Connect with us

Bisnis Lestari

Panduan Mudah Pelaksanaan CSR Lingkungan Perusahaan Anda!

Published

on

Program CSR lingkungan

Sebelum beranjak lebih jauh, mari kita pahami dahulu apa itu CSR? Corporate Social Responsibility atau CSR merupakan respon dan bentuk tanggung jawab perusahaan untuk ikut berkontribusi bagi lingkungan tempat di mana perusahaan tersebut berada. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas masyarakat setempat dan tentunya kondisi lingkungan hidup.

Nah, dalam praktiknya ada berbagai macam jenis CSR, salah satunya adalah rehabilitasi alam/ CSR lingkungan. Perusahaan yang menghasilkan limbah dan menggunakan sumber daya alam dalam proses produksinya, tentu harus menjaga kelestarian alam. Maka dari itu, perusahaan perlu melakukan kegiatan penghijauan seperti penanaman pohon.

Lantas, bagaimana cara perusahaan melakukannya? Tenang, LindungiHutan punya solusi untuk itu!

LindungiHutan adalah platform penggalangan dana dan kerja sama untuk konservasi hutan Indonesia. Kegiatan LindungiHutan mencakup penggalangan dana untuk hutan, aktivitas penghijauan, kolaborasi dengan mitra, UMKM, dan perusahaan dalam acara penanaman pohon, pemberdayaan Penggerak atau mitra penghijauan lapangan, serta edukasi masyarakat terkait hutan dan alam.

Jadi, bagi perusahaan yang ingin melakukan program CSR lingkungan, LindungiHutan siap berkolaborasi dalam upaya-upaya mewujudkan kelestarian alam bersama. Seperti tagline yang kami usung, Bersama-sama Menghijaukan Indonesia!

Benefit CSR Lingkungan Bersama LindungiHutan

Memangnya apa saja benefit yang akan didapatkan jika mengadakan CSR perusahaan bersama LindungiHutan?

Program Berkelanjutan

Proses penghijauan tak sekadar menanam lalu selesai. Mulai dari pembibitan, pemilihan area, penanaman, perawatan, pelaporan perkembangan, pemantauan dengan menggunakan teknologi hingga penyulaman. Semua itu dilakukan dengan nilai memberdayakan petani dan komunitas sekitar hutan.

Green Brand

Keterlibatan brand dalam program penghijauan tentu akan berdampak bagi nama baik brand yang sedang dibangun. Dengan jaringan media dan kampanye yang relevan akan membuat brand yang dikenal mendukung penghijauan.

Selama program kolaborasi dilakukan, LindungiHutan juga akan mengabarkan ke publik melalui kanal publikasi yang dimiliki mulai dari Instagram, Linkedin, maupun website/blog.

Dalam Genggaman

Semua proses dan hasil program penghijauan akan dihadirkan dalam suatu dashboard yang dapat diakses melalui situs, sehingga informasi perkembangan pohon yang ditanam dan dampaknya akan diketahui seluruh pihak dari manapun dan kapanpun.

Easy Step Pelaksanaan Kerja Sama CSR Lingkungan Bersama LindungiHutan

Setelah mengetahui betapa pentingnya melaksanakan CSR lingkungan dan betapa mudahnya melaksanakannya bersama LindungiHutan, kini saatnya kita bahas langkah-langkahnya. Well, kolaborasi program CSR bersama LindungiHutan cukup mudah dan simpel, apa saja?

1. Meeting bersama

Perusahaan bisa mengatur meeting bersama divisi partnership kami untuk membicarakan tentang pelaksanaan program CSR nantinya. LindungiHutan sangat-sangat terbuka dan akan senang sekali untuk segala bentuk pertanyaan dan diskusi mengenai pelaksanaan program ini.

Dalam diskusi tersebut perusahaan bisa menanyakan program CSR LindungiHutan seperti apa dengan jawaban yang lebih detail, kemudian contoh-contoh pelaksanaan sebelumnya, hingga benefit yang akan didapat nantinya. Pokoknya feel free if you want ask.

2. Pemilihan Tempat Lokasi

Sebenarnya ini bisa dilakukan ketika meeting bersama yaitu pada tahap satu. Namun, untuk lebih jelasnya, LindungiHutan akan memberikan list lokasi penanaman untuk program CSR perusahaan nantinya.

Dari daftar tersebut perusahaan bisa memilih lokasi mana yang sekiranya akan digunakan sebagai lokasi penanaman.

LindungiHutan juga bisa melakukan cek lokasi yang dipilih guna mengetahui terkait bisa tidaknya digunakan untuk memfasilitasi event CSR di sana.

Oh iya, perusahaan juga akan diberitahu mengenai kondisi lokasi penanaman seperti apa? Mengapa harus menanam di situ? Jenis pohon yang akan ditanam apa? Semua informasi tersebut akan LindungiHutan kirimkan dalam satu deck agar lebih mudah mengaksesnya.

3. Keperluan Items

Kolaborasi program CSR LindungiHutan meliputi penanaman, monitoring, penyulaman, dan termasuk company celebration.

Dalam pelaksanaanya biasanya membutuhkan banner untuk foto dokumentasi, plang lokasi, sertifikat cetak sebagai tanda kontribusi perusahaan, hingga publikasi acara di berbagai medium. Kemudian ketika penanaman berlangsung juga akan membutuhkan sarung tangan, jas hujan, hingga konsumsi.

Mungkin terdengar banyak dan ribet ya? Namun, tenang! Semua kebutuhan items tersebut sudah disediakan oleh LindungiHutan. Simak dulu cerita Arkadia Works dalam “No Ribet, No Repot! Pengalaman Arkadia Kolaborasi Penanaman Bersama LindungiHutan”

Jadi, perusahaan hanya perlu datang dan mengikuti jalannya rangkaian acara. Mudah bukan, enggak perlu fa fi fu was wes wos semua terima beres!

4. Penentuan Tanggal

Penentuan tanggal penting untuk diperhatikan bersama karena berkaitan dengan kondisi cuaca. Misalnya, sebuah perusahaan ingin melakukan penanaman di Pulau Pari. Apabila pelaksanaan di bulan-bulan yang lautnya sedang pasang, maka penanamannya akan lebih baik dilakukan di waktu sore hari. Ingat, Better safe than sorry!

5. Hari H Proses Penanaman

Tiba di hari penanaman pohon dilangsungkan, LindungiHutan akan melakukan koordinasi bersama perusahaan mengenai bagaimana detail jalannya acara. Mulai dari penentuan run down, siapa-siapa saja yang akan memberikan sambutan, hingga siapa yang akan melakukan penanaman secara simbolis.

Oh iya, dokumentasi berupa foto-foto dan video juga akan dilakukan dan diunggah di berbagai medium sebagai publikasi.

Setelah penanaman, LindungiHutan akan memberikan laporan pertanggung jawaban atau LPJ kepada perusahaan dan juga monitoring pohon. Monitoring akan dilakukan setiap tiga bulan sekali setelah penanaman.

Itulah pembahasan mengenai kerja sama CSR lingkungan bersama LindungiHutan. Secara garis besar, tahapan-tahapannya akan seperti penjelasan di atas. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan akan berbeda mengingat sesuai dengan situasi dan kondisi hingga kebutuhan perusahaan terkait.

LindungiHutan bukanlah tim superpower yang bisa mewujudkan visi besar “Menghijaukan Indonesia” sendirian. Kami butuh anda untuk berkontribusi dan berkolaborasi dengan kami.

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman Bersama 500+ Brand dan Perusahaan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan