Connect with us

Hutanpedia

Simak Hasil Publikasi Ilmiah LindungiHutan di Widyantara

Published

on

publikasi ilmiah LindungiHutan

Hadir sejak tahun 2016, LindungiHutan senantiasa berinovasi dan menghasilkan inisiatif baru dalam rangka memaksimalkan apa yang menjadi misi dan tujuan kami dalam upaya konservasi hutan dan lingkungan. Salah satunya melalui penelitian dan publikasi ilmiah yang dilakukan tim RnD/Product LindungiHutan.

Publikasi ilmiah dan penelitian yang dilakukan penting dalam rangka mendukung aksi penanaman pohon, konservasi hutan, dan upaya penyelamatan lingkungan lainnya. Tentunya, melalui pemahaman ilmiah yang mendalam, komprehensif, dan implementatif.

Selain melibatkan mitra petani lokal, proses penghijauan hulu hingga hilir yang LindungiHutan lakukan juga berlandaskan pada temuan yang bersifat scientific guna mendukung keberhasilan dan efektifitasnya.

Hingga saat ini, kurang lebih 790 RIBU pohon telah ditanam oleh LindungiHutan bersama dengan 118 Mitra Petani setempat di 45+ lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia. Sepanjang prosesnya, LindungiHutan melakukan riset baik di lapangan maupun berdasarkan literatur. Hasil riset berupa artikel ilmiah maupun publikasi karya ilmiah yang dihasilkan dapat diakses secara sepenuhnya dan gratis di blog LindungiHutan kolom “Widyantara”.

Komitmen Riset dan Publikasi Ilmiah LindungiHutan

Sederhananya, publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh LindungiHutan kemudian dikumpulkan dalam satu wadah bernama Widyantara. Selain untuk mendukung proses kerja LindungiHutan di lapangan dalam aksi penanaman maupun penghijauan, harapannya ini juga bisa sarana literasi lingkungan yang mudah diakses oleh masyarakat.

““LindungiHutan ingin berkontribusi sebagai wadah literasi lingkungan gitu sih, jadi kaya ikut berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dalam bentuk literasi, sehingga masyarakat bisa lebih sadar dan paham dengan kondisi lingkungan hingga soal iklim,” Ujar Alma Cantika Arista Rnd/Product Executive

Hasil publikasi ilmiah LindungiHutan yang ada di Widyantara akan berisikan riset maupun temuan dari kegiatan penanaman, crowdfunding, CSR, impact baik dari sisi ekologi maupun sosial, maupun yang menyangkut mengenai carbon, termasuk rise-riset literatur. Riset tersebut kemudian akan dibuatkan dalam bentuk artikel ilmiah, ebook, jurnal, mini paper, infografis yang berbasis scientific research.

Salah satu hasil publikasi ilmiah LindungiHutan yang dihasilkan dan diikutkan dalam konferensi pada akhir tahun 2023 yaitu “Mangrove of North Coast Semarang: Assessment of Survival Rate and Growth Progress of Mangrove Rehabilitation Effort”.

LindungiHutan memaparkan data penelitian mengenai tingkat kelangsungan hidup (survival rate) dan tingkat pertumbuhan (growth rate) pada penanaman pohon bakau, terutama di daerah pesisir utara Semarang dan sekitarnya, dalam acara “2nd International Conference on Nature-Based Solution in Climate Change 2023” yang diselenggarakan oleh Pertamina pada 24 November 2023.

Dengan adanya artikel ilmiah maupun publikasi karya ilmiah yang dihasilkan oleh LindungiHutan di Widyantara, besar harapannya akan membantu banyak pihak. Di internal LindungiHutan, hasil riset jelas akan membantu kami dalam improve pelayanan maupun inovasi yang dapat dimaksimalkan. LindungiHutan berkomitmen, apa yang dilakukan dari upaya penanaman pohon bisa betul-betul berdampak secara luas secara tepat sasaran dan tentunya berkelanjutan.

Sementara bagi publik serta pembaca, melalui Widyantara LindungiHutan ingin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu lingkungan, teknologi, iklim, melalui ketersediaan dan aksesibilitas terhadap bahan bacaan topik tersebut.

Daftar Publikasi Karya Ilmiah LindungiHutan di Widyantara

Sebagai gambaran, berikut ini beberapa publikasi ilmiah LindungiHutan yang bisa Anda baca di blog LindungiHutan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan