Connect with us

Kegiatan

PT. Pigeon Indonesia Tanam 5.000 Mangrove

Logo LindungiHutan - Green - Square - 1280 x 1280 pixels - PNG

Published

on

PT. Pigeon Indonesisa tanam 5.000 pohon mangrove di kabupaten Bekasi.

PT. Pigeon Indonesia menjalin kemitraan bersama Yayasan Lindungi Hutan dengan mengadakan proyek konservasi alam berupa penanaman 5.000 pohon mangrove melalui kampanye alam “Pigeon Indonesia’s World Environment Day”.

Foto dokumentasi kegiatan penanaman pohon mangrove hasil kerjasama dari PT. Pigeon Indonesia dan Lindungihutan pada fase 1 tanggal 5 Juni 2021.
Foto dokumentasi penanaman fase pertama sebanyak 2.000 pohon mangrove di Bekasi oleh perwakilan PT. Pigeon Indonesia, LindungiHutan dan mitra penggerak penghijauan (Istimewa).

Setelah sebelumnya perusahaan melakukan penanaman 2.000 pohon mangrove dalam rangka Hari Lingkungan Hidup sedunia pada bulan Juni yang lalu, aksi penanaman kembali dilanjutkan pada hari Sabtu, 27 November 2021 di pesisir Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dengan menanam 3.000 pohon mangrove.

Baca juga: Mondelēz Indonesia Bekerjasama dengan LindungiHutan untuk Hijaukan Kota Semarang

Pigeon Group memberikan pertimbangan penuh untuk mitigasi perubahan iklim dan keanekaragaman hayati. Guna mencapai tujuan tersebut, Pigeon Group telah menentukan volume emisi gas rumah kaca yang dihasilkan selama proses produksi secara langsung maupun tidak langsung. Terlebih untuk mengurangi emisi tersebut di masa mendatang.

Komitmen Pigeon Group untuk senantiasa memberikan manfaat bagi lingkungan telah berlangsung sejak lama. Selama 33 tahun terakhir, perusahaan telah menanam 145.000 pohon guna menjaga kelestarian alam di lahan seluas 45,15 hektar (baik hutan nasional maupun lahan pribadi), di situs Pigeon Miwa no Mori, kombinasi antara hutan nasional dan tanah milik Pigeon Group dekat Hitachi-Omiya, Prefektur Ibaraki, Jepang.

Baca juga: CSR Adalah: Pengertian. Jenis, Fungsi, Tujuan dan Manfaat Corporate Social Responsibility

Pada penanaman kali ini, PT. Pigeon Indonesia akan menanam jenis mangrove Rhizopora sp. yang cocok ditanam di daerah berlumpur dan mampu beradaptasi dengan air tawar maupun air laut.

Karyawan dan perwakilan PT. Pigeon Indonesia ikut serta dalam penanaman fase 2 sebanyak 3.000 mangrove di pesisir utara kabupaten Bekasi.
Foto dokumentasi penanaman pohon fase 2 sebanyak 3.000 mangrove di pesisir Muara Gembong, kabupaten Bekasi pada 27 November 2021 lalu (Istimewa).

Masataka Hongo selaku Presiden Direktur PT. Pigeon Indonesia mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan penanaman ini adalah bukan hanya semata-mata sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca, tapi juga sebagai upaya dalam pencegahan abrasi di pesisir utara pantai Jawa, terutama di wilayah Jadetabek.

Kegiatan penanaman pohon mangrove ini merupakan salah satu dari upaya kami untuk melindungi lingkungan dan membuat dunia menjadi lebih ramah bagi bayi. Dalam aktivitas di perusahaan sendiri, kami juga telah melakukan upaya-upaya lain untuk membantu menurunkan efek gas rumah kaca. Antara lain dengan penggunaan energi terbarukan, solar panel, sebagai salah satu sumber energi.”

Masataka Hongo, Presiden Direktur PT. Pigeon Indonesia

Baca juga: Kenali Tanaman Porang, Umbi-umbian Terkenal yang Dilarang untuk Ekspor

Kegiatan penanaman 5.000 pohon mangrove ini dilaksanakan oleh perwakilan dari PT. Pigeon Indonesia dan Yayasan Lindungi Hutan serta menggandeng Relawan Lindungi Hutan Jadetabek dan mitra penghijauan LindungiHutan yang telah lebih dari satu tahun menjalin kerjasama.

Jalin kerjasama untuk menghijaukan Indonesia?

Lebih dari 200 partner dari UMKM hingga perusahaan multinasional seperti PT. Pigeon Indonesia ikut mendukung upaya penghijauan.

Sedekah Pohon LindungiHutan