Connect with us

Mitra Hijau

PT Nesia Pan Pacific Knit Tanam 1.000 Pohon untuk Pesisir Tambakrejo Semarang

Published

on

Kegiatan penghijauan PT Nesia Pan Pacific Knit

PT Nesia Pan Pacific Knit adalah perusahaan industri garmen (pakaian jadi) dengan penanaman modal asing dari Korea Selatan yang berorientasi untuk ekspor ke luar negeri. PT Nesia Pan Pacific Knit memproduksi beberapa pakaian seperti baju, celana, jaket, dan gaun.

Perusahaan ini berlokasi di Dusun Ngadirno, Desa Klero, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Berdiri sejak tahun 2007, PT Nesia Pan Pacific Knit memiliki lebih dari 4.000 karyawan.

Dalam kegiatan bisnisnya, perusahaan banyak bekerja sama atau melayani membeli dari brand terkenal di dunia seperti H&M, GAP, Old Navy, Under Armour, Columbia, dan lain sebagainya.

Dengan berorientasi pada bisnis ekspor, hasil produksi PT Nesia Pan Pacific Knit tentunya mempunyai kualitas yang tinggi. Kualitas produk dan kenyamanan menjadi standar perusahaan yang terus diperhatikan. Puluhan juta potong pakaian dalam setahun terus diproduksi dan dikirimkan ke luar negeri.

Dalam menjalankan praktik dan proses bisnisnya, PT Nesia Pan Pacific Knit Semarang senantiasa memprioritaskan upaya perlindungan serta memberikan manfaat kepada masyarakat setempat.

PT Nesia Pan Pacific Knit Semarang Hijaukan Pesisir Tambakrejo dengan Mangrove

Karyawan PT Nesia Pan Pacific Knit tanam mangrove

Komitmen PT Nesia Pan Pacific Knit dalam mewujudkan lingkungan yang Lestari diwujudkan dalam aksi penghijauan bersama LindungiHutan.  

Dalam kesempatan ini, PT Nesia Pan Pacific Knit Semarang menginisiasi sebuah kampanye penghijauan yang bertajuk “1000 Pohon Untuk Bumiku”. Aksi tersebut merupakan perwujudan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang menjadi tanggung jawab perusahaan.

Melalui kampanye diatas, perusahaan sukses mengumpulkan dan menanam 1.000 bibit mangrove yang ditanam di wilayah Pesisir Tambakrejo Semarang pada 12 Agustus 2023.

Proses penanaman melibatkan rekan-rekan PT Nesia Pan Pacific Knit, tim LindungiHutan, dan mitra penggerak yang berada di lokasi bernama Pak Yazid.

Upaya yang telah dilakukan PT Nesia Pan Pacific Knit untuk menghijaukan kembali Indonesia sepatutnya kita apresiasi bersama. Besar harapan, inisiasi kampanye alam ini dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk terlibat dalam program penghijauan hutan Indonesia.

Kami percaya, lebih banyak orang yang terlibat dalam aksi lingkungan, maka semakin banyak pula tangan yang menjaga kelestariannya.

Baca juga: Watsons Indonesia Gelar Kembali Aksi Penghijauan Tanam 1000 Mangrove di Kepulauan Seribu

Cerita Kondisi Lokasi Penanaman PT Nesia Pan Pacific Knit di Pesisir Tambakrejo

Aksi penghijauan PT Nesia Pan Pacific Knit

Pemilihan Pesisir Tambakrejo sebagai lokasi penghijauan PT Nesia Pan Pacific Semarang tentu bukan tanpa pertimbangan, mengingat terdapat beberapa persoalan lingkungan yang terjadi di lokasi tersebut.

Pesisir Tambakrejo dikenal sebagai desa nelayan dan terletak di Kelurahan Tanjungmas, Kota Semarang bagian utara.

Meski awalnya bernama Tambakrejo, penyebutan ‘Tambak Lorok’ lebih dikenal masyarakat luas. Dikarenakan, pemukiman ini masih mengalami pergeseran tanah atau orang Jawa menyebutnya nglorok yang berarti merosot. 

Letaknya yang berada di pesisir pantai sebelah utara Kota Semarang atau lebih tepatnya di pelabuhan Tanjung Mas, membuat pesisir Tambakrejo dihadapkan dengan ancaman abrasi jika kawasan tersebut tidak dilindungi dengan tanaman mangrove.

Fakta unik di Pesisir Tambakrejo adalah terdapat area makam yang sudah tenggelam akibat abrasi kawasan tersebut. Makam tersebut terletak di pinggir pantai yang dikelilingi dan telah terendam air laut jika sedang pasang, serta hanya menyisakan sebagian batu nisan saja. Tak hanya itu, akses jalan sekitar 200 m dari desa juga digenangi air.Untuk mengunjungi kawasan makam, mau tidak mau harus melintasi genangan air yang dipenuhi sampah.

Melihat dari kondisi tersebut, Pak Yazid dan Kelompok CAMAR melakukan penanaman mangrove di sepanjang kawasan Pesisir Tambakrejo. Mereka mengupayakan penghijauan kembali kawasan pesisir Tambakrejo untuk menyelamatkan luasan tersisa. Secara total, lebih dari 170.000 bibit mangrove telah ditanam oleh kelompok CAMAR di lahan seluas sekitar 2 ha.

Baca juga: PT Siemens Indonesia Tanam 1000 Mangrove di Pantai Bahagia Kabupaten Bekasi

Manfaat Mangrove untuk Pesisir Tambakrejo Semarang

Mangrove memiliki manfaat yang luar biasa di kawasan pesisir. Sistem perakaran yang kuat, hutan mangrove mampu meredakan abrasi dan gelombang apabila tsunami terjadi. Hutan mangrove juga memberikan manfaat sebagai tempat tinggal berbagai makhluk hidup, penyimpan karbon, penghasil oksigen, dan masih banyak manfaat lainnya.

Mangrove juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir pula. Olahan mangrove dapat dijadikan sebagai makanan ataupun pewarna alami.

Baca juga: Green Action CMA CGM Tanam 1000 Mangrove di Pulau Pari Kepulauan Seribu

Yuk, wujudkan program CSR perusahaan Anda bersama LindungiHutan. Melalui LindungiHutan, perusahaan Anda dapat memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat setempat dari segi ekonomi, sosial, dan lingkungan yang berkelanjutan.

Ingin berkolaborasi dengan LindungiHutan seperti yang telah dilakukan PT Nesia Pasific Knit Semarang dalam aksi penghijauan? Isi form di bawah ini dan jalin kerja sama sekarang juga!

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan