Connect with us

Mitra Hijau

Prosesnya Cepet, Cukup 2 Minggu: Pengalaman Kolaborasi National Label dengan LindungiHutan

Published

on

Kolaborasi National Label dengan LindungiHutan

PT National Label Umas Daya atau National Label adalah perusahaan yang bergerak di bidang layanan atau jasa produksi aksesoris garment, footwear, dan apparel.

Dalam rangkaian perayaan ulang tahun ke-50, PT National Label Umas Daya berkolaborasi dengan LindungiHutan melalui kegiatan Corporate Social Responsibility melakukan penanaman mangrove Rhizophora sp sebagai bentuk kontribusi dalam konservasi hutan dan lingkungan.

Melalui Kampanye Alam bertajuk “National Label Bring Happiness To Nature”, pada tanggal 22 September 2022, berhasil menanam 1.000 mangrove di wilayah Muara Cisadane, Kabupaten Tangerang.

Dengan aksi nyata penanaman mangrove ini, besar harapannya dapat mencegah abrasi dan mempertahankan ekosistem serta melestarikan alam.

Bagaimana Kesan Pengalaman National Label Berkolaborasi dengan LindungiHutan? Simak dibawah Ini!

Kolaborasi National Label dan LindungiHutan
Foto penjelasan penanaman mangrove oleh Mitra Petani LindungiHutan

Kolaborasi National Label dengan LindungiHutan berawal dari keinginannya untuk melakukan kegiatan CSR yang berbeda dari sebelumnya. Setelah melakukan pencarian cukup lama, akhirnya penanaman mangrove menjadi pilihan bagi perusahaan. 

Menurut penuturan Suci, salah satu rekan tim-nya menemukan LindungiHutan melalui media sosial. Setelah melakukan cross check ulang dan mendapat feedback bagus, dimulailah kerja sama dengan LindungiHutan.

Bagaimana Cerita Pertama Kali Bisa Bertemu dengan LindungiHutan?

“Waktu itu dari sosial media. Jadi acara National Label ke-50, program CSR seperti donor darah, sumbangan-sumbangan kok biasa ya. Kita belum pernah ngapain nih? Kemudian aku cari-cari, ketemulah menanam mangrove. Coba diajukan ke teman-teman, kemudian semuanya hampir setuju. Salah satu rekan tim ku ketemu di instagram LindungiHutan. Lalu, diajukanlah ke aku, ke atasan. Dicek-cek-cek ternyata feedbacknya bagus, oke gas langsung” Ungkap Suci.

Walaupun proses komunikasi terbilang cukup singkat, hanya 2 minggu saja. Hasil kegiatan penanaman mangrove dapat terealisasikan dengan baik. Kami senantiasa menekankan pada nilai mudah kepada mitra kami, termasuk National Label. Sebab, persyaratan dan proses kerja sama bersama LindungiHutan tidak bertele-tele dan rumit.

“Itu kan cepet banget yah prosesnya. Sat-set-sat-set selesai, karena itu event terpadat di bulan September. Jadi selama ada yang dapat feedbacknya cepat, kemudian bagus, ya why not” Jelas Suci.

Bagaimana Pengalaman Menanam Bersama LindungiHutan?

“Iya pengen lagi, itu pertama kali saya menanam mangrove.” Ungkap Willy.

Senada dengan Willy, Suci mengatakan bahwa pengalaman menanam mangrove bagi sebagian besar tim National Label menjadi pengalaman yang pertama. Semua merasa excited selama proses penanaman berlangsung.  

“Kayaknya hampir semuanya pertama kali, ikut pengalaman pertama menanam bakau. Jadi rasanya, semua itu super excited. Mungkin ada beberapa teman kita yang udah pernah, tapi rata-rata cuma dateng ke mangrove liat-liat dari pinggir. Untuk terjun langsung ke dalam, kemudian menanam langsung tuh hampir semuanya pengalaman pertama.” Jelas Suci.

Bagaimana Kondisi Lokasi Penanamannya? Apakah Aman?

“Oke kok tempatnya. Tempatnya pas, tadinya malah sebenarnya kita berpikir benar-benar terjun ke dalam sungai yang bener-bener aduh gimana nih segini gak yah (menunjuk bawah dagu). Ternyata kita di pinggiran paling sepinggang.” Tutur Suci.

“Kita mungkin pertama kali, agak ke tengah mungkin agak takut ya. Areanya gak dalam banget” Lanjut Suci.

LindungiHutan hadir menjadi jembatan bagi siapapun yang ingin melakukan konservasi lingkungan dan alam. Karena pengalaman pertama kali, area penanaman yang mudah diakses menjadi permintaan tim National Label. 

Tentunya kami menerima permintaan tersebut dan mengusahakan agar penanaman berjalan dengan lancar. Serta, keselamatan mitra menjadi poin utama kami.

Skala 1-10, Seberapa Besar Kebutuhan Tim National Label Terpenuhi Oleh LindungiHutan?

“8” Jawab Suci dan Willy hampir bersamaan.

Penilaian yang diberikan Suci dan Willy, tentunya membuat kami senang. Sebab, kebutuhan tim National Label dapat terpenuhi dengan baik. 

Angka bukanlah menjadi patokan atau merasa puas atas pelayanan yang telah kami berikan kepada mitra selama ini. Namun, kami senantiasa memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada siapapun yang berkolaborasi dengan LindungiHutan.

Bagaimana Impresi Mengenai Kolaborasi Bersama LindungiHutan?

Terima kasih, pada tim LindungiHutan membantu National Label dalam acara CSR. Tim National Label juga senang bisa melakukan penanaman pohon mangrove. Ada bukti, bahwa kita aware terhadap lingkungan. Soalnya bumi makin tua, jadi kita harus melindungi bumi. Jadi, ada pengalaman dan upaya/action nyata, ikut serta dalam menjaga lingkungan.” Tutur Willy

Senada dengan Willy, Suci memberikan apresiasi kepada LindungiHutan terkait kolaborasi bersama dalam menjaga lingkungan.

Saya mau juga mengucapkan terima kasih untuk LindungiHutan yang benar-benar support terhadap program CSR kita. Dimana yang kita ketahui bahwa, mepet sekali ya waktunya. Tapi ya kalau misalnya tidak dikelola dengan baik dari awal, komunikasinya gak sat-set-sat-set atau tak-tok-tak-tok, tidak akan se-smooth itu jalannya. Aku merasa ini benar-benar lancar sekali dari penentuan tempat, area, kemudian kerja sama, semuanya handlingnya oke banget.” Ucap Suci.

Baca juga: No Ribet, No Repot! Pengalaman Arkadia Works Kolaborasi Penanaman Bersama LindungiHutan

National Label Umas Daya Sukses Menanam 1.000 Mangrove di Wilayah Muara Sungai Cisadane Kabupaten Tangerang

National Label Sukses Menanam Mangrove
National Label sukses tanam 1.000 mangrove di Muara Sungai Cisadane

Dalam rangkaian perayaan ulang tahun ke-50, National Label membuktikan dengan aksi nyata bentuk kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan.

Berkolaborasi bersama LingdungiHutan dalam kegiatan Corporate Social Responsibility, diwujudkan dengan penanaman mangrove Rhizophora sp. di wilayah Muara Sungai Cisadane, Kabupaten Tangerang. 

Melalui inisiasi Kampanye Alam yang bertajuk “National Label Bring Happiness To Nature”, National Label berhasil menanam 1.000 mangrove di Desa Tanjung Burung Kabupaten Tangerang pada tanggal 22 September 2022 dibantu oleh KTH Tanjung Burung.

Tentu, kegiatan CSR oleh National Label patut kita apresiasi bersama. Tak hanya sekedar kata-kata, melainkan diwujudkan dengan aksi nyata. Semoga langkah baik National Label, dapat diikuti lebih banyak orang dan berdampak baik bagi lingkungan.

Baca juga: Intip Cerita DCI Jalankan Program CSR Bersama LindungiHutan, Katanya Acaranya Seru!

Kolaborasi Bersama LindungiHutan Menjadi Pilihan yang Tepat dalam Menjalankan Program CSR

Setelah menyimak pengalaman National Label, Apakah anda tertarik untuk berkolaborasi dengan LindungiHutan?

LindungiHutan telah menjalin kerjasama dengan 413 Mitra Hijau dan menanam lebih dari 596.300 pohon yang tersebar di 46 lokasi penanaman. Tentunya, kami memiliki keunggulan dan manfaat dalam menjalankan program CSR penghijauan bersama LindungiHutan, antara lain:

1. Mudah

Menjalin kerjasama dengan LindungiHutan dapat dilakukan dengan 3 langkah saja, yaitu:

  • mengisi formulir online di halaman website LindungiHutan
  • menentukan bentuk kegiatan, lokasi, waktu dan anggaran bersama tim kami
  • implementasi dan penerapan program CSR sesuai kesepakatan yang terjalin

2. Transparan

Setiap proses yang dilalui selama menjalin kolaborasi program CSR dengan LindungiHutan akan diinfokan kepada mitra hijau. Terlebih lagi, setiap pengakses platform kami juga dapat mengetahui perkembangan pohon dan proyek yang dilakukan secara terbuka, mudah diakses dan up-to-date.

3. Berkelanjutan

Selain menawarkan implementasi program CSR dengan proses mudah dan transparan, proyek yang dijalankan juga akan memberikan dampak kebaikan yang berkelanjutan. Sebab, kami bermitra dengan penduduk sekitar dan masyarakat sekitar hutan untuk memastikan keberlanjutannya.

Untuk selengkapnya, bisa klik di sini!

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan