. Maksudnya tanaman yang dipilih untuk ditanam apakah akan digunakan untuk pagar (tanaman pagar), penutup tanah (tanaman penutup tanah), atau melindungi dari sengatan terik matahari dan hujan (tanaman pelindung)

Tanaman pelindung umumnya berbentuk pohon dengan tajuk yang relatif rindang. Umumnya tanaman ini ditanam di pinggir jalan, halaman parkit, taman-taman, halaman kantor, maupun di halaman rumah.

Ciri-Ciri Pohon Peneduh Rumah

Tanaman pelindung dalam taman atau halaman tentunya mempunyai ciri-ciri yang berbeda daripada pohon peneduh jalan misalnya. Adapun ciri-ciri tersebut adalah:

  • Tanaman yang memiliki bentuk kanopi indah,
  • Tanaman tersebut juga mempunyai karakteristik yang khas, misalnya musim bunga yang indah, musim daun yang berwarna, atau keistimewaan lainnya,
  • Beberapa tanaman pelindung dengan kanopi yang indah antara lain, Karet hias, Ki Hujan, dan Kersen

Jenis Pohon Peneduh Rumah

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan pohon peneduh rumah dan juga ciri-cirinya, berikut ini jenis-jenis pohon peneduh yang cocok ditanam di halaman rumah. Mari simak penjelasannya!

1. Pohon Mangga

Pohon peneduh rumah yang pertama yaitu pohon mangga.
Selain buahnya yang manis juga bisa dijadikan penyejuk rumah.

Pohon peneduh rumah yang pertama adalah pohon mangga. Selain buahnya yang manis dan enak dikonsumsi, pohon ini juga bisa dimanfaatkan sebagai penyejuk rumah. Sebab, pohon ini memiliki daun yang rimbun sehingga mampu menghalau terik matahari. Apabila ditanam dengan cara cangkok, tinggi pohon mangga bisa mencapai 8 hingga 10 meter. Akan tetapi, bila ditanam secara biasa bisa mencapai tinggi 40 meter. Melihat bentuk fisiknya yang tinggi dan memiliki daun lebat, maka pohon mangga cocok dijadikan peneduh di depan rumah.

Untuk proses penanamannya, pohon mangga dapat ditanam di dataran rendah dengan ketinggian 0-500 m dpl. Dengan begitu, buah yang dihasilkan akan lebih banyak dan bermutu ketimbang ditanam di dataran tinggi.

Pada umumnya, buah mangga matang di saat musim panas atau kemarau. Butuh waktu sekitar 5 bulan dari masa berbunga hingga tumbuh menjadi matang. Bentuk buah secara umum agak lonjong, menyerupai bentuk ginjal atau kacang. Berwarna hijau, oranye, kuning, dan merah. Jika buah benar-benar matang, kulit mangga akan mengeluarkan aroma yang harum.

Baca juga: 10+ Manfaat Menanam Pohon untuk Lingkungan dan Manusia

2. Pohon Cemara

Pohon peneduh rumah selanjutnya yang juga bisa kamu tanam adalah pohon cemara.
Jika ingin dijadikan sebagai peneduh rumah, baiknya tanam cemara jenis Pua-Pua.

Pohon cemara bisa kamu manfaatkan sebagai peneduh rumah. Karena, pohon ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengalirkan suhu. Alhasil, cocok untuk ditanam pada lokasi yang kering. Oh iya, Cemara bisa dijadikan sebagai pohon peneduh rumah sebab untuk menanamnya tidak memerlukan lahan luas. Dengan begitu, pohon cemara bisa ditanam di rumah dengan halaman sempit sekalipun.

Namun, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu bahwasanya pohon cemara memiliki berbagai macam jenis. Jangan sampai kamu salah menanamnya! Jika tujuannya sebagai pohon peneduh rumah, baiknya kamu menanam jenis Cemara Pua-Pua. Pohon Cemara jenis ini mempunyai daun yang bagus seperti tanduk rusa. Selain itu, perawatannya termasuk mudah dan daunnya tidak mudah rontok.

Kemudian ada juga Cemara Lilin, pohon ini bisa tumbuh mencapai 10 hingga 15 m. Bentuk atasnya mengerucut layaknya pecut dan memiliki daun bergerombol. Pohon ini kerap ditemui di jalan raya sebagai pohon peneduh.

3. Pohon Tabebuya

Bunganya yang cantik membuat pohon tabebuya juga bisa digunakan sebagai pohon peneduh rumah.
Bunganya yang cantik cocok sekali jika dijadikan pohon peneduh rumah minimalis.

Pohon Tabebuya adalah flora asal Hutan Amazon Brazil dan termasuk ke dalam kelompok pohon besar. Pohon ini memiliki bunga yang warna-warni tergantung dengan jenisnya. Sekilas, jika dilihat menyerupai pohon sakura dari Jepang. Pohon Tabebuya mempunyai banyak nama lain, di beberapa daerah ada yang menyebutnya sebagai bunga terompet, cedar putih, kayu putih, tecoma, dan manjack merah muda.

Pohon Tabebuya sendiri memiliki berbagai manfaat salah satunya sebagai pohon peneduh rumah.  Bunga dan daunnya yang cantik cocok sebagai penghias halaman rumah. Warna bunga Tabebuya juga beragam loh! Mulai dari merah muda, putih, kuning, magenta, oranye, dan merah. Biasanya, bunga-bunga tersebut akan bermekaran di bulan September sampai November.

Selain bunganya yang cantik, pohon Tabebuya juga mampu membersihkan udara dari polutan yang berbahaya. Tentu, jika ditanam di halaman rumahmu akan membuat udara makin segar dan rumah pun makin nyaman untuk ditinggali.

Untuk proses perawatannya, kamu hanya perlu menyiram pohon Tabebuya dua kali setiap minggu selama dua bulan pertama. Setelah satu tahun, kamu hanya perlu menyiramnya seminggu sekali saja. Mudah bukan?

4. Pohon Ketapang Kencana

Pohon peneduh rumah yang juga bisa kamu tanam adalah pohon ketapang
Pohon Ketapang Kencana dapat menyerap polusi-polusi yang berasal dari jalanan atau lingkungan sekitar.

Pohon peneduh rumah berikutnya adalah Ketapang Kencana. Keberadaannya kerap dijumpai di halaman rumah untuk mempercantik tampilan rumah. Pohon yang berasal dari Madagaskar ini mempunyai ranting yang membentang dan bertingkat, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peneduh halaman. Daun-daunnya kecil bergerombol membentuk payung dan bisa melindungi tanaman yang ada di bawahnya.

Ada banyak manfaat yang didapat dari menanam pohon Ketapang Kencana. Salah satunya yaitu dapat menyerap polusi. Pohon Ketapang Kencana dapat menyerap polusi-polusi yang berasal dari jalanan atau lingkungan sekitar. Alhasil, suasana rumah sejuk dan udaranya pun segar.

Namun, sebelum menanam pohon ini, kamu perlu mempertimbangkan lokasi penanamannya. Sebab, ranting pohonnya cukup memakan banyak tempat. Maka dari itu, tanamlah secukupnya agar halaman rumah tetap asri dan tetap elok dipandang.

5. Pohon Tanjung

Tanjung cocok dimanfaatkan sebagai pohon peneduh rumah mengingat keberadaannya mampu meneduhkan hingga 125 meter persegi.
Ternyata Pohon Tanjung dapat meneduhkan hingga 125 meter persegi area tergantung dengan umur pohonnya.

Pohon ini mungkin acap kali kamu temui di pinggir-pinggir jalan sebagai penyejuk atau perindang. Karena, pohon ini memiliki daun yang lebat dan juga tidak mudah gugur. Oleh sebab itu, cocok jika dijadikan sebagai pohon peneduh rumah. Mengingat, pohon Tanjung dapat meneduhkan hingga 125 meter persegi area tergantung dengan umur pohonnya.

Selain itu, batang maupun rantingnya juga kokoh sehingga tak perlu takut jika tertiup angin kencang. Bukan hanya itu, pohon Tanjung juga memiliki banyak manfaat terutama untuk lingkungan. Faktanya, pohon ini mampu menyerap unsur pencemar timbal (Pb) walaupun dalam kadar relatif rendah. Pohon ini juga dapat menjadi peredam suara dan debu yang cukup baik, serta tidak mudah rusak akibat pencemaran udara yang terjadi.

Beberapa masyarakat juga menggunakan bunga pohon Tanjung sebagai pengharum ruangan, pakaian, badan, dan rambut. Nah, jika kamu ingin halaman rumahmu rindang sekaligus wangi, tanamlah pohon Tanjung, maka wangi bunganya akan menyebar secara alami.

6. Pohon Palem

Pohon peneduh rumah berikut ini juga bisa digunakan sebagai tanaman hias
Selain sebagai hiasan, pohon palem yang tinggi juga bisa menjadi peneduh halaman rumah.

Keberadaan pohon Palem memang cukup mudah ditemui, apalagi sering dijadikan sebagai pohon hias yang menarik. Selain menjadi hiasan, pohon Palem juga berfungsi sebagai pohon peneduh rumah minimalis. Dengan bentuknya yang tinggi menjulang, pohon ini mampu mengalirkan sirkulasi udara ke dalam rumah.

Selain itu, pohon Palem juga mempunyai kemampuan menyerap polutan sangat baik. Sangat cocok sekali untuk ditanam, terlebih jika rumahmu berada di pinggir jalan utama.

Merawat pohon Palem juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menempatkan pohon di tempat yang tersinari oleh matahari dengan baik. Alhasil, pohon akan tumbuh subur dan juga terlihat menawan.

Beberapa jenis pohon Palem yang bisa kamu tanam seperti, pohon Palem Merah, pohon Palem Kuning, pohon Palem Bambu, pohon Palem Kipas, pohon Palem Putri, pohon Palem Raja, pohon Palem Botol,pohon Palem Phoenix, dan lain sebagainya.

7. Pohon Holly Amerika

Tampilannya yang cantik membuat pohon holly cocok digunakan sebagai pohon peneduh rumah.
Pohon jenis ini biasanya dimanfaatkan sebagai hiasan pekarangan dan juga peneduh rumah.

American Holly adalah spesies pohon yang mungkin cukup asing di telinga. Karena memang asalnya dari Amerika Serikat. Biasanya dibudidayakan sebagai pohon hias pekarangan dan juga pohon peneduh rumah.

Pohon American Holly bisa tumbuh hingga ketinggian 10-15 meter dan membentuk semak besar dengan diameter batang utamanya mencapai 50-60 cm. Warna kulit batangnya abu-abu, bertekstur kasar, serta mempunyai banyak benjolan kecil.

Pohon ini cukup tahan dengan hama dan penyakit. Perawatannya juga simpel, kamu hanya perlu memangkasnya agar tetap rapi. Nah, kalau kamu sedang mencari pohon peneduh untuk ditanam, American Holly bisa masuk ke dalam daftar pilihan.

8. Pohon Flamboyan

Bunganya yang cantik, menjadikan tanaman flamboyan cocok bila dimanfaatkan sebagai pohon peneduh rumah.
Bunganya yang berwarna merah dan oranye membuat rumahmu nampak estetik.

Pohon ini berasal dari Madagaskar dan kini sudah tersebar hampir di semua wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Ciri-ciri pohon ini memiliki tinggi mencapai 15 meter atau lebih, berukuran besar, dengan 4 kelopak merah tua atau oranye merah yang melebar hingga 8 cm. Bunganya merah atau oranye cerah dan cantik ketika mekar.

Pohon ini akan mekar biasanya di musim pancaroba dari kemarau ke penghujan. Pada momen inilah kamu bisa menikmati keindahan pohon Flamboyan. Dari kejauhan kamu seperti melihat batang pohon dengan payung merah besar di atasnya.

Tak hanya anggun, pohon Flamboyan juga bisa dimanfaatkan sebagai peneduh rumah. Daunnya yang lebat dan ukurannya tinggi mampu menghalau terik matahari dengan baik. Kamu hanya perlu menyiapkan lahan yang sedikit luas untuk menanam pohon ini karena sifatnya yang tumbuh melebar. Namun, kamu bisa menyiasatinya dengan rajin memangkas agar tetap rapi dan indah.

9. Pohon Kiara Payung

Pohon peneduh rumah berikutnya yang cocok ditanam di halaman rumah adalah kerai payung.
Selain rindang, pohon kiara payung juga bisa mereduksi CO2. sumber foto: portal.bangkabaratkab.go.id.

Pohon ini kerap ditemui di pinggir jalan atau Ruang Terbuka Hijau (RTH) karena dibutuhkan sebagai perindang dan peneduh. Pohon Kiara Payung memiliki karakteristik daun lebat dengan warna hijau tua serta teksturnya yang kuat. Pohon ini dapat tumbuh hingga 5 meter atau lebih dan memiliki batang yang kokoh sehingga tetap aman meskipun tertiup angin kencang.

Kiara Payung dapat digunakan sebagai pohon peneduh rumah karena memiliki banyak manfaat. Selain rindang dan mampu melindungi dari terik matahari, pohon ini dapat mereduksi Karbon Monoksida (CO). Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2015, pohon Kiara Payung memiliki daya serap CO sebesar 404,83 Kg/pohon/tahun. Bagaimana, tertarik untuk menanamnya?

10. Pohon Kersen

Pohon peneduh rumah satu ini selain meneduhkan juga mudah untuk tumbuh di mana saja.
Pohon kersen dapat dengan mudah tumbuh di mana saja asalkan sesuai dengan kriteria tanam.

Pohon peneduh rumah berikutnya adalah Kersen. Pohon ini dapat tumbuh di mana saja, asalkan sesuai dengan kriteria tanam yang terpenuhi. Kriteria tanam tersebut yaitu dengan ketinggian sekitar 1000 m dpl. Kersen memiliki tinggi rata-rata 2-6 meter. Namun, pohon kersen bisa tumbuh hingga 12 meter.

Dengan tinggi yang sedemikian rupa, pohon Kersen mampu memberikan kerindangan untuk lingkungan sekitar. Tak cuma itu, pohon ini juga memiliki laju penyerapan karbondioksida tertinggi di antara tanaman lain yang digunakan di dalam RTH.

11. Pohon Beringin

Posturnya yang besar membuat poohon beringin cocok dijadikan pohon peneduh rumah.
Beringin sangat produktif menghasilkan oksigen pada siang hari, makanya udara akan terasa lebih segar.

Yup, cukup dengan melihatnya kita bisa tahu bahwa pohon Beringin cocok jika menjadi peneduh rumah. Banyaknya cabang membentuk kanopi yang besar dan luas sehingga membuat siapapun di bawahnya merasa nyaman. Nyatanya, Beringin sangat produktif menghasilkan oksigen pada siang hari. Oleh sebab itu, udara akan terasa lebih segar.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk menanam pohon Beringin, baiknya siapkan dahulu lahan yang cukup luas. Sebab, tingginya bisa mencapai 25 meter dengan diameter batang 2 meter. Belum lagi akan terlihat makin besar dengan keberadaan akar gantungnya.

12. Bambu

Selain banyak fungsinya dan juga digunakan sebagai tanaman hias, bambu juga bisa dijadikan pohon peneduh rumah.
Tanaman bambu ini selain sebagai peneduh juga akan terlihat menarik bila dijadikan tanaman hias.

Tanaman Bambu bisa menjadi alternatif pilihan jika kamu tidak ingin menanam pohon sebagai peneduh rumah. Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan yang memiliki rongga serta ruas di batangnya. Keberadaanya mudah ditemui di dan memiliki bermacam jenis.

Bambu juga memiliki pertumbuhan yang cepat, dengan sistem perakaran rhizoma-dependen, membuat bambu bisa tumbuh mencapai panjang  60 -100 cm dalam 24 jam, tergantung jenis tanah dan iklim habitatnya.

Bambu juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Kamu bisa menanamnya di pot maupun di karangan. Beberapa jenis bambu bila dirawat dengan baik bisa membuat halaman rumahmu terlihat estetik.

Baca juga: Pohon Cendana: Ciri-Ciri, Cara Menanam, dan Manfaatnya (2022)

Itulah 12 jenis pohon peneduh rumah yang bisa kamu tanam. Selain membuat sirkulasi udara makin baik, pohon tersebut juga bisa menjadi hiasan yang akan mempercantik halaman rumahmu. Well, pohon nomor berapa yang ingin kamu tanam?

Hei! Bumi Butuh Kamu! Bumi Butuh Pohonmu! Yuk Tanam Pohon Bersama LindungiHutan!

LindungiHutan adalah website donasi online, galang dana dan kerjasama untuk kelestarian hutan Indonesia yang telah mempunyai izin dan terpercaya. Salurkan niat kebaikan untuk membantu sesama dan alam dengan sedekah pohon untuk keberlangsungan masa depan kita.

Muhamad Iqbal
Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.