Connect with us

Mitra Hijau

PT Asuransi Rama Satria Wibawa Tanam 3.000 Mangrove Lestarikan Pesisir Trimulyo, Semarang

Published

on

Asuransi Rama menanam mangrove 3.000 pohon

Sebuah komitmen pelestarian lingkungan kembali dilanjutkan oleh PT Asuransi Rama Satria Wibawa dengan menanam 3.000 mangrove bersama LindungiHutan di Trimulyo, Semarang pada 22 Desember 2023.

PT Asuransi Rama Satria Wibawa merupakan salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia. Bersama LindungiHutan, perusahaan ini mengambil langkah dalam aksi penghijauan untuk menyelamatkan wilayah pesisir Trimulyo dari kerusakan lingkungan.

Setiap bulannya, Asuransi Rama berkomitmen untuk mendonasikan satu pohon setiap penjualan polis asuransi pada perusahaan tersebut.

3000 Mangrove Dari Asuransi Rama untuk Pesisir Trimulyo

Wilayah pesisir Trimulyo menjadi perhatian bagi PT Asuransi Rama Satria Wibawa yang terkena dari ancaman dan dampak dari kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, perusahaan menggandeng LindungiHutan dalam upaya penghijauan yang bertujuan untuk memulihkan kembali ekosistem di Trimulyo dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

Dalam kolaborasi tersebut, PT Asuransi Rama berhasil mendonasikan 3.000 mangrove yang telah dikumpulkan melalui campaign Growth Green pada bulan Agustus, September, dan Oktober. 

Proses penanaman mangrove oleh Asuransi Rama di Trimulyo Semarang. Dokumentasi LindungiHutan

Baca juga: PT Asuransi Rama Satria Wibawa Tanam 4.000+ Mangrove Hijaukan Kota Semarang

Kemudian, ribuan mangrove tersebut ditanam di pesisir Trimulyo pada 22 Desember 2022 bersama tim LindungiHutan dan Antok selaku mitra penanaman di lokasi setempat.

Atas aksi tersebut, perusahaan telah berkontribusi dalam memberikan manfaat secara langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan dan masyarakat setempat. Besar harapan, aksi ini juga menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain untuk melakukan aksi nyata yang berdampak dan berkelanjutan.

Total, kurang lebih 3.000 mangrove berhasil ditanam oleh Asuransi Rama. Dokumentasi LindungiHutan

Sebab, LindungiHutan membuka kesempatan yang besar untuk perusahaan terlibat dalam aksi lingkungan salah satunya melalui upaya penghijauan di lokasi-lokasi yang mengalami kerusakan.

Tanam Mangrove, Selamatkan Trimulyo dari Kerusakan Lingkungan

Semarang, sebuah kota yang terletak di Jawa Tengah, menjadi saksi bisu dari tantangan ekstrem yang dihadapi oleh pesisirnya. Dengan 36,6 km garis pantai yang langsung berbatasan dengan laut, Kota Semarang menjadi kawasan rawan abrasi dan banjir rob. Pada tahun 2011, sekitar 4.200 m2 pesisir telah terkena dampak abrasi, termasuk Pesisir Trimulyo, yang menjadi saksi bisu dari perubahan yang menghancurkan.

Pohon mangrove hasil penanaman Asuransi Rama di Pantai Trimulyo. Dokumentasi LindungiHutan

Pada tahun 1980-1990-an, kegiatan alih fungsi lahan mengubah wajah pesisir Semarang. Mangrove yang sebelumnya melindungi pesisir digantikan oleh lahan tambak, diharapkan dapat memberikan keuntungan ekonomi. Sayangnya, jejak kerusakan yang ditinggalkan oleh pertambakan mulai terasa. 

Baca juga: PT Asuransi Rama Satria Wibawa Kembali Tanam 4.000 Mangrove di Kota Semarang

Dampaknya, gelombang air laut tak tertahankan menyapu wilayah pesisir daerah Trimulyo. Akibatnya, banjir rob dan abrasi merusak rumah warga dan area pertambakan sebagai penopang perekonomian masyarakat ikut rusak.

Pohon mangrove dipilih bukan tanpa alasan. Mangrove dinilai menjadi tanaman yang cocok untuk wilayah pesisir salah satunya di Trimulyo, Kota Semarang. Mangrove bermanfaat sebagai tanaman penahan banjir rob, abrasi, dan tsunami yang mengancam wilayah pesisir. Hutan mangrove juga menjadi penyerap karbon efektif dibanding hutan terestrial lainnya, sehingga menjadi alternatif cara untuk menekan laju perubahan iklim.

Wujudkan Aksi Keberlanjutan Bersama LindungiHutan

Dalam setiap penanaman mangrove, LindungiHutan menggandeng komunitas lokal atau masyarakat setempat. Sehingga, aksi ini tidak hanya memberikan manfaat kepada lingkungan saja, melainkan kepada masyarakat sekitar lokasi penanaman dan prinsip keberlanjutan dapat dicapai melalui aksi tersebut.

LindungiHutan bersama dengan 506 mitra penghijauan telah melakukan aksi penanaman lebih dari 780 ribu pohon di 47 lokasi yang tersebar di Indonesia. Tindakan ini merupakan komitmen LindungiHutan sejak tahun 2016 dan akan terus melakukan upaya ini untuk masa depan yang lebih baik.

Mari, jalankan aksi penghijauan bersama Kami dengan mengisi form di bawah ini atau hubungi kontak kami.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *