Connect with us

Mitra Hijau

PT Pasifik Satelit Nusantara Kembali Tanam 1000 Mangrove di Tangerang

Published

on

PT Pasifik Satelit Nusantara tanam 1000 mangrove

PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) merupakan perusahaan dengan fokus usaha yang bergerak di bidang informasi dan telekomunikasi satelit. Beberapa produk/layanan yang dihadirkan oleh PT Pasifik Satelit Nusantara antara lain transponder leasing, VSAT services, internet services, cellular backhaul, dan integrated solutions.

Dalam menjalankan praktik dan proses bisnisnya, PT PSN senantiasa berkomitmen untuk memprioritaskan perlindungan dan pelestarian lingkungan serta memberikan manfaat kepada masyarakat.

Sudah menjadi komitmen yang terwujud dalam kebijakan dan nilai PT Pasifik Satelit Nusantara untuk turut serta mengendalikan dampak lingkungan secara signifikan yang terkait dengan kegiatannya.

PSN BERMAKNA Sayangi Bumi Tanami Bakau: 1000 Pohon Mangrove untuk Muara Sungai Cisadane

Komitmen PT Pasifik Satelit Nusantara dalam mewujudkan lingkungan yang lestari diwujudkan dalam aksi penghijauan. Bersama LindungiHutan, PT Pasifik Satelit Nusantara menginisiasi kampanye alam bertajuk “PSN BERMAKNA Sayangi Bumi Tanami Bakau: 1000 Pohon Mangrove Muara Cisadane” sebagai bentuk kontribusi nyata pelestarian alam.

Melalui kampanye alam tersebut, 1000 pohon mangrove Rhizophora sukses ditanam di Muara Cisadane, Kabupaten Tangerang pada tanggal 16 Februari 2023. Penanaman berlangsung dengan lancar dan dibantu oleh Abdul Gopur.

Baca juga: PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Tanam 1.000 Pohon di Bekasi Bersama LindungiHutan

PT Pasifik Satelit Nusantara lakukan csr lingkungan
Bersama LindungiHutan, PSN berhasil menanam 1000 mangrove di Muara Cisadane. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Apa yang dilakukan oleh PT Pasifik Satelit Nusantara untuk turut serta #BersamaMenghijaukanIndonesia sudah semestinya kita apresiasi bersama.

PT PSN tak lupa akan peran dan tanggung jawabnya untuk bersama-sama ikut menjaga dan melestarikan bumi. Harapannya, inisiasi kampanye alam ini dapat memberikan manfaat baik bagi lingkungan dan juga masyarakat setempat.

Terlebih, kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam perlu ditanamkan dan dipraktikkan oleh banyak orang serta berbagai pihak. Kami percaya, makin banyak ‘tangan’ yang terlibat maka semakin banyak pula mereka yang turut menjaga.

Melihat Lebih Dekat Muara Cisadane, Tanjungburung, Teluknaga, Kab. Tangerang

lokasi penanaman pt pasifik satelit nusantara
PSN melakukan aksi penghijauan wujudkan kepedulian lingkungan. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pemilihan Muara Cisadane sebagai lokasi penanaman PT PSN tentu bukan tanpa pertimbangan, mengingat terdapat beberapa persoalan lingkungan yang melingkupinya.

Sebagaimana namanya, Muara Cisadane merupakan tempat bermuaranya Sungai Cisadane sebelum bertemu dengan Laut Jawa. Terletak di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, muara tersebut menjadi rumah bagi tanaman mangrove. 

Namun, kini jumlahnya tampak berkurang jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kondisi tersebut erat hubungannya dengan tren tambak yang digandrungi masyarakat. Meski tanpa disadari menyimpan dan buruk bagi lingkungan.

Kerusakan lingkungan kemudian juga berimbas terhadap menurunnya produksi udang dan pendapatan masyarakat. Masyarakat merindukan kembali perairan muara yang bersih dan tak berbau. Abdul Gopur adalah sosok yang getol melakukan penanaman mangrove sejak tahun 2020. 

Apa yang dilakukan oleh Abdul Gopur bersama masyarakat Muara Cisadane menjadi bentuk nyata upaya penyelamatan lingkungan. Kembalinya ekosistem mangrove yang asri harapannya membawa kebaikan baik untuk lingkungan maupun masyarakat.

penanaman dibantu mitra petani
Penanaman dibantu oleh mitra petani yang bernama Abdul Gopur. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Untuk mendukung upaya percepatan konservasi di Muara Cisadane, LindungiHutan hadir sebagai platform penghijauan dengan berbagai kemudahannya. Kini, semua orang bisa ikut berkontribusi dalam aksi-aksi penghijauan, tentu dengan mudah, transparan, dan inklusif. Sebagaimana yang kami percayai #BersamaMenghijaukanIndonesia!

Berkaca kepada kondisi lingkungan di daerah Muara Cisadane, LindungiHutan bersama PT Pasifik Satelit Nusantara mengambil inisiasi penanaman 1000 pohon mangrove Rhizophora sebagai langkah konservasi dan restorasi lingkungan.

Selain dari sisi ekologi, partisipasi penanaman pohon ini juga telah mendukung poin-poin program Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dengan:

  • Mencegah degradasi lahan akibat abrasi (SDG’s 15)
  • Mengurangi dampak banjir di pemukiman warga (SDG’s 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau (SDG’s 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon (SDG’s 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar (SDG’s 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar (SDG’s 8)

Baca juga: Good Services for Client: Kesan Kolaborasi CSR Lingkungan Bank Danamon Bersama LindungiHutan

Ciri-ciri dan Manfaat Pohon Bakau (Rhizophora mucronata)

Rhizophora mucronata merupakan tanaman bakau yang paling sering ditemukan di ekosistem mangrove Indonesia. Berdasarkan hasil penilaian kesesuaian lahan, Rhizophora mucronata sangat cocok untuk ditanam di Muara Cisadane, Kabupaten Tangerang. Pohon ini memiliki ciri-ciri:

Adapun, manfaat ekologi dari Rhizophora mucronata antara lain:

  • Menghasilkan O2 dan menyerap emisi CO2
  • Akarnya memperkuat struktur tanah di daerah pesisir sehingga mencegah penurunan muka tanah dan eros
  • Memecah ombak, mengurangi abrasi, dan mengurangi dampak tsunami
  • Buahnya menjadi sumber makanan bagi hewan mangrove seperti monyet, bekantan, kepiting bakau, dan burung
  • Formasi pohon menjadi habitat tempat berlindung hewan air seperti kepiting bakau, udang, burung, dan ikan

Sementara itu, potensi manfaat ekonominya seperti:

  • Kayu digunakan untuk kayu bakar dan mebel,
  • Tanin dari kayu dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami,
  • Daun dapat diolah menjadi keripik,
  • Memperbaiki ekosistem tambak udang dan ikan dengan menghasilkan fitoplankton dan zooplankton.

Baca juga: 5 Brand Pakaian Upayakan Penghijauan Bersama LindungHutan

Ikuti Jejak PT Pasifik Satelit Nusantara Melalui Program CSR Berdampak Sosial-Lingkungan

Bersama LindungiHutan aksi penghijauan kini makin mudah, transparan, dan berkelanjutan dari mana saja. Semua orang bisa mengambil peran nyata untuk hutan Indonesia sekarang juga! LindungiHutan hadir menjunjung tinggi nilai mudah, transparan, berkelanjutan, fleksibel, dan inklusif dalam upaya menghijaukan Indonesia dengan menanam pohon di berbagai daerah.

Bagi perusahaan yang ingin turut serta berkontribusi dalam upaya menghijaukan Indonesia bisa dengan mengikuti program Impact CSR. Melalui Impact CSR, kami membantu perusahaan Anda memberikan dampak positif bagi ekologi, ekonomi, dan sosial masyarakat melalui kegiatan penanaman pohon yang melibatkan mitra petani setempat.

Berikut 3 alasan mengapa perusahaan mesti menjalin kerja sama dengan LindungiHutan!

1. LindungiHutan telah menjalin kemitraan dengan 30+ kelompok tani hutan dan masyarakat lokal untuk memastikan kegiatan penghijauan berjalan secara lancar dan berdampak sosial.

2. Kami juga telah dipercaya 350+ brand dan perusahaan dari berbagai bidang usaha untuk membantu menjalankan program CSR berdampak sosial dan lingkungan di berbagai daerah.

3. Nilai yang kami junjung tinggi yaitu mudah, transparan, berkelanjutan, inklusif, dan fleksibel dalam menjalankan berbagai aktivitas operasional, program, dan implementasi pelaksanaan Impact CSR.

Wujudkan Program CSR Perusahaan Anda dengan Mudah, Tepat Sasaran, dan Berkelanjutan Bersama LindungiHutan!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan