Connect with us

Mitra Hijau

Intip Cerita DCI Jalankan Program CSR Bersama LindungiHutan, Katanya Acaranya Seru!

Published

on

Testimoni program csr DCI bersama lindungihutan

PT DCI Indonesia Tbk (*DCI*) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha penyedia layanan pusat data. Kesadaran akan konsumsi energi listrik dalam jumlah besar membuat DCI mengambil langkah strategis kolaborasi bersama LindungiHutan.

Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan, DCI sukses menanam 1.000 pohon di Talaga Sunda, Subang, Jawa Barat pada 25 November 2022. Kegiatan ini selaras dengan visi DCI, yakni menciptakan ekosistem infrastruktur ramah lingkungan dan tentunya berkelanjutan.

Lantas, bagaimana pengalaman kolaborasi DCI Indonesia dengan LindungiHutan? Simak cerita berikut ini!

Pengalaman Kolaborasi CSR DCI Bersama LindungiHutan

program csr DCI di Subang
Kampanye penghijauan DCI di Subang. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kesadaran DCI untuk mewujudkan pelestarian lingkungan dan praktik bisnis yang berkelanjutan membuatnya memiliki fokus terhadap upaya carbon emission sustainable project.

Salah satu wujud implemetasinya adalah melakukan carbon set off emission. Oleh sebab itu, DCI menggandeng LindungiHutan sebagai pihak yang dianggap mampu membantu mewujudkannya.

Baca juga: Good Services for Client: Kesan Kolaborasi CSR Lingkungan Bank Danamon Bersama LindungiHutan

Bagaimana Awal DCI Indonesia Kenal LindungiHutan?

“Saya kebetulan follow kalian di Instagram itu udah dari satu tahun atau dua tahun kayaknya, dari social media khususnya Instagram, yang reach-nya lebih besar dan kita identified kampanye LindungiHutan itu cocok dengan visi dan misinya kita untuk program CSR,” Tutur Gregorius Nicholas Suhartono selaku PIC dari PT DCI Indonesia selama kolaborasinya dengan LindungiHutan.

Program Kampanye Alam LindungiHutan hadir pada dasarnya sebagai sarana untuk menumbuhkan kesadaran dan rasa peduli khalayak terhadap hutan dan lingkungan. Kampanye Alam menjadi wadah yang mudah untuk menanam pohon. Kami ingin menanam pohon menjadi aktivitas menyenangkan sekaligus berdampak baik.

Bagaimana Feedback dari Direksi?

“Kalau dari sisi komisaris kemarin sih semua feedback-nya bagus ya, enggak ada negatif feedback, bahkan untuk tempat dan makanan, logistik segala macam, mereka sangat oke sih kalau kemarin,” Jelas Gregorius.

Selama penanaman berlangsung, LindungiHutan memang senantiasa memastikan rangkaian jalannya event berlangsung dengan baik. Seperti yang ditekankan sebelumnya, kami ingin menanam menjadi satu hal yang menyenangkan. Peserta penanaman tak hanya berkesempatan ikut berkontribusi dalam aksi pelestarian lingkungan, tetapi juga mendapatkan edukasi dari Mitra Petani, serta kenyamanan akomodasi.

“Kalau dari segi event-nya sendiri juga enggak ada komplainan sih dari teman-teman kita,” Sambung Gregorious.

Ikuti Jejak PT DCI Indonesia dalam Menjalankan CSR Bersama LindungiHutan

Bersama mitra, LindungiHutan telah menanam lebih dari 780.000 pohon sebagai bentuk pelestarian lingkungan. Kami memiliki 40+ lokasi penghijauan yang tersebar di Indonesia.

Bagaimana Pengalaman saat Melakukan Penanaman?

“Acaranya cukup seru, dari segi objective kita juga lumayan tercapai dalam artian yang mau kita lakukan tercapailah untuk tahap satu, karena memang ini rencananya akan jalan terus secara jangka panjang, kita kan selalu ngelakuin proyek seperti ini setidaknya dua sampai lima tahun ke depan, jalan terus,” Terang Gregorious.

Apa yang menjadi rencana DCI ke depannya juga merupakan concern bagi LindungiHutan yaitu membantu perusahaan mewujudkan dampak baik yang berkelanjutan. Karena, kami bukan hanya menawarkan implementasi program CSR dengan proses mudah dan transparan, tetapi proyek yang dijalankan juga akan memberikan dampak kebaikan yang berkelanjutan. Keberlanjutan adalah kata kuncinya!

Memang rencana ke depannya kita ingin mengatur waktu, monitoring sih sebenarnya, dari pohon yang kemarin ditanam itu posisinya seperti apa?  Situasi lapangan terakhirnya,” Terang Gregorius lebih lanjut.

Sebagai informasi, LindungiHutan menyediakan fitur Pantau yang tersedia di halaman Kampanye Alam. Melalui fitur tersebut, dapat dipantau kondisi pohon hingga rataan emisi CO2 terserap. Pemantauan berlangsung satu tahun dengan rentang waktu tiga bulan selama empat kali.

Mengapa Akhirnya Memilih Subang sebagai Lokasi Penanaman?

Video dokumentasi penanaman PT DCI Indonesia bersama LindungiHutan di Kabupaten Subang.

Selain letaknya yang strategis, Talaga Sunda, Subang menyimpan panorama alam yang indah dan potensi keanekaragaman hayati yang dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Aksi penanaman di Talaga Sunda bisa menjadi salah satu upaya dalam rangka menjaga kelestarian alamnya dan membantu menyejahterakan kondisi perekonomian masyarakat setempat.

“Kenapa kemarin akhirnya, oke deh kita di Subang, selain tempatnya lebih pas daerahnya di Jawa Barat juga, kita melihatnya ke depannya ini bisa dipakai juga untuk ngembangin atau men-develop komunitas petani yang ada di daerah itu, karena ekspektasi kita nanti hasilnya bisa dipakai sama petani tersebut,” Ungkap Gregorious.

Hal tersebut selaras dengan tujuan LindungiHutan untuk ikut membantu memberdayakan petani melalui kolaborasi-kolaborasi yang ada.

Berapa Rating Nilai untuk Service dari Awal sampai Akhir?

penanaman pohon jeruju aceh oleh DCI
Bersama Mitra Petani, DCI melaksanakan penanaman 1.000 pohon sebagai bentuk aksi nyata pelestarian lingkungan. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

“Untuk penilaian sendiri ada dua aspek, kalau dari sisi event kemarin nilainya-9, bagus banget dan yang bisa di-improve hal-hal kecil aja, kalau dari sisi campaign secara keseluruhan- 7,5 dulu, karena beberapa masih bisa dikembangkan,” Ujar Gregorious.

Terakhir, pihak DCI Indonesia juga memberikan apresiasinya atas kerja sama CSR penanaman ini, dengan harapan akan lahir kolaborasi-kolaborasi lainnya bersama LindungiHutan.

Kita apresiasi sekali bantuan dari LindungiHutan dan kita berharap kolaborasi kita bisa berjalan terus untuk jangka panjang,” Pungkasnya.

PT DCI Indonesia Tbk, Sukses Tanam 1.000 Pohon di Subang, Jawa Barat

PT DCI Indonesia Tbk. Sukses menanam 1.000 pohon Jeruju Aceh di Talaga Sunda, Subang Jawa Barat pada tanggal 25 November 2022. Melalui Kampanye Alam bertajuk ‘DCI Leading the Way in Creating Sustainable Digital Infrastructure” DCI ingin membuktikan komitmennya sebagai perusahaan yang sadar akan pentingnya keberlanjutan dan bisnis ramah lingkungan.

DCI berharap dengan adanya aksi penanaman ini dapat membantu meminimalisir dampak lingkungan dan turut berkontribusi dalam program pengurangan emisi karbon pusat data yang dimiliki. Selain itu, PT DCI Indonesia berharap Kampanye Alam ini dapat membantu pelestarian lingkungan secara bertahap dan berkelanjutan.

Apa yang dilakukan oleh DCI Indonesia tentu sebuah langkah yang patut untuk ditiru banyak pihak. Kesadaran perusahaan untuk turut ambil peran dalam menjaga bumi kini tak bisa lagi dipandang sebelah mata. Terlebih, aksi-aksi penghijauan bukan lagi satu hal yang sulit untuk dilaksanakan.

Kini, saatnya Anda yang ambil peran nyata #BersamaMenghijaukanIndonesia!

Baca juga: No Ribet, No Repot! Pengalaman Arkadia Works Kolaborasi Penanaman Bersama LindungiHutan

Impact CSR: Bersama LindungiHutan Wujudkan CSR Berdampak dan Berkelanjutan

Sampai saat ini, LindungiHutan telah dipercaya oleh 413 Mitra Hijau untuk melakukan penanaman 500.000+ pohon di 40+ lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia.

Perusahaan Anda juga bisa menjadi seperti DCI Indonesia, ikut berperan dalam memberikan dampak baik dan juga berkelanjutan bagi lingkungan serta komunitas masyarakat. Bersama LindungiHutan, Anda dapat menjalankan program CSR yang mudah, transparan, dan berkelanjutan.

Impact CSR hadir sebagai program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang lingkungan dan sosial yang bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi ekologi, ekonomi, dan sosial masyarakat sekitar hutan dan Mitra Petani penghijauan LindungiHutan.

Satu hal yang membedakan Impact CSR dengan program CSR pada umumnya yaitu aspek keberlanjutan dan kesinambungan Dalam pelaksanaan Impact CSR, program yang dijalankan akan memberikan manfaat yang terus menerus, kendati pelaksanaan proyek tersebut telah lewat.

Adapun, keunggulan dan manfaat kerja sama Impact CSR bersama LindungiHutan antara lain:

Mudah

Menjalin kerja sama dengan LindungiHutan dapat dilakukan dengan 3 langkah saja yaitu 1) Mengisi formulir online, 2) Menentukan bentuk kegiatan, lokasi, waktu, dan anggaran bersama tim kami, 3) Implementasi dan penerapan program CSR sesuai kesepakatan yang terjalin.

Transparan

Setiap proses yang dilalui selama menjalin kolaborasi program CSR dengan LindungiHutan akan diinfokan kepada Mitra Hijau. Semua akses terkait aktivitas penanaman bisa diakses dengan mudah.

Dampak berkelanjutan

Selain menawarkan implementasi program CSR dengan proses mudah dan transparan, proyek yang dijalankan juga akan memberikan dampak kebaikan yang berkelanjutan.

Jadi bagaimana? Perusahaan Anda ingin memberikan dampak baik dan berkelanjutan? LindungiHutan siap membantu pelaksanaan CSR dengan mudah, transparan, dan pastinya berkelanjutan. Isi form di bawah ini untuk memulai kerja sama!

FAQ

DCI Indonesia milik siapa?

DCI Indonesia merupakan badan usaha milik Otto Toto Sugiri.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Sedekah Pohon LindungiHutan